Skip to main content

Cara Pakai Anti Nyamuk Tanpa Rasa Gerah Di Saat Udara Panas

Cara-pakai-anti-nyamuk-tanpa-rasa-gerah

Udara terasa panas beberapa hari belakangan ini. Pas malam hari, masya Alloh, sampai susah tidur saking gerahnya. Bayi Dig juga jadi agak rewel. Kalau gerah begini biasanya nyamuk jadi rajin nyamperin. Mau pakai anti nyamuk tapi kok gerah, ya? Gimana cara pakai anti nyamuk tanpa rasa gerah di saat udara panas kayak gini? Gatal nih digigiti nyamuk terus.

Sebenarnya kenapa di saat udara panas nyamuk jadi bergerilya di rumah-rumah kita? Saya pernah dengar kalau nyamuk itu tertarik pada beberapa hal. Yang pertama: warna hitam. Nyamuk senang sekali sama warna tergelap ini. Bisa kita lihat tuh kalau lagi ada pakaian warna hitam digantung. Biasanya banyak nyamuk yang bersembunyi di situ. Jadi, pas gerah-gerahnya sebaiknya jangan pakai baju hitam, ya, atau warna gelap gitu. Sprei juga jangan yang warna gelap. Bisa-bisa kita dikerubutin nyamuk kalau pakai sprei gelap.


Yang kedua, nyamuk tertarik sama bau badan yang berkeringat. Nah, ketika udara panas, tubuh kita mengeluarkan keringat yang banyak dan beraroma kan? Wajar banget kalau nyamuk jadi penggemar kita.

Macam-Macam Anti Nyamuk

Anti nyamuk atau mosquito repellent itu yang saya kenal ada tiga jenis, yaitu minyak anti nyamuk seperti minyak telon plus, losion anti nyamuk dan spray anti nyamuk. Spray yang dimaksud di sini yang untuk kulit, ya, bukan yang untuk ruangan. Kalau saya sekeluarga sering banget pakai minyak anti nyamuk. Bisa minyak telon plus, bisa juga minyak tawon.

Kadang juga pakai losion anti nyamuk, tapi sejak ada adek bayi, kami lebih sering pakai minyak anti nyamuk. Untuk yang spray, pernah sih dulu pakai tapi kurang cocok. Malah jadi ga praktis karena semprotannya sering bocor. Sekarang masih beredar ga ya yang model spray ini? Kurang tahu juga sih. Cuma kalau di minimarket sudah jarang lihat.

Pakai Anti Nyamuk Tanpa Rasa Gerah Gimana Caranya?

Ada sih cara usir nyamuk selain dengan anti nyamuk olesan. Misalnya dengan obat nyamuk, baik bakar, cair maupun elektrik. Tapi saya kurang sreg, soalnya menyangkut kesehatan pernapasan kami sekeluarga.

Atau bisa juga usir nyamuk dengan cara alami seperti dengan meletakkan irisan batang serai di ruangan, atau kalau yang versi Barat pakai bunga lavender. Tapiii...saya bukan tipe yang telaten mengurusi itu. Hehe...

Pertama, oleskan saja anti nyamuk tipis-tipis. Secukupnya dan merata. Sensasi wanginya sudah cukup membuat nyamuk enggan mendekat kok. Kalau dioleskan banyak-banyak malah jadi gerah.

Memang daya tahan anti nyamuk oles ini tidak lama banget. Tiap beberapa jam sekali harus dioleskan lagi. Nah, kalau pas ga bisa tidur karena diuber nyamuk, rasanya ga berat deh untuk bangun lagi buat oles-oles.


Kedua, hindari pemakaian anti nyamuk di lipatan kulit seperti bagian dalam siku dan belakang lutut. Oleskan saja minyak atau losion anti nyamuk di tungkai atau tangan.
Olesan anti nyamuknya pun juga di bagian tubuh yang terbuka saja, ya, yang tertutup pakaian ga usah diolesi.

Ketiga, di saat tidur bisa juga anti nyamuk dioleskan tipis-tipis di kasur atau pakaian kita. Sekali lagi, aroma wanginyalah yang bikin nyamuk lari, jadi anti nyamuknya tak harus selalu bersentuhan dengan kulit.

Cara ini cocok banget untuk bayi Dig. Oles-oles pakaian dan kasurnya dengan minyak tawon, nyamuk menyingkir deh.


Nah, itulah beberapa cara pakai anti nyamuk tanpa rasa gerah yang pernah saya praktikkan. Biar ga makin gerah, tidurlah dengan pakaian yang tipis dan nyaman. Bisa juga dengan menyalakan AC atau kipas angin.

Teman-teman punya pengalaman serupa juga dengan saya? Atau ada trik lain? Boleh lho bagi ceritanya di kolom komentar, siapa tahu bermanfaat untuk banyak orang. Yuk, yuk!

Comments

  1. Pakai AC ataupun kipas angin kalau kamar berantakan, nyamuk yang bandel masih mau main kok. Nah, yang dioles dikasur itu kayaknya mesti dicoba. Selain memang tubuh bagian terbuka ya yang dioles.

    ReplyDelete
  2. Wah gak kepikiran dioles di baju, hihi. Boleh dicoba nih :D.

    ReplyDelete
  3. Walaupun rumah bersih belum tentu juga loh nggak ada nyamuknya.
    Kadang musim hujan juga banyak nyamuk yang nyamperin.
    Dan saya setuju nih dengan mbak, saya biasanya pakai Minyak Telon Plus agar keluarga aman dari bahaya nyamuk.

    ReplyDelete
  4. He eh mba..waktu anak2 kecil aku pakein telon yang sekaligus ngusir nyamuk itu...

    Di sini juga lagi berasa gerah banget setiap waktu. Musim nyamuk juga...

    Klo suamiku telaten mba...nyamuknya dicari, di matiin gitu..nek aku nggak.

    ReplyDelete

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung. Sila berkomentar dengan baik dan sopan. Mohon maaf, segala komentar spam, yang berisi link hidup atau yang menyebabkan broken link serta komentar yang mencantumkan identitas tidak jelas akan dihapus.

Popular posts from this blog

Kegiatan Ibu Rumah Tangga Saat Anak Sudah Beranjak Dewasa

Disclosure: Tulisan ini merupakan artikel bersponsor


“Kamu enak, Dek, masih punya anak kecil. Anakku udah remaja, apa-apa maunya dia lakukan sendiri,” curhat seorang saudara saya.

“Mau apa nanti aku, ya, jadi ibu rumah tangga saat anak sudah beranjak dewasa?”

Saya cuma bisa nyengir saja. Sama deh, saya juga ibu rumah tangga. Beberapa tahun lagi mungkin saya bakalan mengalami hal ini juga. Banyak tuh ibu-ibu yang bercerita, dulunya si anak mau diajak ke mana-mana. Sekarang? Boro-boro diajak, anaknya aja jarang ada di rumah.

Dulu, pas repot-repotnya mengurus anak balita, kita inginnya anak kita cepat besar, biar lebih enteng. Eh, setelah anak benar-benar besar dan mandiri, kita juga kebingungan mau ngapain di rumah seharian. Istighfar.

“Ngurus Posyandu aja, Mbak,” jawab saya iseng.

Saudara saya itu tinggal di perumahan model cluster di wilayah Solo Baru, Jawa Tengah. Kota satelitnya Solo ini termasuk yang cepat berkembang. Maklumlah, Solo memang salah satu kota besar di Jawa Tengah. Pen…

Mengurus Lapor Jual Kendaraan

Siang ini saya mengurus lapor jual kendaraan ke Samsat Polres Kabupaten Madiun. Untuk apa mengurus lapor jual kendaraan? Lapor jual dilakukan saat seseorang menjual kendaraan bermotornya. Mengapa harus dilaporkan? Hal ini berkenaan dengan pajak kendaraan bermotor. Kendaraan yang telah dijual namun belum dilaporkan akan tetap dikenai pajak atas nama pemilik lama. Jika pemilik lama memiliki kendaraan lebih dari satu, sesuai Peraturan Pemerintah dikenai pajak progresif.
Kendaraan yang dikenai pajak progresif adalah mobil dan sepeda motor dengan kapasitas mesin di atas 250 cc. Jika seseorang memiliki kendaraan dua buah, makai dikenai pajak progresif 2% dari Nilai Jual Kendaraan Bermotor. Jika tiga buah, pajak progresifnya 2,5%; dan seterusnya.

Cara Menonaktifkan Fitur Talkback Pada HP Samsung Galaxy Core Duo

Ini adalah cerita cara menonaktifkan fitur Talkback pada HP Samsung Galaxy Core Duo. Minggu lalu, tiba-tiba anak saya yang kecil lapor ke saya, "Bu, talkback itu gunanya untuk mengunci HP." Naluri saya bekerja, apa maksudnya mengunci? Ternyata betul, si Mas sedang berjuang mengembalikan settingan HP ayahnya yang dia utak-atik. Sejurus kemudian, dengan muka memelas, si Mas meminta bantuan saya.Kejadian ini bukan pertama kalinya. Sudah kesekian kali si Mas bikin kecelakaan pada HP. Kecelakaannya pun bermacam-macam. Anehnya, HP ayahnya pula yang kena, padahal HP itu lebih penting daripada HP saya. Iya sih, HP saya kalah canggih jadi baru dilirik kala HP si Ayah tak ada.