KEB

KEB

BPN

BPN

About Me

About Me
Diah is here! Mom of three boys.
Menampilkan postingan dari 2014

Yang Harus Ada Saat Musim Hujan

Desember! Kata orang Jawa "Gedhe-gedhene sumber". Air lagi banyak-banyaknya. Selepas itu, Januari, hujan sehari-hari. Jadi, intinya hujan banyak dan turun hampir tiap hari.  Kita di Indone…

Jalan Alternatif Saat Macet Di Tawangmangu

4 komentar
Setelah habis jatah libur panjang di Jogja, kami sekeluarga kembali ke Madiun. Pagi-pagi sekitar pukul 7.30 WIB (27/12/2014), kami berangkat dari rum…

Anti Nyamuk Pilihan

2 komentar
Plak!!! Plok!!! Plek!!! Apaan, sih? Nyamuuuk! Tidak pakai musim-musiman, yang namanya nyamuk selalu ada di rumah. Mengintai, mengendap-endap, mengitari lalu mengambil kesempatan untuk menghisap dara…

Kado Istimewa: Buku Hati Ibu Seluas Samudra

4 komentar
Judul                         :        Hati Ibu Seluas Samudra Penulis                     :        Susan, Diah Kurnia Sari, Abdu…

Nenek yang Tak Bersedia Momong Cucu-cucunya

3 komentar
Ibu. Sudah beberapa kali saya menulis tentang beliau. Sosok penting dalam hidup saya. Bukan cuma bagi saya, tapi ibu penting bagi semua orang. Seba…

Kosmos Di Mata Saya

6 komentar
Melihat kembali perjalanan catatan saya di blog ini selama 2014 sungguh menarik. Blog ini masih muda, banyaaak sekali kekurangannya, tapi saya bersyukur dapat mengelolanya. Apa yang paling menari…

Ibu yang Jauh dari Anaknya

Beberapa minggu lalu seorang teman mengungkapkan keinginannya untuk berangkat kerja ke luar negeri lagi. Dulu sekali, mungkin sepuluh tahun yang lalu, ia pernah bekerja di luar negeri selama bertahun…

Ego Ibu

Pagi ini saya beradu argumen dengan kedua jagoan saya. Persoalannya ada pada ketidaksepakatan kami tentang waktu sikat gigi. Saya menyuruh anak-anak mandi tanpa sikat gigi karena mereka belum sarapan…

Sogi Aku Di Sini

14 komentar
Lagi demam lagu 'Sakitnya Tuh Di Sini', tiba-tiba muncul versi baru yang dinyanyikan anak kecil, 'Sogi Aku Di Sini'. Adudududuh... Yang mana, yang kayak apa, sih? Tidak usah dicar…

Bersih dari yang Tak Tampak

6 komentar
"Alhamdulillaah. Sekarang rumahku sudah lumayan bersih," kata saya kepada seorang teman. "Bersih dari apa, Bu?" tanya teman saya. "Bersih dari yang tidak tampak." Yan…

Hutan Jati

5 komentar
Berjalan-jalan di hutan jati di saat musim kemarau itu berkesan. Tanah kering, pohon jati yang nyaris tanpa daun, langit biru bersih. Langkah kaki pun bersuara.  Akan lebih indah ketika matahari bar…

Istri Lemah

5 komentar
"Aku mangkel sama yang jualan perabot di pasar." "Kenapa?" "Jualan kok nggak ramah." "Lho, ya salahmu, kenapa beli di sana?" Itulah percakapan saya dengan …

Pikiran Ngeres

6 komentar
"Masak kek gitu porno? Pikiran lo tu yg ngeres." "Jangan ngeres ya. Ini cuma guyonan, kok." Pernah ketemu kalimat-kalimat semacam itu? Apa? Sering? Anda yang ngucapkan atau Anda…

Ketika Agamanya Tidak Jelas

11 komentar
Pro-kontra mengenai pengosongan pada kolom 'agama' di KTP kembali marak terdengar. Tidak main-main, isu ini dilontarkan oleh Menteri Dalam Negeri. Penganut keyakinan di luar enam agama resmi …

Ibu, Sosok yang Istimewa

16 komentar
"Semoga Alloh mengampuni saya dan memberi saya kesempatan untuk bisa membuat ibu saya bangga." Mungkin itu kalimat paling tepat untuk menggambarkan bakti saya kepada orang tua, khususnya ke…

Saat Perempuan Bekerja di Luar Rumah

3 komentar
Pagi ini saya berjumpa dengannya. Seorang ibu yang bersemangat. Senyum mengembang di wajahnya yang tak lagi muda. Bintik-bintuk di pipinya tak mengur…

Apresiasi Buku 'Menulis Gaya Pakde'

6 komentar
Apresiasi Buku 'Menulis Gaya Pakde' ini adalah perwujudan rasa syukur saya karena dapat membaca buku yang asyik ini fresh from the oven . Ma…

Mengatasi Bayi Bangun Di Malam Hari

3 komentar
Yang namanya kaum ibu (dan bapak) hampir semua pasti pernah mengalami masa 'glojokan' pasca melahirkan ini: bayi bangun di malam hari. Ada yang rewel, ada juga yang anteng tapi melek, a…

Ngeblog Itu Tiba-tiba

7 komentar
Ngeblog itu tiba-tiba. Tiba-tiba saya bisa nulis. Tiba-tiba saya punya nama pena. Tiba-tiba saya muncul di grup-grup keren. Tiba-tiba twitter saya rame dengan 111 follower organik #lebaytapibener…

Kisah Busi

7 komentar
Ini adalah kisah mengesalkan saat saya masih SMA di tahun 1990-an. Mengesalkan tapi bikin senyum-senyum sendiri. Semoga bukan cuma saya yang senyum-senyum tapi juga para pembaca. Ceritanya waktu itu…

Kiat Sholat Saat Punya Batita atau Bayi

8 komentar
Saat punya batita atau bayi, kadangkala kewajiban sholat menjadi lebih berat. Batita, apalagi bayi, sering punya keinginan dan kegiatan mendadak yang…

Belalang

Ini belalang atau bukan, ya? Praying Mantis atau Dancing Mantis? Sumber dari versesofuniverse.blogspot.in/2011/10/mantis-romantis-atau-mantis-alien.html Yang mana bunganya? Sumber dari pink…

Bersama Para Nenek

3 komentar
Bersama para nenek bagi saya merupakan sebuah kegiatan unik tersendiri. Ada pelajaran tentang hidup yang saya dapat saat bersama mereka. Ada nasihat, ada rahasia menghadapi persoalan, resep masakan d…

Atas Undangan Alloh

8 komentar
Gambar dari jelajahdunia Bulan haji sudah tiba. Sebentar lagi puncak ibadah haji yakni wukuf di Arofah segera datang. Tamu-tamu Alloh tentunya sangat menantikan detik-detik mengharukan itu. …

Buruk Sangka Kepada Suami

8 komentar
Pagi ini saya mengantar dua anak saya ke TK dengan terburu-buru karena terlambat. Parahnya saya belum sempat mandi. Tak masalah, asal bisa sampai ke sekolah dengan selamat dan cepat. Usai meng…

Mengejar Noni

9 komentar
Mendadak kenangan tentang SMA saya muncul lagi karena hajatan giveaway-nya Mak Murtiyarini. Masa SMA memang bukan masa paling menyenangkan bagi saya (alasannya ada di sini ), tapi tetap saja ada ceri…

Rumah Warisan

4 komentar
Seorang ibu, tepatnya seorang nenek, bertemu saya dalam sebuah kesempatan singkat. Rupanya waktu berjalan cepat, sepertinya baru kemarin cucu si nenek itu lahir, sekarang sang cucu sudah berumur satu…

Teman Ke Kamar Kecil

6 komentar
Teman ke kamar kecil, perlukah? Tergantung situasi. Jika kamar kecil di dalam rumah dan aman, tentu tak butuh teman, tapi jika kamar kecilnya di luar rumah atau di tempat umum atau di tempat yang tak…

Kebakaran

6 komentar
Gara-gara bakar sampah, kebun tebu terbakar. Ini cerita betulan yang terjadi di belakang TK anak-anak saya. Pak Kebon yang membakar sampah teledor. Dalam keadaan api masih menyala, Pak Kebon pergi.

Pacar

3 komentar
"Pacare itu apa, Bu?" Pertanyaan itu akhirnya ditanyakan oleh anak sulung saya (TK, 5 tahun). Persiapan mental menghadapi pertanyaan 'aneh' akhirnya diuji juga, benar siap ap…

Gugur Bunga

3 komentar
Pekan lalu seorang kerabat saya meninggal dunia. Beliau masih terhitung nenek saya dari pihak Ibu. Eyang Kus, begitu saya memanggil beliau, telah menempuh perjalanan sekitar 1.000 bulan di dunia ini.…

Yang Adem di SMA 3 Yogyakarta

9 komentar
Apa yang terlintas saat mendengar kata SMA? Sweet 17? Guru killer? Kalau saya ingat keteduhan halaman tengah SMA 3 Yogyakarta, tempat saya jungkir balik di dalamnya. SMA 3 Yogyakarta ini terletak di…

Biarkan Anak-anak Itu Berlomba

2 komentar
Sabtu (30/8) lalu saya mendampingi kedua anak saya mengikuti lomba mewarnai yang diselenggarakan oleh Polres Kota Madiun. Murid kelompok B setengah diwajibkan ikut, sedangkan murid kelompok A tidak w…

Kelenjar Mammae

7 komentar
Entah hasil nonton iklan apa, yang jelas minggu-minggu ini dua anak laki-laki saya (4 dan 5 tahun) sering berkata "Oleee..." saat sedang bertelanjang dada setelah mandi, sambil merentangkan…

Yang Perlu Dihindari Saat BBM Langka

10 komentar
Gonjang-ganjing kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) kembali menggelora. Politik pun menjadi makin memanas berbanding lurus dengan kepanikan masya…

Geraham Bungsu Tumbuh Miring

Saat ini saya sedang menikmati dan mensyukuri 'kelebihan' diri. Bukan menyombong, tapi saya sungguh-sungguh tentang kelebihan diri saya yang wajib dinikmati dan disyukuri. Ceritanya ini kedu…

Alasan Tidak Beli Motor Matic

2 komentar
Di bulan Agustus tahun lalu saya sedang sibuk-sibuknya mencari informasi tentang sepeda motor. Ya, kami memang berniat membeli sepeda motor karena urusan antar jemput anak ke sekolah sudah menjadi ny…

Wingka Katon Kencana

6 komentar
"Awas! Aku bilangin mamaku!", teriak si bocah lelaki sengit. "Bilangin aja! Emangnya aku takut?!", balas si bocah perempuan tak kalah sengitnya. "Mamaaaa...!". Si boca…

Mencicipi Cita Rasa Pegunungan di Dataran Rendah

5 komentar
Cita rasa pegunungan apa yang bisa dinikmati hingga di dataran rendah? Ini dia! Dari empatCarica Gemilang yang datang, tinggal dua yan…

Mengantar Janda-Janda

7 komentar
Ini kisah lucu sewaktu saya masih gadis, masih ngajar di TPA dekat rumah. Ceritanya salah seorang kakak dari santri TPA ada yang gemar mendalang. Ibu saya pernah mendengarnya berlatih mendalang waktu…

Pangling Karena Ia Berjilbab

3 komentar
Menyambung tulisan saya sebelumnya tentang busana muslim , kali ini saya ingin berbagi keresahan. #apaansih. Begini ceritanya. Suatu siang saya bertemu seseorang yang membuat saya pangling karena ia…

Busana Muslim: Identitas atau Seragam?

Tahun Ajaran Baru sudah dimulai. Bagi murid baru adakalanya masih harus bersabar menunggu seragam jadi, termasuk anak kedua saya yang baru masuk TK. …

Kliman

5 komentar
"Jangan kliman, ya" begitu dulu pesan Bapak waktu saya yang masih kecil disuruh pergi beli sesuatu ke warung. Kliman? Kata apa itu? Apa artinya? Ternyata kliman itu nama orang. Begini k…

Apesnya Jadi Orang Jogja

6 komentar
Siang-siang saat makan di warung soto saya bertemu tetangga suami yang berprofesi sebagai paes (juru rias pengantin) yang dua minggu lagi akan merias pada pernikahan adik ipar saya. Obrol sana-sini …

Yuk...Disuntik Dulu

6 komentar
Gara-gara hajatan giveawaynya Mbak Nunu el Fasa dan Mbak HM Zwan, saya jadi ingat kisah-kisah lucu yang pernah saya alami dan saya dengar. Bagus juga deh kalau saya buatkan satu label lagi di blog in…

Menuai Di Kala Menua

8 komentar
Momentum pulang kampung adalah saat-saat berkesan. Apalagi setelah sekian lama tak pulang. Menelusuri jalanan dan melihat sekeliling, terasa sekali kampung halaman ini tak menua, bahkan terus meremaj…

Bekal Wajib Pulang Kampung

Lebaran, lebaran! Siapa yang pulang kampung? Sepertinya hampir semua pulang kampung, ya? Setidaknya ingin. Bekal apa sih yang dibawa pulang kampung? Uang. Ya jelas dong. Kalau yang itu sih 'waji…

Menukar Uang dan Permasalahannya

Menukar uang tentu boleh-boleh saja. Apalagi menjelang Idul Fitri seperti sekarang. Uang kusut ditukar uang mulus atau uang pecahan besar ditukar dengan uang pecahan kecil untuk keperluan 'ang pa…

Yang Indah Tersentuh Tangan Terampil

Berwisata ke Wonosobo tentu kurang afdol jika tak menelusuri dataran tinggi Dieng yang menyajikan panorama eksotis, potensi pariwisata yang menakjubk…

Cerita Horor di Waktu Maghrib

Sudah tahu kan kalau waktu maghrib tiba kita diperintahkan untuk menahan anak-anak di dalam rumah agar tak diganggu setan? Perintah ini ada dalam sebuah hadits shohih. Berikut ini terjemahan haditsny…

Permainan Berbahaya

Siang-siang jalan-jalan ke Kelompok Pembudidayaan Ikan "Mino Lestari" di dekat rumah Eyang. Ketemu mas-mas yang lagi berenang di kali pengairan. Puasa tapi main air terus. Makruh lah ya ma…

Masjid Sederhana Saja

Namanya Masjid Prasojo. Konon penamaan masjid ini karena salah tangkapnya pemuka masjid. Berdasarkan cerita warga setempat, pada waktu masjid usai dibangun dan akan diresmikan, pemuka masjid …

Jayalah Bahasa Indonesia

Pelajaran apa yang mudah tapi sulit di sekolah? Secara subjektif saya menjawab: Bahasa Indonesia! Mudah karena ya itu bahasa kita sehari-hari. Sulit karena pada kenyataannya nilai Bahasa Indonesia sa…

Tempat Cuci Tangan Unik

Cuci tangan dan berdoa sebelum makan itu wajib. Di rumah makan pun biasanya disediakan tempat untuk cuci tangan. Kalau tidak ada, hmmm...selayaknya tidak dikunjungi lagi. Ada tempat cuci tangan stan…

Mengapa Sulit Halal?

"Kenapa cangkang kapsul yang digunakan industri farmasi Indonesia bisa mengandung babi?" Itulah sebuah pertanyaan besar yang dilontarkan seorang Mew Da Vinci dalam artikelnya yang berjudul…

Bapaknya Orang Mana, Sih?

Sudah dua kali saya ditanya begitu oleh orang lain saat mereka mendengar gaya bicara anak-anak saya. Ada juga yang mengira kami pernah tinggal di luar negeri. (catatan: Madiun merupakan salah satu pe…