Tips Agar Anak Mau Gosok Gigi Sebelum Tidur Malam

 

Menggosok-gigi

Hai, assalamu alaikum. 

Kegiatan apa yang paling susah diterapkan saat anak-anak mau tidur malam? Badan udah capek, mata tinggal 5 watt, udah kepingin menggulung diri di kasur tapi masih harus sikat gigi. Iya betul. Meminta anak untuk sikat gigi pas malam hari itu susah. 

Padahal menggosok gigi sebelum tidur malam itu penting. Di saat tidur, kelenjar ludah tidak aktif sehingga rongga mulut menjadi tempat pesta-poranya bakteri. Kalau tidak gosok gigi, makin ramai pestanya nanti. 

Gimana dong agar anak mau menggosok gigi sebelum tidur malam?

Mengenalkan Kegiatan Sikat Gigi Agar Anak Mau Gosok Gigi

Anak mulai diajari menggosok gigi umumnya saat mulai tumbuh giginya. Sekitar umur 6 bulan. Namun di usia segitu belum diajari cara menyikat gigi sebagaimana orang dewasa.

Bayi yang baru tumbuh giginya bisa mulai dikenalkan dengan cara membersihkan gigi secara sederhana. Kalau pengalaman saya dulu, saat mandi pagi dan sore saya usap gigi kecil itu perlahan.

Mengusapnya bisa dengan ujung handuk kecil atau kapas yang dipadatkan dan dibasahi. 

Kadang bayi ada yang menerima perlakuan itu, ada juga yang menolak. Ya namanya juga bocah. Mereka punya watak sendiri-sendiri.

Setelah gigi serinya mulai banyak, kira-kira umur 1-1,5 tahun, saya mulai belikan sikat gigi mungil. Tapi bukan yang model jari. Sikat gigi anak. Tanpa pasta gigi dulu. Setelah umur 3 tahun baru dengan pasta gigi anak.

Cara Agar Anak Mau Menggosok Gigi

Orang tua rajin gosok gigi malam.

Sebetulnya, seperti kegiatan lainnya, anak selali menirukan orang tuanya. Bagi anak, orang tua adalah idola, tokoh panutan yang layak ditirukan gerak-geriknya.

Jika orang tua ingin anak rajin sikat gigi sebelum tidur, ya orang tua harus melakukannya juga. Percuma kita meminta anak gosok gigi kalau kita sendiri tidak.

Ceritakan tentang keadaan gigi yang disikat sebelum tidur malam dan kebalikannya.

Anak-anak senang mendengar cerita. Cobalah untuk menggambarkan suasana gigi yang gembira bila sudah disikat. Untuk lebih mudah dipahami anak, orang tua bisa memberikan contoh badan kotor penuh lumpur dan badan yang bersih.

Ceritakan juga bila gigi kotor semalaman. Jorok dan penuh kuman! Ajak anak untuk merinding saat mendengar itu agar muncul rasa enggan bila gigi kotor akibat tidak disikat.

Sisipkan cerita tentang gigi ini saat sedang berdialog dengan anak. Kapan saja, tidak perlu menunggu waktu tidur malam.

Baca juga: Ke Dokter Gigi di Puskesmas Saat Pandemi

Berikan gambar visual cara menggosok gigi.

Kelanjutan dari tips kedua tadi, orang tua bisa menyetelkan animasi gosok gigi atau game gosok gigi.

Setelkan tokoh kesukaannya sedang menyikat gigi. Misalnya tokoh Nussa dan Rarra, Upin dan Ipin, Babybus atau yang lain. Anak saya yang paling kecil, umur 3 tahun, jadi semangat gosok gigi karena lihar Rarra menyikat giginya.

Minta anak memilih sendiri sikat dan pasta giginya. 

Sikat dan pasta gigi anak memang didesaim dengan warna dan asesoris menarik. Biarkan anak memilih sendiri yang dia suka. 

Mungkin anak tertarik sama warnanya atau hadiah mainannya? Tidak masalah. Asal sikat dan pasta giginya betul-betul digunakan bukan sekadar dikoleksi.

Menggosok-gigi


Menyikat gigi bersama orang tua dengan suasana riang.

Setelah tadi orang tua memberi teladan gosok gigi sebelum tidur malam, sekarang ajaklah anak menyikat gigi bersama. Anak tentu akan bersemangat melakukannya.

Di saat penting seperti ini orang tua bisa mengajarkan cara menyikat gigi yang benar.

Lakukan dengan gembira agar anak merasa ini sebuah kegiatan yang menyenangkan. Akhiri acara sikat gigi bareng dengan pujian kepada anak.

Bila Anak Mogok Gosok Gigi

Ada kalanya anak tiba-tiba menolak gosok gigi. Cobalah cari tahu penyebabnya. Mungkin gusinya bengkak, giginya mau tumbuh, atau malah giginya ada yang mau tanggal. Atau tempat dia menyikat gigi kotor? Atau mungkin gelap? 

Setelah diketahui penyebabnya, segera lakukan langkah penyelesaian masalah agar acara gosok gigi tetap lancar.

Nah, itulah tips agar anak mau menggosok gigi sebelum tidur malam. Semoga bermanfaat.

23 Komentar

  1. bener banget kalau diajakin dari masih kecil dan selalu barengan sama ortu atau saudaranya pasti anak2 mau. kadang karakter2 kesukaan juga ngefek banget kok.
    menyikat gigi sama anak memang harus riang gembira, kalau kepaksa dikit aja bisa runyam moodnya anak2 kan

    BalasHapus
  2. Kedua anak saya Alhamdulillah mau gosok gigi sejak dini dulu, tapi sayang si kakak yang udah dijaga setengah mati giginya, ujung-ujungnya juga copot gegara dia nabrak mobil dan gusinya luka, hiks.

    Si adik ini kondisi rongga mulutnya mepet pipi banget, jadinya makanan selalu nyempil di situ dan bikin gigi gerahamnya ada satu yang mulai digerogoti

    Memang membiasakan gosok gigi itu penting banget :)

    BalasHapus
  3. kalau anakku sih lebih ngefek yang contoh ya, awalnya susah banget nyuruh anakku gosok gigi sebelum tidur tapi kalau aku ajak bareng dia selalu mau :)

    BalasHapus
  4. Dulu anakku disuruh gosok gigi malam agak susah, pas dibawa ke dokter gigi, diceritain tentang gigi dan ditunjukkin gigi2 bolong dan penyakit gigi lainnya. Langsung rajin gosok gigi. 😁

    BalasHapus
  5. memang sikat gigi harus dibiasakan pada anak sedari kecil yah, harus diajarkan sebagai kegiatan yang menyenangkan. Makasih banyak untuk tipsnya yah mbak

    BalasHapus
  6. Perjuangan banget mba kalau aku nyuruh keponakan gosok gigi, ada aja alasannya. Harus didongengi dulu soal nanti giginya berlubang, kalau berlubang ntar sakit gigi, kalau udah sakit, jadi gak bisa makan es krim lagi. Baru deh mau. Thanks for sharing the tips ya mba.

    BalasHapus
  7. Tips memilih pasta gigi dan sikatnya paling sering dilakukan waktu anak-anak saya masih kecil. Memang cukup berhasil juga. Mereka jadi lebih bersemangat untuk sikat gigi

    BalasHapus
  8. YAng terpenting kita menjadi role modenya buat anak yaa, apa yang kita lakukan seperti mengggosok gigi, anak pun akan mengikutinya.

    BalasHapus
  9. Prinsip nomer 1 sesuai bgt: Orangtua adalah role model. Percuma anu ini ya kalo ga nyontohin langsung ke anak. Termasuk gosok gigi :)

    BalasHapus
  10. Aku follow akun IG @DwiHandaAnda dan dia punya balita umur 2 thn namanya FREYA. Lucuukkk banget bocahnya, dan (ajaibnya) nih balita demen gosok gigi dong! Langka :D
    Ternyata, mamanya menerapkan tips di atas, plus kasih jingle gosok gigi yg ear-friendly banget :D

    BalasHapus
  11. Kalo saya sih memang biasain anak untuk gosok gigi sebelum tidur malam mba jadi semoga jadi habit sampai dewasa deh

    BalasHapus
  12. Alhamdulilah, anak ku semangat banget kalau diajak gosok gigi malam, beda sama aku kecil yang males mba hihihi

    BalasHapus
  13. Anak-anakku termasuk yang susah kalau dibujukin, tapi mereka mudah kalau niruin. Jadi di rumah kami jangan harap anak anak mau sikat gigi kalau ayah bunda belum sikat gigi hahaha. Bagus sih, buat alarm kami juga biar gak pernah lupa sikat gigi malam.

    BalasHapus
  14. Sepertinya urusan sikat-menyikat gigi bisa menjadi perkara menantang? Memang kadang-kadang menyikat gigi bisa tampak menakutkan. Jadi perlu ada tariknya. Terima kasih untuk tips dan triknys, Mbak.

    BalasHapus
  15. Jadi inget anak saya seneng kalau sikat gigi malam hari karena udah dikasih tau dokternya biar giginya bersih. Tinggal peer adiknya yang masih susah disuruh sikat gigi

    BalasHapus
  16. Wah iya masih PR juga sih mba aku kalau gosok gigi malam. Kebiasaan sikat gigi sore hari pas mandi atau pagi pas mandi pagi

    BalasHapus
  17. Iyayaa..
    Anak kalau malas sikat gigi, pasti ada sebabnya.
    Mungkin airnya dingin atau sudah terlalu mengantuk.

    Terimakasih tipsnya kak.
    Mengenalkan anak sikat gigi sejak dini ini penting sekali.

    BalasHapus
  18. Dulu anakku waktu masih kecil sering kuajak beli pasta gigi dan kuminta untuk pilih sendiri. Ampuh banget ternyata untuk membiasakan dia suka gosok gigi. Udah merasa pilih odolnya sendiri soalnya. :))

    BalasHapus
  19. aku juga kadang suka masih jadi PR nih minta anak - anak untuk menggosok gigi sebelumtidur. Banyak terlupanyaa

    BalasHapus
  20. Kalau boleh menambahkan usahakan gosok giginya jangan terlalu malam krn pengalaman anakku tu kalau dah malam ngabtukyberat rewel deh gosok gigi huhu
    Jd kudu atur makan dan nyemil malam trus langsung gosok gigi deh walau gak langsung bobo. Tp perjanjiannya gk boleh ngemil lg hehe

    BalasHapus
  21. Ini...dulu pernah pr juga mba buat aku. Alya susah bngt dulu diajak gosok gigi .. entah pagi, ntah malam...

    Giginya gigis+ berlubang ..

    Klo sekarang, udah lumayan mau. Yang rutin malam, klo pagi masih sering lupa.

    Pasta gigi pengaruh, dia cari yang ada hadiahnya. Sama itu...kebanyakan nonton Upin Ipin itu kayaknya juga ngaruh. Episode dr gigi itu.

    BalasHapus
  22. Sepakat mba. Orangtua nya harus kasih contoh juga ya mba biar anak mau gosok gigi sebelum tidur. Dlu anak2 ku rajin, sekarang kacau lagi nih rutinitas nya hehe. Mau coba merutinkan lagi ah

    BalasHapus
  23. Kalau kedua anak saya memang sejak punya gigi Mba, sejak bayi unyu-unyu udah saya kenalin, meski nyikapnya pake tangan saya dan kain kassa, pokoknya rutin tiap mandi dan sebelum tidur.

    Alhamdulillah keduanya tumbuh jadi anak yang oke-oke aja diajak gosok gigi, meskipun yang adik masih sering kudu digosokin karena biar bersih sempurna.

    Si kakak juga udah terbiasa sikat gigi, sayangnya giginya tetep copot gegara jatuh hiks

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung. Silakan berkomentar dengan baik dan sopan.

Mohon maaf, segala komentar spam, yang berisi link hidup atau yang menyebabkan broken link serta komentar yang mencantumkan identitas tidak jelas akan dihapus.

Komentar yang masuk tidak selalu saya balas.

Terima kasih.