5 Hal Yang Harus Diketahui Sebelum Liburan Ke Bali

by - March 04, 2020


Hai, assalamu alaikum.

Sudah masuk bulan Maret saja, ya. Lihat kalender jadi kaget karea bulan depan sudah masuk bulan puasa. Hah? Cepat sekali waktu berlalu.

Ramadan tiba berarti persiapan Lebaran juga, dong. Libur Lebaran tidak sampai 3 bulan lagi! Kemudian setelah Lebaran, lanjut ke musim liburan anak sekolah yang panjang itu. Hmm...perlu rencana matang buat berlibur sekeluarga!
Bagaimana dengan liburan ke Bali?
Mengunjungi Bali bersama keluarga kini relatif mudah. Moda transportasi ke sana banyak pilihannya.

Bali, pulau yang terbilang kecil dan mudah untuk dijelajahi ini menawarkan banyak tempat untuk dijelajahi. Meski begitu, Bali tak bisa habis dieksplorasi selama satu hari saja, lho, ya. Ada banyak tempat dan hal menarik lainnya yang sayang untuk dilewatkan.

Nah, biar liburan ke Bali bersama keluarga menjadi lebih menyenangkan, baca dulu, yuk tips berikut! 

Yang Harus Dicari Tahu Sebelum Liburan Ke Bali


Waktu yang Paling Tepat Untuk Liburan ke Bali


Kapan sebetulnya waktu yang paling tepat untuk liburan ke Bali?
Jawabannya: kapan saja, sebab Bali memiliki iklim tropis yang ramah sepanjang tahun. Namun, waktu terbaik untuk mengunjungi Bali adalah saat musim kemarau yang berlangsung antara April-Oktober.

Suhu siang hari rata-rata antara 27 hingga 32 derajat Celcius di dataran rendah di wilayah Selatan. Dengan kelembapan sekitar 75%, Bali bisa terasa lebih panas bagi wisatawan mancanegara.

Laut dengan salah satu ombak terbaik di dunia bisa dinikmati di Bali dari bulan Mei hingga September.

Tempat- Tempat yang Akan Dikunjungi Saat Liburan KeBali


Enaknya berlibur ke Bali itu biaya transportasi nya relatif murah. Sudah gitu, banyak pilihannya. Kita bisa mencari tempat menginap dan melakukan perjalanan seharian bersama keluarga. 

Mau bertualang, bisa. Berjalan-jalan di sepanjang  pantai, bisa. Menjelajah Bali dengan  mobil, bisa banget. Kalau mau naik bus atau ojek juga tersedia. Terbayang, kan serunya bertualang bersama keluarga!

Ada dua pilihan untuk mengeksplorasi Bali. Kita bisa memilih untuk mengunjungi tempat wisata populer seperti Pantai Kuta, Seminyak atau Sanur dan menyaksikan pertunjukan menarik di Bali.

bali
Liburan ke Pantai Lovina Bali. Foto: tempatwisataunik.com



Kalau ingin mendapat suasana lain dari Bali, kita bisa berkeliling Bali dengan mobil sewaan, mengunjungi desa wisata dan menyaksikan bentang alam Bali yang indah.

Tempat Belanja Oleh-Oleh Khas Bali


Bali adalah tempatnya harta karun suvenir yang menarik. Banyak penawaran yang luar biasa di sana. Pasar terbuka yang  buka siang dan malam menawarkan barang kerajinan, barang antik, pakaian dan barang-barang rumah tangga dengan harga yang sangat menarik.
Pasar yang besar dan terbaik bisa ditemukan di Denpasar dan Sanur, tetapi untuk toko-toko dan kios-kios suvenir serta oleh-oleh dapat ditemukan di seluruh pulau, terutama di dekat tempat wisata utama. 

Biasanya toko-toko buka 7 hari seminggu dengan jam buka bervariasi dari pukul 9.00 - 21.00. Di hari Minggu kadang buka dengan jam yang lebih pendek.

Suvenir unik yang Bali banget bisa kita temui dalam rupa ukiran kayu, ukiran batu, kerajinan dari besi dan perunggu. Batik juga ada!

Barang khas Bali ini sebagian besar merupakan produk kerajinan tangan, lho. Asal tahu saja, orangBali punya darah seni yang sangat kental.

Memilih Hotel dan Resort Untuk Liburan Ke Bali Bersama Keluarga


Sebelum berlibur bersama keluarga di Bali, tentunya wisatawan sudah harus mempersiapkan tempat untuk menginap. Booking-lah hotel di Bali sebelum berangkat. Wajib ini!

Hotel dan resort tersebut bisa kita temukan di berbagai situs atau aplikasi penyedia jasa booking hotel, contohnya seperti di Blibli.com. 

Seringkali di situs-situs tersebut ada potongan harga dan promo-promo menarik untuk booking hotel di Bali murah. 

Di Bali, hotel dan resort untuk keluarga cukup populer, contohnya seperti : Holiday Inn Resort Baruna Bali, The Breezes Resort & Spa, Max One Hotels Seminyak

Keamanan Di Bali


Bali pernah diguncang bom pada tahun 2002. Meski demikian, Bali mampu bangkit kembali.

Secara umum, di Bali keamanannya cukup terjamin. Tapi tetap saja wisatawan harus menjaga barang-barang berharganya sendiri.

Pedagang asongan dan  calo telah secara luas dianggap sebagai gangguan terbesar di Bali, terutama di objek wisata populer. 
Agar aman, sebaiknya jangan mengajukan pertanyaan kepada pedagang asongan kecuali memang kita  tertarik untuk membeli produk yang ditawarkan.
Nah, itulah 5 hal yang harus diketahui sebelum liburan ke Bali. Sudah siap menjelajah Bali bersama keluarga?

You May Also Like

30 comments

  1. Wow, bli2 bisa hotel juga to sekarang? Tak kira buat blnja aja... Makin lengkap. Konsumen makin enak, Krn makin banyak pilihan.

    ReplyDelete
  2. Makasih tipsnyaa yaa.
    Ah bener banget kurang lebih 40 harian lagi menyambut ramadhan, keknya belom ada liburan kmana mana, mempersiapkan diri puasa dan lebaran duluu.

    ReplyDelete
  3. Saya udah luamaa banget nggak ke Bali. Huhu rindu sekali, sekarang kok ya pas ada virus. Tapi kalau bisa ke Bali lagi, saya kepengen eksplore Bali Utara, salah satunya ya Pantai Lovina itu :)

    ReplyDelete
  4. Aku dulu pas ke Bali masih polos banget. Tapi gak tanya2 ke pedagang asongan juga karena aku anaknya suka malu dan gak enak nawar2 gitu. Semoga ada kesempatan buat ke sana lagi

    ReplyDelete
  5. Sudah beberapa kali ke Bali dan tetap pengin liburan ke Bali lagi sih bersama keluarga karena masih banyak tempat wisata dan kulineran di Bali yang belum sempat kami coba. Bali selalu bikin kangen untuk kembali :)

    ReplyDelete
  6. Jadi ke suggest nih mba pengen ajak anakku liburan ke Bali, terakhir ke sana ya pas dia ada didlm perutku hehehe alias pas masih hamil. Cari tempat nginap di Bali tuh banyak banget pilihannya apalagi kalo untuk sekedar tempat istirahat, karena banyak banget yang bisa dieksplor di Bali ya

    ReplyDelete
  7. Ya ampun udah lama banget nggak ke Bali. Penting tips2 diatas karena ternyata di Bali banyak yg murah2 juga kalau persiapannya baik. Thanks.

    ReplyDelete
  8. Pastinya dalam waktu dekat ini saya belum ada rencana ke Bali. Lagi fokusnya ke Ramadan dan Lebaran. Pengen juga sih liburan lagi ke sana. Udha lama banget gak ke Bali

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pengin juga diajak ayah dan ibu ke Bali nih, Tante Chi. Ibu udah beberapa kali ke sana, tapi anak-anaknya belum ada yang pernah ke sana. ;)

      Delete
  9. Kota pilihan nomor satu untuk pergi liburan atau hmm aku tuh sebenarnya pengen tinggal di Bali suatu saat nanti. I love Bali

    ReplyDelete
  10. berarti libur lebaran nanti termasuk waktu yang tepat yaa, pas suhunya dan pas ombaknya bagus. Pengen banget bisa liburan ke Bali

    ReplyDelete
  11. Memang senengnya liburan ke Bali itu selain tempat wisatanya yang alam dan eksotik, tempat nginepnya pun unik-unik.
    Gakkan dijumpai di kota lain aja yaa...

    ReplyDelete
  12. Anakku ngajak ke Bali mba tapi aku belum bisa wujudkan. Dan kalo ke Bali wajib beli oleh oleh

    ReplyDelete
  13. Aku bolak - balik ke Bali juga ngg pernah bosen. Tapi memang betul.. harus waspada selalu

    ReplyDelete
  14. Noted niih, kalau mau ke Bali di sekitaran April - Oktober ya baiknya. Baiklaaah, mau buat proposal cinta dulu deh ke PakSu biar bisa jalan-jalanlah sesekali dan udah mupeng banget ke Bali niih, huhuhuh.

    ReplyDelete
  15. Sebenernya aku juga puingiiiin plesiran ke Bali atau Lombok.
    Tapi kalo lihat kondisi sekarang, ya rada ngga nyaman ya Mba, buat liburan :)

    ReplyDelete
  16. Yup aku setuju sm poin di atas semua mbk. Aku paling suka ke Bali pas nggak musim libur. Nggak macet atau nggak rame2 bgd.

    ReplyDelete
  17. Hal seperti ini yang dibutuhkan nih mbak. Apalagi bertanya ke tukang asongan udah jadi sasaran empuk ya

    ReplyDelete
  18. Beberapa kali ke Bali, tapi masih pengin ke sana terus lhooo... Bali selalu indah untuk didatangi, ada banyak tempat bagus yang bisa dituju kala piknik ke Bali.

    ReplyDelete
  19. Setuju dengan semua tipsnya. Memang harus banyak persiapan kalau mau pergi traveling ya..
    Terutama ke Bali yang banyak jadi incaran para wisatawan. Harus disiapkan baik-baik

    ReplyDelete
  20. Wah aku baru tahu mbak ada suhu panas juga sampai 32 derajat di Bali, btw kalau tempat2 yang mau dikunjungi selalu aku list dulu biar terjelajahi semua.

    ReplyDelete
  21. Ke Bali memang tak cukup sekali.
    Baru tahu kalau ke Bali sebaiknya antara April-Oktober.
    Note, mba

    ReplyDelete
  22. Aku sudah beberapa kali ke Bali dan selalu pengen balik lagi, soalnya Bali memang ngangenin. Pantai Lovina itu aku udah pernah bahkan sampai ke tengah lihat dolphin hehe

    ReplyDelete
  23. Ya Allah beneran gak kerasa ya, tau-tau udah deket puasa aja. Perasaan baru kemaren deh libur lebaran, hehehe.. Liburan ke Bali emang seru ya.

    ReplyDelete
  24. Pengen banget ke Bali bareng keluarga selama ini bareng temen terus..huhu..mudah2an ada kesempatan..

    ReplyDelete
  25. Suami pengen ke Bali cuman belum kesampean aja nih hehehe semoga next pas liburan bareng bisa ke sana emang harus ditentukan ya mba dari tempat nginep sampe destinasinya krn banyak

    ReplyDelete
  26. Mudah2an wabah corona ccepat selesai ya biar bisa liburan lagi. Aku terakhir ke Bali tahun 2017 kode harus balik lagi nih

    ReplyDelete
  27. Aku belum pernah ke Bali huhu tahun kemarin mau kesana tapi ga jadi. Semoga dalam waktu dekat bisa kesana ya.

    ReplyDelete
  28. Emang kalau ke Bali enaknya pas bukan liburan supaya dapat suasananya ya gak ramai org. Tapi saat wabah kyk gini kyknya sepi deh di sana hiks.
    Kalau ke Bali tu paling seneng main ke desa adatnya kalau bisa nginep sana biar merasakan Bali yang sesungguhnya hehe

    ReplyDelete
  29. Duuh! Jadi inget saya hampir saja pergi ke Bali kalau gak ada sesuatu. Walaupun bukan destinasi impian. Tapi kan namanya jalan2 tetap saja menyenangkan

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung. Silakan berkomentar dengan baik dan sopan. Mohon maaf, segala komentar spam, yang berisi link hidup atau yang menyebabkan broken link serta komentar yang mencantumkan identitas tidak jelas akan dihapus.