Skip to main content

Posts

Gado-Gado Dan Tahu Campur Pak Tomo Madiun

Salah satu makanan legendaris di madiun selain pecel ada di warung satu ini: Gado-Gado dan Tahu Campur Pak Tomo Madiun.


Saya ke sana pas sebelum Ramadan tahun ini. Mampir makan bersama suami. Ceritanya jalan-jalan saja trus mampir ke sana. Warungnya, (eh apa rumah makan, ya, tepatnya?) berada di Jalan Biliton Madiun, persis di depan pintu keluar Rumah Sakit Santa Clara Panti Bagija Madiun. Atau bisa juga dari arah Stasiun Madiun ke Timur terus ke Selatan. Kalau yang tahu SMAN 2 Madiun, nah, warung Gado-Gado dan Tahu Campur Pak Tomo ini ada di arah Utaranya. Sebaris dengan SMAN 2 Madiun.

Sebagaimana namanya, rumah makan ini menyediakan menu makanan gado-gado dan tahu campur. Di kesempatan kemarin, saya pesan tahu campur. Penasaran juga kayak apa, soalnya saya belum pernah nyicipi tahu campur.

Setelah memesan, tidak lama kemudian datanglah si tahu campur ini. Taraaa!!! Untung sempat saya foto sebelum saya sikat habis, hehe... Ini dia penampakannya.



Ternyata tahu campur ini terdiri dari …

Lebaran Tanpa Kampung Halaman Lagi

Lebaran sudah dekat! Dalam hitungan hari saja insya Alloh hari raya umat Islam ini akan segera menyapa. Semoga saja lebaran tahun ini kompak di Indonesia, ya. Biar nggak nambahin perasaan melow galaw (apaan sih??) karena tahun ini saya bakal merasakan lebaran tanpa kampung halaman lagi. Hiks... Ramadan tahun ini cukup spesial buat saya, soalnya mulai tahun ini juga dua anak saya yang sudah duduk di bangku SD mulai puasa sehari penuh. Alhamdulillaah, meski pakai drama segala macam, tapi mereka berhasil puasa sampai maghrib. Sholat tarawih mereka pun sudah jauh lebih baik dari tahun lalu. Pokoknya Ramadan tahun ini lebih memuaskan dari sebelumnya dari segi prestasi anak-anak saya. Prestasi emak-bapaknya nggak dinilai? Ih, nggak adil dong! Hehe...dibatin aja, ya, nggak perlu diekspos *halah*.Baca juga: My Sons and Their First Day of RamadanKembali ke soal lebaran tanpa kampung halaman lagi. Kenapa kok tanpa kampung halaman? Jawabnya karena saya nggak pulang kampung di lebaran tahun ini. …

Tips Pilih Celana Rok Muslimah Ala Saya

Blunder berfashion pernah saya alami saat pertama kali harus sering berganti busana tiap hari, yaitu saat pertama kali menjadi mahasiswi. Kebayang nggak, setelah sekian belas tahun menjalani kehidupan sebagai pelajar yang tiap hari cukup berpakaian seragam, mulai kuliah harus berpikir ekstra keras soal pakaian yang mau dikenakan hari itu. Tidak jarang saya berlama-lama di depan lemari pakaian sambil berhitung baju mana yang sudah pernah dipakai minggu ini dan baju mana yang belum. Jangan sampai deh pakai baju yang sama dalam satu pekan, hehe...

Akhirnya untuk mengatasinya saya banyak melabuhkan pilihan pada setelan netral yang praktis, celana rok muslimah. Harap maklum, ya, saya waktu mudaan dulu bukan tipe yang suka pakai rok, kecuali seragam sekolah. Ya, iya lah, seragam sekolah mah memang wajib pakai rok.


Alasan utama saya melabuhkan pilihan berbusana pada celana rok muslimah alias kulot, selain karena saya tidak begitu suka pakai rok adalah karena saya tidak begitu suka pakai ce…

Menyiapkan Generasi Akhir Zaman

Menjelang akhir tahun 2012 dunia sempat digoyang isu heboh: kiamat. Dikabarkan, menurut perhitungan kalender suku Maya, dunia akan berakhir pada 2012. Tak terbukti, memang, namun sempat juga fenomena ini direkam oleh Hollywood dengan ditelurkannya film berjudul "2012" yang mengisahkan 'kelahiran kembali dunia'.

Stasiun TV National Georaphic kemudian sempat juga merilis serialnya bertajuk 'Doomsday Preppers'. Meski doomsday yang dimaksud dalam acara ini tak semata kiamat kubra (kiamat besar), melainkan kiamat ekonomi, kiamat sumber daya alam, kiamat akibat bencana besar, kiamat akibat peperangan, namun pada intinya acara tersebut mengisahkan keluarga-keluarga yang menyiapkan generasi akhir zaman. Lebih detilnya bisa dibaca di situs NatGeo.


Menyiapkan Generasi Akhir Zaman yang Sesungguhnya Akhir zaman menurut agama yang saya anut, berisi kejadian-kejadian luar biasa yang tidak hanya memprihatinkan tapi juga mencengangkan bagai kisah dongeng. Pada akhir zaman in…

Operasi Amandel Pada Anak

Ini adalah cerita tentang sakit telinga anak saya yang sampai menyebabkannya disarankan untuk menjalani operasi amandel. Operasi amandel pada anak, aman atau tidak, ya? Ini kisahnya.

Anak sulung saya pernah suatu ketika mengeluh sakit pada telinganya. Waktu itu dia masih TK. Ternyata dia baru saja mengorek telinganya sendiri dengan cotton bud. Rupanya dia ikut-ikutan saya bersih-bersih telinga dengan cotton bud. Padahal benda itu sudah saya simpan baik-baik di tempat yang tersembunyi, kok ya dia tahuuu aja posisinya. Saya sudah panik saja waktu itu, jangan-jangan ada bagian cotton bud yang tertinggal di bagian lubang telinga.

Berhubung sakit, maka saya bawa dia ke Puskesmas. Di sana telinganya dilihat oleh dokter. Dokter Puskesmas mengatakan bahwa ada semacam sumbatan berwarna putih di dalam, tapi karena terlalu dalam dan peralatan di Puskemas tidak memadai, maka dokter menyarankan kami berobat ke RSUD atau praktik dokter swasta. Duh, kalau ke praktik dokter swasta bukanya baru sore …

Keputihan Saat Hamil Tua

Keputihan saat hamil tua, ternyata harus saya alami pada kehamilan kali ini. Sebelumnya saya belum pernah keputihan kecuali saat akan hamil dan saat hamil. Pertama kali keputihan adalah menjelang hamil pertama, yang kedua saat hamil kedua. Kasus keputihan pertama yang saya alami adalah keluarnya cairan yang tidak normal dari organ kewanitaan tapi masih berwarna kekuningan dan berbau seperti telur busuk. Kaget juga pas tahu saya kena penyakit ini. Alhamdulillaah waku itu langsung sembuh begitu saya sering mengganti dalaman. Penyebabnya sepertinya adalah air toilet yang kurang bersih.

Kasus kedua beda lagi. Yang ini saya alami saat sedang hamil. Keluar cairan berwarna kehijauan namun tidak berbau. Untuk kasus ini saya lupa persisnya sembuhnya dengan cara apa. Yang jelas itu cuma terjadi sekali dan tidak berulang lagi. Setelahnya juga tidak ada keluhan apa-apa selama kehamilan, jadi saya tenang-tenang saja.
Mencari Obat Keputihan Saat Hamil Tua
Pada kehamilan keempat ini, saya mengalami…

Dilamar

Beberapa waktu yang lalu seorang tetangga menyelenggarakan hajatan. Putrinya dilamar. Sebagian warga se-RT diundang untuk turut menyaksikan dan mensyukuri peristiwa penting itu. Dilamar, bisa jadi merupakan peristiwa sekali dalam seumur hidup.

Dalam suasana seperti itu mendadak kenangan bertahun-tahun lalu muncul. Rasanya tidak berlebihan jika dalam acara lamaran seperti itu setiap orang yang pernah dilamar dan melamar terbawa ke masa lalu masing-masing.

"Dulu aku juga pernah."

Cie, cie...

Ibu-ibu yang bertugas di bagian dapur jadi riuh-rendah, ketawa-ketiwi membicarakan momentum lamaran masing-masing. Dan lebih dari itu, pembicaraan pun melebar hingga ke kejadian-kejadian romantis dengan pasangan. Lucu juga mendengar kisah perjuangan pasangan di zaman praponsel. Adanya surat-suratan dan antri di wartel sebelum jam 6 pagi demi bisa mendengar suara si dia yang nun jauh di luar kota.

Saya dulu menyaksikan perjuangan antri di wartel ini saat menemani kakak saya yang LDR dengan…