Cara Ampuh Mengatasi Gusi Sering Berdarah Beserta Obat Tradisional Untuk Meringankan Sakitnya

by - June 14, 2020

mengatasi-gusi-sering-berdarah

Hai, assalamu alaikum.

Pernah ga sih teman-teman damarojat mengalami  gusi sering berdarah saat sikat gigi? Rasanya pasti aneh, ya, kok kayak ada yang beda dengan pasta giginya. 

Ternyata bukan pasta giginya yang bermasalah, tapi gusi berdarah!

Saya pernah, tuh dulu pas masih SD. Bukan cuma gusi bengkak dan berdarah, bahkan sampai gusi bernanah! Hiii...serem, ya.

Gusi, sebagaimana gigi, merupakan bagian tubuh yang sangat penting. Bagaimana tidak, gusi bersama dengan gigi merupakan tempat kita memperoleh sumber energi: makanan!

Terbayang ga, kalau gigi-geligi ini tidak bisa berfungsi memroses makanan? Bisa-bisa kita akan segera mati karena tak ada asupan makanan sama sekali.

Untuk itu sangat penting bagi kita memperhatikan kesehatan gigi dan mulut, termasuk di dalamnya, gusi.

Penyebab Gusi Sering Berdarah

gusi-sering-berdarah

Gusi sering berdarah menandakan ada hal yang kurang beres dalam tubuh kita. Apa sebetulnya yang menyebabkan gusi berdarah? Berikut ini beberapa penyebabnya:

Jarang Sikat Gigi 

Jarang sikat gigi menyebabkan penumpukan sisa makanan yang kemudian berubah menjadi plak dan jika terus berlanjut akan menjelma menjadi karang gigi. Kalau tidak diatasi, bisa menyebabkan gusi bengkak.

Menyikat Gigi Terlalu Keras 

Rajin sikat gigi itu baik, tapi kalau terlalu keras bisa melukai gusi sehingga menyebabkan pendarahan gusi. Perhatikan cara menyikat gigi yang benar. Menyikat gigi kuat-kuat bukanlah cara yang tepat.

Kekurangan Vitamin C dan K

Vitamin C membantu meningkatkan daya tahan tubuh melawan infeksi. Sedangkan kekurangan Vitamin K menyebabkan pembekuan darah terganggu. Inilah sebabnya biasa terjadi gusi berdarah saat puasa.

Penyakit Lain

Penyakit yang berhubungan dengan daya tahan tubuh seperti diabetes dan terpapar HIV bisa menyebabkan gusi bengkak dan berdarah.

Kehamilan

Perubahan hormon saat hamil membuat gusi melunak. Tidak jarang ibu hamil mengeluhkan hal ini. Gusi berdarah saat hamil itu ga enak banget. Iya, kan ibu hamil harus berhati-hati banget menjaga janinnya. Jangan sampai karena gusi bengkak dan berdarah bikin makin berat kehamilannya.

Cara Mengatasi dan Mencegah Gusi Sering Berdarah

Untuk mencegah gusi sering berdarah, sebaiknya kita makan sayur dan buah yang cukup untuk mendapat asupan vitamin C dan K.

Jika jumlah vitamin C dan K terpenuhi, kemungkinan terjadi gusi berdarah menjadi berkurang.

Saat berpuasa, misalnya, usahakan memenuhi kebutuhan kedua vitamin ini saat makan sahur dan berbuka.

gusi-sering-berdarah


Selain menjaga kecukupan vitamin C dan K, kita juga harus menyikat gigi dengan benar. Gunakan bulu sikat gigi yang lembut, ikuti gerakan menyikat yang tepat, yaitu melingkar dari atas ke bawah selama kurang lebih 20 detik di setiap sisi.

Hindari makanan keras yang berpotensi melukai gusi dan gigi, serta hindari makanan dan minuman yang terlalu manis. 

Jangan lupa juga untuk konsultasi ke dokter gigi agar penanganan gusi sering berdarah bisa tepat. 

5 Obat Tradisional Untuk Gusi Sering Berdarah

Bagaimana kalau di saat kita tak bisa ke dokter gigi, tapi gusi kita bengkak dan berdarah? 

Berikut ini beberapa obat tradisional yang bisa kita pakai untuk pertolongan pertama pada gusi berdarah:

Kumur Dengan Air Garam Hangat

Seperti pada saat sakit gigi berlubang, berkumur dengan larutan air garam hangat bisa membantu meredakan gusi bengkak dan berdarah.

Larutkan setengah sendok teh garam dapur dengan satu gelas air hangat. Aduk rata, gunakan untuk kumur-kumur. Fokuskan di bagian yang berdarah.

Oleskan Madu

Madu juga bisa membantu meredakan gusi berdarah. Caranya mudah sekali, oleskan satu sendok makan madu ke gusi yang berdarah.


Oleskan Kunyit Bubuk Plus Minyak Kelapa

gusi-sering-berdarah

Kunyit bubuk yang dicampur minyak kelapa juga dipercaya dapat meredakan rasa sakit pada gusi yang bengkak dan berdarah. 

Buat campuran sejumput kunyit bubuk dengan satu sendok teh minyak kelapa. Oleskan di gusi yang berdarah. Biarkan beberapa saat lalu kumur-kumur. 

Kumur Dengan Air Lemon Hangat

Sebagaimana berkumur dengan air garam hangat, berkumur dengan campuran lemon dan air hangat bisa membantu meringankan gusi sering berdarah.

Campur satu buah lemon dengan satu gelas air hangat. Aduk, gunakan untuk berkumur.

Kumur Dengan Air Rebusan Daun Jambu Biji

Cara ini juga dipercaya efektif mengurangi sakit akibat gusi bengkak dan berdarah.

Caranya ambil segenggam daun jambu biji, rebus hingga mendidih. Setelah suhunya cukup hangat, gunakan untuk berkumur. Fokuskan di bagian yang berdarah.

Cara-cara tadi adalah sarana untuk mengurangi pendarahan gusi, namun tetap disarankan untuk berkonsultasi ke dokter gigi agar mendapatkan tindakan lanjutan yang tepat.

Nah, itulah tadi cara mengatasi gusi sering berdarah dan obat tradisionalnya. Teman-teman juga pernah mengalami gusi bengkak dan berdarah? Pakai cara apa untuk mengatasinya?






You May Also Like

15 comments

  1. Nek aku keras banget pas hamil dulu..sering banget gusinya berdarah mba..

    Trnyata bnyk ya, cara tradisional yang bisa dipake. Nuwun infone mba...

    ReplyDelete
  2. paling sering aku taunya pakai air garam nih untuk mengatasi gusi berdarah, termyata bisa pakai bahan lainnya juga ya. Kumur pakai lemon hangat juga seger ya

    ReplyDelete
  3. waa terima kasih sharing dan infonyaa, ini bermanfaat banget, si hubby lumayan sering ngalamin gusi berdarah tiba tiba, mau cobain aaah

    ReplyDelete
  4. Penting banget menjaga kesehatan gigi sekarang ini Mbak. Mencegah gangguan kesehatan gigi karena dokter gigi sedang banyak yang tidak praktek. Terima kasih ya tipsnya.

    ReplyDelete
  5. Nah pas bgt nih, beberapa kali tiba2 gusi berdarah meski tidak sedang sikat gigi. Apa karena kurang fit C dan K itu ya? Trims tipsnya mba .akan kucoba..

    ReplyDelete
  6. Aku dulu pas hamil juga pernah gusi yang berdarah gitu. Tapi ya kudiemin aja, cuma sering kumur-kumur. Ternyata ada obat-obat tradisional ya untuk mengatasi gusi berdarah.
    TFS, Mbak :)

    ReplyDelete
  7. Saya salah satu yg sering mengalami gusi berdarah. Selama ini saya mengatasinya dengan sikat gigi yg rutin dan benar saja. Alhamdulillah sih gak sering berdarah lagi. Belum coba kumur pakai garam, atau lemon. Apalagi madu. Padahal minum madu sering hehehe

    ReplyDelete
  8. Wah padahal aku tiap hari mengosumsi vit C dari jeruk nipis plus madu nih tapi kalau sikat gigi kadang suka berdarah...Berarti karena faktor lainnya nih....

    ReplyDelete
  9. Maaksih resep-resepnya, anaku yang kecil nggak mau sikat gigi, gusinya sering berdarah, disuruh kumur air garam nggak mau, kayaknya diolesin madu cocok nih

    ReplyDelete
  10. kalo aku karena salah memilih bentuk sikat gigi gak sesuai dengan kontur mulut jadi lecet dan bikin gusi berdarah, ngga nyaman banget rasanya huhu

    ReplyDelete
  11. Sakit banget kalau udah berhubungan sama gigi dan rongga mulut.
    Dan aku langganan sakit, huhhuu...doaku semoga Allah jauhkan dari sakit.
    Dan kemarin sempet ngilu, aku kumurin pake air garam.
    Nest coba tips dari kak Diah pakai kunyit.
    Aku sukaaa..

    ReplyDelete
  12. Ngeri banget ya gusi berdarah. Dulu aku pernah juga gusi berdarah. Entah karena sskit atau karena sikat gigi yang caranya salah. Untungnya sekarang udah membaik.

    ReplyDelete
  13. kunyit bubuk bisa juga yaa mba? aku baru tau..sering berdarah nih kalau udah lama ngga bersihkan gigi. Apalagi masa pandemi ini

    ReplyDelete
  14. Kalau lama enggak membersihkan plak biasanya aku bakalan mengalami gusi berdarah gini mba. Kesenggol dikit aja kulitnya bakalan keluar darah dari gusi.

    ReplyDelete
  15. Saya belum pernah ngelakuin yang minum dengam air rebusan jambu biji
    Lihat daunnya daja, saya sudah merasakan sepat di lidah

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung. Silakan berkomentar dengan baik dan sopan.

Mohon maaf, segala komentar spam, yang berisi link hidup atau yang menyebabkan broken link serta komentar yang mencantumkan identitas tidak jelas akan dihapus.

Komentar yang masuk tidak selalu saya balas.

Terima kasih.