Yang Bisa Dilakukan Di Rumah Saat Rehat Sekolah Karena Wabah Virus Corona Covid-19

by - March 17, 2020

corona-virus-covid-19

Hai, assalamu alaikum.

Kemarin (16/3) pemerintah resmi meliburkan kegiatan sekolah sebagai langkah antisipasi persebaran virus corona atau penyakit Covid-19.

Sebetulnya bukan libur, tapi namanya kegiatan belajar di rumah. Meskipun begitu tetap saja saya dan anak-anak menyebutnya 'libur'.

"Berapa hari, Bu?" tanya anak-anak.

"Dua minggu," jawab saya.

"Yeeeay..tapi...mau ngapain di rumah?"

Disclosure: Tulisan ini mengandung tautan afiliasi

Nah, mau ngapain selama 14 hari di rumah? Apalagi libur kali ini bukan liburan. Di rumah, tidak ke sekolah tapi juga tidak boleh pergi ke mana-mana. Dikarantina di lingkungan sekitar.

"Ke Jogja ga boleh?" tanya Mas Kecil.

"Ga boleh, dong," jawab saya.

"Ke (kota) Madiun?"

"Ga boleh juga."

"Yaaah...terus ngapain di rumah?"

Ngapain coba?

Tentu saja pihak sekolah sudah menyiapkan serangkaian tugas yang harus dikerjakan setiap hari lewat Whats App atau Google Classroom.

Selain PR, ada juga tugas harian seperti mengaji, menghafal Al-Quran, murojaah, membantu pekerjaan di rumah dan juga menghafal doa agar terhindar dari keburukan.

Selain itu, apa lagi?


Beberapa Kegiatan yang Bisa Dilakukan Di Rumah Saat Rehat Sekolah Karena Wabah Virus Corona Atau Penyakit Covid-19

1. Mencuci sepatu dan tas sekolah

Hal pertama yang terlintas di pikiran saya adalah: cuci sepatu!

Kebetulan anak-anak hanya punya masing-masing sepasang sepatu. Kalau sedang tidak libur yang agak panjang, saya larang mereka cuci sepatu. Takut ga kering.

Kalau ada libur 2 hari berturut-turut, baru berani.

Tas juga begitu. Nah, mumpung ada libur panjang, ayolah cuci sepatu dan tas sekolah!

2. Mencuci jaket dan helm

Bagi yang pergi ke sekolah dengan sepeda motor atau diantar dengan sepeda motor, biasanya punya jaket dan helm.

Saat yang tepat untuk mencuci keduanya. Kalau helm tak bisa dicuci, setidaknya dijemur.

Atau kalau memang diperlukan, bisa upgrade helm dengan beli helm baru.



3. Mencuci sepeda atau sepeda motor

Senyampang sedang tidak dipakai, ini saat yang tepat untuk mencuci sepeda atau sepeda motor

Mencuci sepeda motor pakai
shampo motor, ya, jangan pakai deterjen

Sepeda dicuci pakai shampo motor? Boleh aja, kok.

4. Menjemur kasur dan bantal guling

Masih seirama dengan gerakan jaga kebersihan, waktu rehat sekolah ini bisa digunakan untuk menjemur kasur, bantal dan guling biar tetap sehat, jauh dari jamur, serangga pengganggu dan bakteri jahat.

5. Memperbaiki seragam yang sobek

Kadang ada bagian seragam yang koyak, kancing lepas dan sebagainya. Nah momentum ini tepat banget untuk memperbaiki seragam biar saat masuk sekolah lagi nanti dalam keadaan prima.

6. Menekuni hobi

Setuju banget sama poin ini, ya.

Nah, saya punya free printables yang bisa dipakai kegiatan anak PAUD/TK, berupa lembar mewarnai gambar kendaraan.

corona
Printables kendaraan untuk kegiatan di rumah saat wabah virus Corona

Ada 5 gambar yang bisa dieksplorasi.

Gratis. Klik di sini: printables kendaraan



Tidak ada yang menyangka bisa ada kejadian rehat sekolah juga, ya.

Semoga wabah virus Corona dan krisis ini segera berlalu dan semoga kita tetap sehat dan selamat.



You May Also Like

27 comments

  1. Jadi inget nih sepeda anak-anak belum dicuci besok ah cuci2 semuanya termasuk nyuruh mereka nyuci sepatu dan tasnya. Belajar di rumahnya diperpanjang 2 minggu lagi

    ReplyDelete
  2. Wahh, idenya kreatifff banget!
    Jujur aja nih, sebenernya udah matgay bangeettt kudu karantina mandiri seperti sekarang.
    Duh, lihat akun IG mall, hasrat window shoppingku meronta-ronta! ehehehehe
    Tapiii demi kebaikan bersama, ya sudahlah ditahaaaaannnn dulu aja 🙂

    ReplyDelete
  3. aku selama dirumah aja bebersih rumah dan beberes hihhihi, ada hikmahnya juga gabisakemana mana kaya gini yaa, pekerjaan rumah jadi beres hehehe

    ReplyDelete
  4. Aku juga jadi cari kegiatan di rumah selain tetap bikin konten untuk tulisan. Masak udah pasti haha.. biar nggak bosen jadi rajin nyobain berbagai menu. Semoga Corona segera berlalu ya mbak.

    ReplyDelete
  5. Ah iya, saya gak keingetan sama sekali untuk cuci tas sekolah. Kayaknya besok mau cuci tas anak-anak, ah

    ReplyDelete
  6. Sepedaku kapan terakhir dicucinya ya?
    Duh, jadi malu setelah membaca ini, sepeda emak2 hanya dipakai untuk gowes doang, ga pernah dicuci kalau tidak melewati lumpur. Pantesan aja debunya tebal banget. Besok nyuci sepeda juga sambil berjemur.
    Makasih banget untuk inspirasinya, mba.

    ReplyDelete
  7. Amiin,
    semoga virus ini cepet kelar ya biar kita bisa keluar rumah dengan aman, engga takut takut lagi.
    Dan emang ya karena anak-anak dirumah jadi harus lebih kreatif agar mereka engga bosen dan jenuh dikurung dirumah..

    ReplyDelete
  8. Aku juga selama di rumah semuanya jadinya beberes dan nyuci terus. Semua sprei dan sarung beserta selimutnya, jaket juga dicuci semuanya. Tapi baru keingetan belon nyuci sepatu hehe

    ReplyDelete
  9. Salah satu yang sering dilakukan adalah memperbaiki segala yang rusak mbak seperti sarung bantal sobek dijahit lagi dan benerin isi lemari kalau ada yang masih layak pakai ya disumbangin.

    ReplyDelete
  10. Banyak ide keluar dengan sendirinya ketika kita lama berdiam diri di rumah ya mbak....pastinya tidak akan mati gaya ketika anak-anak diliburkan. Dengan tetap beraktivitas sudah pasti tidak akan menambah kesuntukan. Semoga covid-19 ini segera berlalu dan kita kembali normal menjalani kehidupan

    ReplyDelete
  11. Positifnya jadi byk yg bisa dilakuin dirumah yg mana sebelumnya ga tersentuh ya mbak.. ..tapi ttp aja pengennya wabah ini sgera cabut dri negriku tercinta huhuhu

    ReplyDelete
  12. Bersih bersih rumah emang udah paling pas ya.. selain rumah jadi lebih bersih dan InshaAllah kuman juga ngga mau mendekat.. akupun rutin mencuci barang-barang yang sudah lama tidak dipakai.. termasuk sepatu tas dan lainnya

    ReplyDelete
  13. Amin.... Semoga segera berlalu ya dan kita tetap kuat
    Btw, aku belum nyuci motor. Udah kumut2 banget dia habis dibawa pergi hujan-hujan

    ReplyDelete
  14. Dengan luangnya waktu karena tetap di rumah kita bisa sempat nyari kesibukan lain yang di saat biasa susah untuk dikerjakan ya. Semoga wabah ini segera berlalu. Aamiin...

    ReplyDelete
  15. Mbaa jadi pengingat nih buat cuci tas sekolah anak. Hehhe. Aku slalu berharap semoga wabah ini segera berlalu ya mbaa. Aamiin

    ReplyDelete
  16. Emang ya kudu pinter2 mencari kegiatan supaya enggak bosen saat di rumah saja. Yg paling kasihan sbnrnya sama anak, ortunya gak boleh kelihatan ngeluh dna kudu cari akal banyakin kegiatan buat anak ya hhehe, Makasih info printabelnya

    ReplyDelete
  17. Emang jenuh ya mba berada di rumah berhari-hari. Tapi demi kebaikan bersama kita harus taat. Makasih banyak nih printable pictures nya aku save yaaa..

    ReplyDelete
  18. Iya mbak, jadi diingatkan nih, belum nyuci tas dan sepatu anak-anak heuheu karena aku udah sibuk banget dengan hilir mudik dapur dan ruang keluarga hihihi makasih dah diingatkan

    ReplyDelete
  19. Saya belum melakukan banyak hal di rumah karena belum juga libur. Paling mengerjakan pekerjaan yang rutin yang kadang nggak ada habis-habisnya.

    ReplyDelete
  20. Menekuni hobi ini ya mba yang bikin seru, hal-hal yang jarang dilakukan sebelumnya jadi dilakukan.
    Aku garapin orderan masker ini di rumah, alhamdulillah Mba.

    ReplyDelete
  21. Terimakasih ide nya buat dirumah. Haha aku jadi pengen nyuci semua sendal dan sepatu mumpung panas

    ReplyDelete
  22. Kegiatan di rumahnya bermanfaat semua. Hal-hal yang biasanya tidak sempat dilakukan jadi beres semua ya

    ReplyDelete
  23. jadi keingetan aku ga semprot2 helm mba padahal udah sering keluar pake helm heheheh dan nekuni hobi emang jadi aktifitas biar bunuh rasa bosan di rumah

    ReplyDelete
  24. Iya ya meski disuruh belajar di rumah tetap saja anak-anak bilangnya libur. Yah meski nggak ke sekolah masih banyak hal yang bisa dipelajari di rumah ya Mbak.

    Mudah-mudahan wabah corona bisa segera berlalu. Aamiin.

    ReplyDelete
  25. Selain belajar online di rumah, anak anak jadi rajin bebersih. Yang biasa tas gak dicuci jadi dicuci, nyuci alas tidur. Pokoknya melakukan hal yang bikin hari gak jenuh. Berdoa ya kita semua agar wabah Corona berlalu

    ReplyDelete
  26. Oh yaa jemur kasur bantal dan guling nih yang belum aku lakuin pas WFH ini. Wkwk. Lha wong rebahan mulu

    ReplyDelete
  27. Rumah jadi rame sejak semuanya diminta di rumah aja. Hehe

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung. Silakan berkomentar dengan baik dan sopan. Mohon maaf, segala komentar spam, yang berisi link hidup atau yang menyebabkan broken link serta komentar yang mencantumkan identitas tidak jelas akan dihapus.