Skip to main content

Posts

Showing posts from August, 2017

Tentang Orang Tua Dan Pemadam Kebakaran

Jadi orang tua itu susah-susah gimana gitu. Nggak ada gampangnya. Tapi kok ya banyak orang yang semangat banget jadi orang tua. Padahal jadi orang tua berarti siap jadi pemadam kebakaran. Orang tua dan pemadam kebakaran. Apa hubungannya?? Kembali ke belasan tahun lalu. Sebuah konflik terjadi antara saya dan salah satu tetangga. Perkaranya adalah ban bocor. Ceritanya ban sepeda motor saya bocor lalu saya tambalkan di bengkel milik tetangga. Oleh tetangga saya dicek dan dia bilang ban dalamnya harus diganti karena sudah nggak layak lagi, nggak bisa ditambal. Ya sudahlah, saya ikut saja. Berhubung prosesnya lama, saya tinggal pulang dan nantinya sepeda motor saya diantar ke rumah. Singkat cerita motor saya bisa dipakai lagi. Tapi tak lama setelah itu ban sepeda motor saya bocor lagi. Ya saya tambalkanlah itu ban. Setelah dicek oleh tukang tambal ban, pak tukangnya bilang kalau ban dalam saya tambalannya sudah banyak. Lho, ya kaget dong saya. Bukannya kemarin baru ganti?? Kok ini nggak ka…

Siapkan Ini Di Musim Kering Berangin

Madiun akhir-akhir ini dilanda angin yang cukup kencang. Musim kering berangin. Tidak sampai terjadi angin puyuh sih, tapi lumayan bikin keder untuk keluar rumah. Saya, maksudnya, hehe... Baru mau bawa adik bayi keluar untuk sekadar berjemur atau lihat pemandangan saja langsung balik kanan masuk rumah lagi. Ya, gimana, anginnya kenceeeng banget. Ini Madiun apa Nganjuk, ya, kok berangin banget, hehe... Kalau Nganjuk kan memang dikenal sebagai Kota Angin, ya.

Angin di bulan Agustus ini kalau kata anak saya yang nomor dua sih berguna banget. "Supaya  bendera merah putih bisa berkibar," katanya. Hahaha...ada-ada aja.
Iya sih, segala bendera dan umbul-umbul 17-an jadi berkibar bebas. Enak juga untuk main layang-layang.
Maklum saja, ini musim kemarau. Musim kemarau seringkali membawa angin yang cukup kencang, udara yang dingin namun kering. Musim mbedhidhing kalau kata orang Jawa. Akibatnya bisa ditebak, kulit menjadi kering, bahkan bisa bersisik atau pecah-pecah. Demikian juga den…

Pekerjaan Rumah Yang Bisa Mulai Diajarkan Kepada Anak Kelas Satu SD

Katanya kalau punya anak laki-laki semua itu ibunya capek sendiri di rumah, seperti saya yang punya dua anak laki-laki yang duduk di kelas 2 dan 3 SD. Nggak ada yang bantuin menyelesaikan pekerjaan di rumah. Sebetulnya ya nggak juga sih, asal orang tua menanamkan kebiasaan membantu pekerjaan rumah tangga sejak dini. Sejak dini itu kapan? Relatif, ya. Bisa dimulai sejak anak bisa makan sendiri, atau sejak anak duduk di bangku sekolah. Pekerjaan rumah apa yang bisa mulai diajarkan? Yang sederhana dulu, seperti mengembalikan piring bekas makan ke cucian. Setiap anak pasti bisa lah kalau ini. Pekerjaan lainnya apa? Nah, coba yuk kita ulas pekerjaan rumah yang bisa mulai diajarkan kepada anak kelas satu SD.

Apa Saja Pekerjaan Rumah Yang Bisa Mulai Diajarkan Kepada Anak Kelas Satu SD? Yang sederhana dulu seperti yang saya tulis tadi: membawa piring kotornya sendiri ke cucian sekaligus mencucinya. Teknisnya dilaksanakan setiap usai makan. Minta anak dengan sopan, "Piringnya ditaruh di t…

Serba-Serbi Melahirkan Di Usia 40

Berhubung lagi jadi ibu baru lagi, lagi-lagi saya nulis soal bayi. Ya, sebetulnya cerita tentang perbayian ini saya tulis di blog saya yang lain sih. Yang pingin ngintip boleh lho berkunjung ke Jaundice, After 7 Years dan Things Moms Should Do To Have Better Breast Milk. Inggris? Iyes, sambil belajar juga sih nulisnya. Sekarang saya mau cerita soal serba-serbi melahirkan di usia 40. Ho oh, saya memang jadi ibu baru lagi pas di usia 40. Tua, ya? Haha... Eh tapi jangan salah. Di sekeliling saya ternyata banyak juga yang melahirkan lagi di usia 40 ++. Banyak itu berapa? Lebih dari satu kalau kata Matematika. Hehe...nggak sedikit juga. Ada sepupu saya yang melahirkan anak keempat di usia 40; tetangga saya di usia 41; teman kuliah di usia 40 atau 40 kurang dikit; tetangga zaman kecil di usia 40; dan seorang teman di usia 43. Nha...banyak juga kaaan? Berhubung sudah tidak muda lagi, ada beberapa hal yang unik. Ini di antaranya: Dimaklumi Saat Harus Operasi Caesar Hehe...banyak yang maklu…