KEB

KEB

BPN

BPN

About Me

About Me
Diah is here! Mom of three boys.

Tempat-Tempat Untuk Ngadem Di Madiun Saat Cuaca Panas

Tempat-untuk-ngadem-di-madiun

Sungguh, cuaca akhir-akhir ini puanas pol. Gerah, berkeringat, berkali-kali mandi dan disatroni nyamuk...hampir semua mengeluhkan ini. Siangnya gelisah, malamnya juga resah. Astaghfirullah...

Kemarin pun kami sekeluarga jalan-jalan cari tempat-tempat untuk ngadem di Madiun saat cuaca panas. Ya inilah bagian dari ikhtiar kami agar tubuh tetap nyaman, karena kalau badan gerah, hati pun ikutan rusuh. Pilihan pun jatuh pada Wana Wisata Grape, tempat wisata alam di pegunungan yang juga dekat hutan jati.

Tempat-Tempat Untuk Ngadem Di Madiun Saat Cuaca Panas


Wisata Alam
Tempat wisata di pegunungan adalah pilihan pertama. Di gunung itu dingin, sejuk dan menentramkan karena kesunyiannya. Apalagi kalau ada sungainya...duh...subhanalloh.

Di Madiun ada Wana Wisata Grape, tempat piknik yang murah meriah di kaki Pegunungan Wilis. Sejuk karena banyak pohonnya. Ke sinilah kami menuju biar adem.

Tempat-untuk-ngadem-di-madiun

Selain di pegunungan bisa juga ngadem di Wisata Tubing di Brumbun Madiun. Main air di kali! Horeee...
Tempat-untuk-ngadem-di-madiun



Masjid
Pas dalam perjalanan ke Wana Wisata Grape, kami mampir dulu untuk sholat duhur di Masjid Darul Ilmi di Desa Karangrejo, Dungus. Letaknya dekat dengan Pasar Dungus, sebelah Baratnya.
Pas kami sampai di masjid suasana masih sepi. Jamaah yang sholat duhur sudah selesai, tinggal musafir yang mampir yang belum sholat. Ternyata masjid ini adem! Angin sepoi-sepoi, lantai yang dingin dan langit-langit masjid yang tinggi bikin makin adem.  Adek Dig juga bisa mbrangkang dengan tenang di sini.

Tempat-untuk-ngadem-di-madiun

Memang biasanya masjid juga dijadikan tempat ngadem sih. Kayak saya dulu pas ngajar les di Jakarta juga mampir dulu di masjid terdekat buat ngadem. Apalagi di bulan puasa, hehe... tapi jangan ke masjid buat ngadem doang ya.

Taman Kota
Selain di pegunungan atau masjid, di saat cuaca panas kita bisa juga 'mengungsi' ke taman kota. Beruntunglah, di era instagram ini makin banyak taman kota yang dikelola dengan baik dan murah-meriah.

Tempat-untuk-ngadem-di-madiun

Kalau di Madiun ada Taman Bantaran yang dekat Bengawan Madiun. Lokasinya arah Baratnya Alun-Alun Madiun.

Pas hari libur sebelumnya kami mampir ke Taman Bantaran Madiun ini. Ga ada tiket masuk, cuma biaya parkir kendaraan aja. Di sana ada permainan anak-anak seperti jungkat-jungkit, ayunan dan seluncuran. Gratis semua.

Di bagian dalam ada lokasi untuk main sepeda dan skateboard. Buat yang suka pecicilan cocik banget deh ke sini.


Taman Bantaran ini adem dengan pohon-pohon besarnya dan suara deru air sungai yang besar. Mau jalan-jalan bisa, mau jajan juga bisa. Ada banyak warung berderet di sini dengan harga wajar.

Kolam Renang
Nah, ini jelas jadi jujugan saat cuaca panas. Seger banget kan ya nyemplung ke air pas panas terik? Di Madiun ada Suncity Madiun Water & Theme Park  yang berada di kompleks pertokoan Suncity Mall, dekat Carrefour Madiun.

Tempat-untuk-ngadem-di-madiun

Dulu ke sini pas anak-anak masih kecil. Kalau sekarang kami lebih suka ke kolam renang terdekat saja. Yang penting segerrr...

Selain Suncity Madiun, ada juga kolam renang yang cukup terkenal di Madiun Selatan, yakni di Taman Wisata Umbul Square, Kecamatan Dolopo, Kabupaten Madiun. Di Umbul Square juga ada kebun binatang dan berbagai wahana permainan.

Tempat-untuk-ngadem-di-madiun

Pusat Perbelanjaan
Ke sini juga bisa. Ngadem di pusat perbelanjaan yang ber-AC. Bisa sambil belanja kebutuhan sehari-hari, atau sekedar cuci mata. Madiun punya Plasa Madiun, Sri Ratu, Suncity Mall dan Carrefour. Bisa juga ngadem di Gramedia yang ada di Plasa Madiun di Jalan Pahlawan.

Itu tadi tempat-tempat untuk ngadem di Madiun saat cuaca panas. Selain tempat-tempat tadi, tentu saja tempat paliiing nyaman untuk ngadem adalah di rumah. Syaratnya mandi dulu, gelar kasur di depan TV, ajak keluarga ngumpul dalam suasana santai, hehehe... Kalau teman-teman ngadem ke mana aja nih? Boleh dong cerita di sini. Yuk, yuk!

Related Posts

9 komentar

  1. Jadi pengen nyoba maen maen ke madiun

    BalasHapus
  2. Ngadem ke ATM juga enak, apalagi kalo ada isinya berjuta juta, hahaha... Ternyata Madiun emang panas ya?? Mirip di Jakarta dong ya... Salam kenal dari blogmashendra, satu group di Julayjo group for blogger job

    BalasHapus
  3. Sama...djogja juga blkngan gerah bngt mba klo siang.

    Diantara semua..paling seru yang main di sungai sepertinya

    BalasHapus
  4. aku blm pernah ke Madiun, tapi tempat pusat pendidikan kantor aku di Madiun :)

    BalasHapus
  5. aduh jadi pengen nyebur juga, asik banget main di air dan berendam. ban pelampung melewati arus yang deras

    BalasHapus
  6. Paling gampang kalau pas kepanasan di jalan sih, biasanya pura pura mampir ke ATM mbak. Sumpah itu tempat paling nyaman. AC nya kan lumayan dingin. Hahaha...Tapi kalau lagi niat ya, mending nyari tempat piknik yang ada di daerah dataran tinggi, kalau daerah Solo sih paling gampang langsung cus ke Tawangmangu atau Sarangan - Magetan

    BalasHapus
  7. Udah lama rasanya gak main-main air kayak gini... pasti asik main air disitu ya.

    BalasHapus
  8. Main-main di air ... asik banget tuh 😁
    Rasanya seger basah2an disana

    BalasHapus
  9. Aku si kalau berpergian pasti kalau mau istirahat/ngadem perginya ke masjid

    BalasHapus

Posting Komentar