5 Obat Sakit Gigi Berlubang Di Saat Tak Bisa Ke Dokter Gigi

by - June 13, 2020

Obat-sakit-gigi-berlubang

Hai, assalamu alaikum.

Di saat pandemi seperti sekarang, meskipun new normal akan segera diberlakukan, banyak orang yang khawatir kalau harus pergi ke dokter. Pergi ke puskesmas, klinik, apalagi ke rumah sakit itu rasanya bagai mendatangi sarang singa. Lengah sedikit saja kita bisa jadi mangsa.

Termasuk pergi ke dokter gigi. Berobat ke dokter gigi di musim wabah Covid-19 ini adalah sesuatu yang saya hindari, padahal saya punya beberapa gigi berlubang. Daripada menantang risiko, ada baiknya cari alternatif obat sakit gigi berlubang.

Sebetulnya, sebelum wabah melanda, saya sudah menyempatkan diri menambal gigi ke puskesmas.

Ada lebih dari dua gigi saya yang berlubang. Waw, kok banyak banget?! Iya, lubang kecil di geraham yang bikin sisa makanan terjebak di sana. Sungguh tidak nyaman, deh. Sudah disikat masih saja ketinggalan di situ.

Nah, dari sekian gigi berlubang itu ada satu yang lubangnya besar. Itulah yang ingin saya tambal.

Tapi, di puskesmas ceritanya jadi lain. Wah, gimana itu? Begini...


Setelah antre dan akhirnya dapat giliran diperiksa, saya masuk ruangan dan berkonsultasi dengan dokter.

Lalu saya dipersilakan duduk di kursi periksa dan dokter menganalisis kondisi gigi-geligi saya. Niat saya saat itu setidaknya ada dua gigi yang ditambal. Yang besar dan satu lagi yang cukup mengganggu.

Ternyata hanya satu gigi yang disetujui untuk ditambal, yaitu yang lubangnya lebih kecil.

"Yang kiri bawah dulu, ya. Nanti yang lain bisa lain waktu," kata bu dokter.

Ya saya nurut saja karena memang di puskesmas ada kuota jumlah pasien. Kalau saya minta dua gigi sekaligus, bisa-bisa pasien lain tidak kebagian.

Tidak tahunya, setelah itu datang badai corona. Mau ga mau saya harus tidak ke dokter gigi. Iyalah, risikonya terlalu besar, kemasukan barang asing ke mulut.

Sempat ada rasa kecewa, sih, kenapa bukan gigi yang berlubang besar itu saja yang ditambal duluan. Ya, mungkin kalau yang besar nanti bisa menghabiskan stok penambal gigi. Lagipula saya 'tidak bayar' untuk perawatan itu karena saya ikut BPJS, walau saya sudah turun kelas BPJS kesehatan mandiri. Bagaimana kalau saya butuh obat sakit gigi berlubang dan ngilu?

Penyebab Sakit Gigi Berlubang


Berhubung tidak bisa ke dokter gigi, saya sadar bahwa saya harus menjaga gigi saya supaya tidak sakit meskipun berlubang. Soalnya gigi berlubang itu bisa jadi sakit kalau terkena dua jenis makanan ini:

Pertama, makanan atau minuman yang terlalu manis. Benar-benar makanan dan minuman manis ini menyiksa. Kalau kena gigi yang berlubang, duh bisa cenut-cenut ga karuan!

Kedua, makanan yang kalau dikunyah bisa jadi potongan atau remah kecil yang memenuhi lubang di gigi, contohnya kacang. Nah! Padahal saya sering makan kacang, kayak peyek kacang, sambal pecel. Potongan kacang itu sering nyangkut di gigi berlubang, terjebak dan bikin sakit! Bayangkan!!!


Sebetulnya apa, sih yang bikin gigi berlubang jadi sakit? 

Gigi itu terdiri dari beberapa bagian. Yang paling luar adalah lapisan email yang melindungi gigi dari serangan kuman. 

Lapisan email ini mudah terkikis jika kita malas sikat gigi yang berarti membiarkan sisa makanan menempel di gigi dalam waktu lama. 

Kalau email sudah bolong, bagian dalam gigi menjadi rentan berlubang. Ketika lubang itu mencapai jaringan saraf, nah, di situlah terjadi rasa sakit.

Kok bisa sakit? Iya, jadi gigi yang berlubang itu rawan terserang bakteri. Kalau sudah sampai di jaringan saraf dan bikin pembengkakan, akan sangat terasa sakitnya. 

Namanya juga saraf, fungsinya, kan untuk merasa.

5 Cara Mengobati Sakit Pada Gigi Berlubang

Obat-sakit-gigi-berlubang

Kalau sudah terasa nyut-nyutan, perlu banget dihilangkan rasa sakitnya. Siapa, sih yang mau giginya cenut-cenut sepanjang hari? 

Lebih baik sakit gigi daripada sakit hati? Nggak juga, hahaha...

Nah, biar ga sakit gigi maupun sakit hati, berikut ini beberapa cara menghilangkan sakit gigi berlubang secara alami.

Kumur Dengan Garam

Pastikan tidak ada sisa makanan sebelum berkumur.

Berkumurlah dengan air garam hangat. Caranya, campur setengah sendok teh garam dapur plus 1 gelas air hangat. Aduk rata.

Kumur-kumur beberapa menit, fokuskan ke bagian yang sakit.

Garam bisa membunuh bakteri penyebab sakit gigi berlubang dan juga meredakan bengkak.

Kumur Dengan Air Cuka

Ini mirip dengan cara pertama. Campur setengah sendok teh cuka dengan satu gelas air hangat. Gunakan untuk berkumur. Fokuskan di daerah yang sakit. 

Tempeli Minyak Cengkih

Cengkih dipercaya bisa menghilangkan sakit gigi. Caranya bisa dengan mengolesi bagian gigi yang sakit dengan kapas yang diolesi minyak cengkih selama beberapa saat.

Kalau tidak ada minyak cengkih bisa gunakan cengkih bubuk. 

Kompres Dengan Es Batu

Es batu, ya, bukan es krim, hihihi...

Siapkan es batu dalam plastik. Lapisi dengan kain. Kompres dengan cara menempelkannya ke pipi atau langsung ke gigi selama beberapa menit.

Es batu ini membuat saraf menjadi kebas sehingga rasa sakit pada gigi berlubang menjadi berkurang.

Menguyah Daun Jambu Biji

Ambil beberapa helai daun jambu biji, cuci bersih. Kunyah dengan sedikit garam. Ketika sudah halus, tempelkan di bagian gigi yang sakit.

Ingat, ya, cara-cara tadi digunakan untuk menghilangkan rasa sakit saja. Langkah selanjutnya agar sakitnya hilang, ya dengan pergi ke dokter gigi. Entah nanti ditambal, dicabut atau bagaimana, kita konsultasikan terlebih dahulu.

Tapi setidaknya di saat kita tak bisa pergi ke dokter gigi, obat sakit gigi berlubang tadi insya Alloh cukup bisa diandalkan.

Teman-teman punya pengalaman mengobati sakit gigi berlubang juga? Ceritain, dong di kolom komentar. Yuk, yuk!








You May Also Like

15 comments

  1. Aku udah nahan diri buat periksa gigi. Ingat gigi berlubang yang makin besar aja. Obat di rumah paling air garam. Kalau udah mulai cenut-cenut aku tempelin pasta gigi (senso****). Ternyata ada banyak obat lainnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Garam tuh andalan. Kl suami saya mlh garamnya dicampur ke pasta gigi.

      Delete
  2. Pancen mba...klo punya simpenan gigi berlubang Ki ora penak.. mau makan was2..klo sampe masuk yang berlubang, rawan sakit plus risih juga.. aku sekarang tak tambali semua yang masih bisa ditambal. Yang terlanjur parah,cabut. Gigi Graham udah bnyk yang dicabut🤭 dulu klo sakit, aku redain pake cengkeh pernah...kumur larutan garam pernah...tak kasih bawang juga pernah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Simpenan, hihihi...

      Yang geraham satunya juga berlubang gede. Udah dicabut. Yang ini, masak iya dicabut lagi...habis ntar, hahaha...

      Delete
  3. Aku pun yg geraham berlubang mbaa
    Hadeuh stres dah kalau dah sakit gigi sakit semuaa
    Belum pernah nyoba cara2 d atas selain yg pakai air garam aj
    Next kalau pas kumat nyoba cara lain deh misal pakai cuka hehe
    Thank you udaj berbagi info bermanfaat y mbaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menyiksa ya, mbak.

      Sampe biar ga kumat, saya kl makan kacang pelan-pelan, hihihi...

      Delete
  4. Wah aku taunya kumur dengan air garam aja.yang lainnya belum pernah nyoba nih. Tapi pakai garam juga sudah lumayan mengurangi rasa sakit...Ga kebayang kumur pakai air cuka.hehe.

    ReplyDelete
  5. Tooth ache are so annoying indeed. Good thing that we have a lot of natural remedies to address the problem with our teeth

    ReplyDelete
  6. Whuaa makasih tipsnya, anakku nih yang kecil giginya berlubang dan sering kambuh, bingung juga nggak bisa ke dokter, disuruh kumur air garam nggak mau, coba cara lain di artikel ini ah

    ReplyDelete
  7. Gigi berlubang itu emang buat nangeeess kak, lebih sakit euy dari patah hati :( huhuuu
    Bisa nih rekomendasi kakak dicobain buat jaga jaga kalau sakit gigi ntar, thanks infonya kak

    ReplyDelete
  8. Alhamdulillah kalau ada alternatif obat untuk sakit gigi berlubang maklum ya sekarang lagi takut ke dokter kalau gak urgent2 bangte. Aku baru tau kalau penambalan di puskesmas ada approval jumlahnya. Semoga sakitnya cepat menghilang & gak muncul lagi ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukan penambalannya, tapi jumlah pasiennya, mbak.

      Kalau ga salah maksimal 7 pasien per hari di tempat saya.

      Delete
  9. Ternyata ada pertolongan awal ya kalau misal belum bisa ke dokter gigi. Iya nih di musim pandemi gini emang mau ke dokter aja mikir-mikir. Apalagi dokter gigi yaaa... udah berlapis-lapis aja pengamanannya. Soalnya kan virus ini gampang menular lewat mulut, hidung dan mata.

    ReplyDelete
  10. ya ampun bener banget, kesiksa banget saat sakit gigi ditengah pandemi begini biarpun masih ada beberapa dokter gigi yang praktek tapi khawatir rasanya.

    ReplyDelete
  11. daun jambu biji bisa to Kak, asik ini aku ada di rumah ehehhe
    Aku juga sering kambuh ini, belum berani cabut dan sekarang pandemi pula

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung. Silakan berkomentar dengan baik dan sopan.

Mohon maaf, segala komentar spam, yang berisi link hidup atau yang menyebabkan broken link serta komentar yang mencantumkan identitas tidak jelas akan dihapus.

Komentar yang masuk tidak selalu saya balas.

Terima kasih.