Membuat Bunting Flag, Hiasan Dinding Kamar Anak Laki-Laki Dari Kertas Origami

Hiasan-dinding-kamar-anak-laki-laki

Hai, assalamu alaikum.

Kemarin lalu saya baca tulisan Mbak Lusitris tentang cara bikin hiasan dinding bentuk kupu-kupu dari kertas.

Cantik. Tapi anak saya laki-laki. Hmmm...hiasan dinding apa, ya yang cocok sama kamar anak laki-laki?

Akhirnya nemu juga pas lagi datang ke acara market day di sekolah anak-anak.

Hiasan itu sebenarnya udah sering saya lihat, tapi baru ngeh kalau bisa ditransfer ke dinding kamar anak.

Ini, lho. Bunting Flag. Hiasan dinding sederhana bentuk bendera dari kertas.

Sebetulnya bukan bendera, ya tapi umbul-umbul. Cuma berhubung lebih dikenal dengan nama hiasan bendera, ya udah, ngikut aja. Biar keluar di mesin pencari juga. Hahaha...

Sebelum Lebih Jauh Soal Hiasan Dinding Kamar, Apa Sih Bunting Flag Itu?

Bunting flag bisa berarti bendera beraneka warna yang dipasang dalam suatu acara.

Misalnya pada peringatan kemerdekaan.

Kalau di Indonesia sih namanya umbul-umbul, ya.

Ada yang bentuknya setengah lingkaran dijejer-jejer. Ada juga yang berupa segitiga berjejer.

Di Indonesia ada juga bunting flag berupa bendera merah putih panjang.

Bahannya bisa kain, plastik ataupun kertas.

Kata bunt sendiri konon berasal dari bahasa Jerman yang artinya berwarna-warni.

Bahan Dan Cara Membuat Bunting Flag, Hiasan Dinding Kamar Anak Laki-Laki Berbentuk Bendera


Langsung saja, ya. Bahan dan cara membuatnya super gampang. Anak-anak aja bisa bikin, kok.

Bahan:

Bunting-flag
Bahan buat bunting flag, hiasan dinding kamar.

Kertas origami (atau kertas lain asal warna-warni)

Benang yang agak tebal (bukan benang jahit)

Gunting atau cutter

Selotip.

Cara Membuat:

Lipat diagonal kertas origami sehingga membentuk segitiga. Potong jadi 2 bagian.

Lipat lagi masing-masing bagian, lalu potong. Jadilah segitiga yang lebih kecil.

Hiasan-dinding-room-decor
Potong kertas origami jadi segitiga kecil untuk membuat bunting flag, hiasan dinding kamar.


Buat beberapa segitiga dengan variasi warna supaya menarik.

Oiya, besarnya ukuran segitiga boleh sesuai selera. Kalau mau besar, pakai kertas origami berukuran besar dan lipat sekali saja.

Tekuk sedikit di salah satu sisinya.

Jepitkan di benang, lalu rekatkan dengan selotip.

Tempelkan lagi segitiga dengan warna lain sejumlah yang diinginkan.

Kertas-origami
Warna-warni bunting flag, hiasan dinding kamar.

Potong benang.

Tempel ke dinding dengan selotip.

Selesai.


Bunting-flag
Bunting flag jadi.

Cakep, kan?

Mudaaah banget bikinnya. Ga perlu ngukur-ngukur yang rumit.

Kalau mau bikin yang lebih panjang, tinggal ditambah saja panjang benang dan jumlah benderanya.

Hiasan-dinding
Bunting flag hiasan dinding kamar. Sst... jam dindingnya keren, ya. Dari flanel, lho. Bisa pesan di Mbak icajahe.blogspot.com.

Mau coba bikin bunting flag hiasan dinding kamar juga? Ini saya sertakan videonya juga.



Baca juga proyek DIY lainnya:

  1. Buku Tulis Buatan Sendiri
  2. Membuat Kartu Peraga Bahasa Jawa
  3. Membuat Wadah Gantung Dari Botol Plastik
  4. Membuat Helm Astronot Dari Kertas Beserta Jet Pack-nya
  5. DIY Pocket Calendar

16 Comments

  1. Ya ampun. Saya baca di awal kirain bunting bahasa kita. Bendera hamil saya kira hahaha ...
    Ternyata buat umbul-umbul ya.
    Saya dan anak-anak mengaji suka buat juga kalau mau Rajaban, Mauludan dan atau peringatan HUT kemerdekaan RI

    ReplyDelete
  2. Ini simple tapi seruuu ya Mak.
    Ide yg brilian banget, anakku juga laki
    mau aku coba, ahh

    ReplyDelete
  3. Sederhana tapi manis ya Mbak Diah. Kreatif banget Mbak Diah ini. Makasih sudah berbagi cerita :)

    ReplyDelete
  4. hahahaha kirain tadi siapa yang bunting, siapa yang dibikin bunting atau hamil? terus baca lagi jadi bendera bunting hahaha.

    Bisa ditiru nih buat acara menarik dengan anak-anak saya, main gunting-guntingan mah hobi si kecil banget :)

    ReplyDelete
  5. Simpel tapi enuh kreatfitas, maka haslinya keren nih mba, jadi inspirsasi buat yang baca nih, makasih mba

    ReplyDelete
  6. Semalem Alya minta diajari mbikin burung dr origami...klo jadi mau digantung2 kayak di kelas. Mbuka tutorial di google...

    Di tahap2 blkng ada yang bingung. Burung ga jadi....

    Bikin bendera gini malah lebih gampng ya mba..

    ReplyDelete
  7. Pas banget mba ak juga LG cari hiasan kamar anak laki-laki kemarin m beli kok mahal ya... M ikut bikin ini aja dehh

    ReplyDelete
  8. aku baru denger tentang bunting flag ini :) cocoknya untuk anak TK dan SD ya mba...

    ReplyDelete
  9. Gampang banget nih bikinnya. Coba ah ntar kuliatin ke anak lanang, kalik aja dia mau diajak bikin bunting flag ini bareng-bareng. Kebetulan ada stok kertas lipat nih.

    ReplyDelete
  10. Wah senang sejali pastinya kalau anak laki2 juga diberi hiasan yg cocok buat kamatnya...kreatif nih.. Ini uyk anak2 TK n SD yg masih imuth ya mba..anakku sdh gede2 semua hehe

    ReplyDelete
  11. Wah makasih ya mbak. Idenya mau ta copas nih. Anakku yg balita lagi suka banget gunting2 pake gunting khusus yg dr plastik itu

    ReplyDelete
  12. Wah, boleh-boleh nih diikuti kegiatan bareng anaknya. Anakku bakalan suka deh bikin -bikin yang ginian. Tapi mungkin dia bakal milih warna yang seragam. Kayaknya dia bakal milih merah putih. Dia cinta banget sama warna bendera negara kita :D

    ReplyDelete
  13. Cantiiik bangeett..
    MashaAllah~

    Kami rutin menghias rumah saat menyambut Ramadan. Lagi Cari idea juga..
    Nuhun, Kaka..

    ReplyDelete
  14. Simple banget ya bikinnya cuma kadang suka males bikin wkwkwkw. Oh ya dulu sempat bikin ini waktu anak masih TK dan ada tugas sekolah.

    ReplyDelete
  15. Wahh lucu juga ya mbak hias kamar oake beginian. Apalagi di kamar anak.. Aku mau coba di kamar sndiri.. Dideoan meja kerja. Kayaknya lucu.. Hihu

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung. Silakan berkomentar dengan baik dan sopan.

Mohon maaf, segala komentar spam, yang berisi link hidup atau yang menyebabkan broken link serta komentar yang mencantumkan identitas tidak jelas akan dihapus.

Komentar yang masuk tidak selalu saya balas.

Terima kasih.