Cara Membuka Kunci Lemari Yang Kuncinya Hilang

Cara-buka-kunci-lemari

Halo, assalamu alaikum.

Wah, wah...baru saja tadi saya sempat berharap-harap cemas karena lemari secara tidak sengaja terkunci dan kuncinya di dalam lemari!

Lho, kok bisa?

Iya...tadi suami saya sempat menyuruh saya dan anak-anak mengumpulkan semua anak kunci yang ada di rumah untuk membuka kunci lemari yang kuncinya hilang.

Jadi ceritanya si Mas Kecil ini iseng-iseng mengunci pintu lemari yang memang tidak saya kunci.

Kunci lemari itu ada tiga pasang. Satu pasang kunci lemari belahan kanan, satu pasang lagi untuk yang kiri dan sepasang untuk laci.

Dulu pas Mas Besar masih batita pernah terkunci dua kali di kamar. Benar-benar pengalaman yang menguras emosi.

Berdasar pengalaman itu saya khawatir si Adek juga bisa terkunci dalam lemari karena masih cukup aja dia masuk ke sana.

Cara-buka-kunci-lemari-yang-kuncinya-hilang
Tuh, kan. Awas kunci lemari hilang!

Maka kunci-kunci lemari itu cuma saya simpan, tidak saya pakai.

Nah, si Mas Kecil nemu sepasang kunci. Lalu dengan pedenya dikuncinya lemari sebelah kanan.

Klek.

Lalu mau dibukanya lagi dan gagal. Kunci tidak bisa dipakai untuk membuka!

Paniklah dia.

Saya jadi ngomel-ngomel pas tahu Mas Kecil asal comot kunci. Perkiraan saya dia pakai kunci yang salah untuk mengunci lemari.

"Itu salah kunci!"

"Tapi tadi bisa buat ngunci, kok," Mas Kecil membela diri.

"Kamu paksa nggak tadi?" desak saya.

"Enggak," jawabnya.

Waduh.

"Kunci yang benernya di mana?" tanyanya panik.

"Di dalam situ," jawab saya kesal.

Kenapa juga dia iseng-iseng main kunci. Haduh...

Berhubung merasa bersalah, Mas Kecil mencoba berkali-kali membuka lemari. Tapi hasilnya nihil.
Cara-buka-kunci-lemari
Ilustrasi: Kunci lemari

Kesal, tapi harus cari solusi. Kunci yang tadi jelas tidak bisa diharapkan.

Mulailah si Ayah memerintahkan kami mengumpulkan semua kunci yang ada di rumah. Siapa tahu ada yang mirip.

Benarlah. Kami berhasil mendapatkan aneka macam kunci. Bahkan ada kunci yang ga kami ketahui itu kunci apa.

Si Ayah mencoba satu per satu. Tak berhasil.

Wah gimana ini?

Masak iya harus merusak kuncinya atau buka paksa lemari?

Akhirnya si Ayah punya ide.

"Mana kunci yang salah tadi?"

"Tang di mana?"

Wah, mau diapakan ini?

Ternyata anak kunci yang salah tadi dipanaskan sebentar di api kompor dengan dijepit.

Sesaat kemudian anak kunci tadi dimasukkan ke lubang kunci, diputar, lalu...

KLEKKK!!!

Alhamdulillaah...

Lemarinya sudah terbukaaa...

"Kok bisa, Yah?" kami bertanya.

"Panas dari anak kunci tadi memaksa per di lubang kunci terdorong," demikian penjelasan singkatnya.

Oh jadi begitu cara membuka kunci lemari yang kuncinya hilang atau tak ada. Sebuah pengalaman yang sangat berharga, deh! Besok-besok jangan main kunci sembarangan.

Comments

  1. Oh...baru ngerti aku cara ini mba. Di panasin sampe seberapa panas mba...? Klo dipake untuk kasus kunci motor/pintu mobil bisa ndak yo mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayaknya kok ga bisa ya lis. Kunci lemari kan umumnya tipis gitu, kalau kunci motor/mobil tebal.

      Tapi belum pernah kucoba juga.

      Delete

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung. Silakan berkomentar dengan baik dan sopan. Mohon maaf, segala komentar spam, yang berisi link hidup atau yang menyebabkan broken link serta komentar yang mencantumkan identitas tidak jelas akan dihapus.

Popular Posts