KEB

KEB

BPN

BPN

About Me

About Me
Diah is here! Mom of three boys.

Cara Nyaman Apabila Harus Salat Tarawih Sendirian

Cara nyaman apabila harus salat tarawih sendirian. Bulan Ramadan telah tiba. Muslim di seluruh dunia melaksanakan ibadah puasa satu bulan lamanya.

Selain berpuasa umat Islam juga menjalankan ibadah lain di bulan Romadhon. Salah satu ibadah yang istimewa di bulan Ramadan adalah salat tarawih.

Salat tarawih ini adalah salat sunah yang sifatnya muakkad, yaitu salat sunnah yang ditekankan atau sangat dianjurkan untuk dilaksanakan.

Salat tarawih bisa dilaksanakan secara berjamaah di masjid ataupun dilaksanakan sendirian.

Banyak orang yang memiliki kenangan indah salat tarawih berjamaah semasa masih kecil dahulu.

Salat tarawih berjamaah di masjid bisa dilaksanakan 11 rakaat atau 23 rakaat termasuk salat witir. Namun ada juga yang melaksanakan dengan jumlah rakaat lebih dari itu.

Salat tarawih berjamaah di masjid merupakan sesuatu yang istimewa di bulan Ramadan karena salat tarawih hanya ada di bulan Ramadan.

Salat-tarawih-sendirian


Namun ada kalanya seseorang terpaksa tidak bisa mengikuti salat tarawih berjamaah di masjid karena satu dan lain hal.

Misalnya seseorang yang memiliki pekerjaan yang tidak bisa ia tinggalkan sehingga ia harus salat tarawih sendirian. Contohnya pekerja yang menjalani sistem shift.

Ada juga orang yang menjalankan ibadah salat tarawih sendirian karena di daerah tempatnya tinggal kaum muslimin merupakan minoritas sehingga tidak ada yang melaksanakan salat tarawih berjamaah di masjid.

Atau bisa juga seseorang tidak bisa melaksanakan salat tarawih berjamaah karena tidak bisa meninggalkan kewajibannya. Contohnya di sini adalah ibu yang memiliki anak yang masih kecil. 

Salat tarawih boleh dilaksanakan berjamaah maupun sendirian. Ini pernah dicontohkan oleh Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam. Beliau pernah melaksanakan salat tarawih berjamaah, pernah juga melaksanakan salat tarawih sendirian, sehingga keduanya sah untuk dilaksanakan.

Akan tetapi ketika melakukan salat tarawih sendirian, seringkali terasa berat karena jumlah rakaatnya yang banyak.

Pada salat sunah biasa seperti salat rawatib, yaitu salat sunah yang mengiringi salat wajib, jumlah rakaatnya hanya 2 sampai 4 rokaat saja. Pada salat Dhuha bisa 6 rakaat.

Oleh karena itu salat tarawih ini cukup Istimewa karena jumlah rakaatnya yang lebih banyak daripada salat sunnah lainnya selain salat tahajud. 

Jika Harus Salat Tarawih Sendirian

Bagaimana caranya agar kita bisa melaksanakan salat tarawih dengan ikhlas tanpa merasakan beban dengan banyaknya jumlah rakaat? Ada beberapa hal yang perlu kita persiapkan.

Sebelum melaksanakan salat tarawih sendirian, pertama, kita harus memastikan bahwa keadaan perut kita tidak ataupun tidak terlalu kosong. Pastikan bahwa kita cukup kenyang tetapi tidak terlalu kenyang, tapi juga tidak lapar. Terlalu kenyang menyebabkan kita sulit untuk melaksanakan salat tarawih, dan akan timbul rasa malas. Sedangkan perut yang kosong menyebabkan kita tidak bisa berkonsentrasi.

Yang kedua, siapkan tempatnya. Pastikan tempatnya bersih bebas dari najis. Pakaian kita bersih dan bebas dari najis. 

Ketiga, pastikan pekerjaan atau tanggung jawab kita telah kita selesaikan sebelumnya, sehingga tidak mengganggu konsentrasi kita dalam melaksanakan salat tarawih. 

Sholat-tarawih-sendirian


Keempat, rencanakan surat pendek apa yang kita baca di setiap rakaatnya, karena salat tarawih dilaksanakan dengan dua rakaat satu salam. Maka sebelum melaksanakan salat, kita bisa merencanakan pada rakaat pertama membaca surat apa, rakaat kedua akan baca surat apa.

Kita bisa memanfaatkan surat yang ada di dalam Alquran yang telah kita hafalkan ataupun ayat-ayat yang telah kita hafalkan dari Alquran. Sebagian besar kaum muslimin di Indonesia telah menghafalkan beberapa surat dari Juz Amma. Kita bisa membaca surat-surat pendek dari Juz Amma.

Usahakan juga untuk membaca surat-surat pendek yang beragam sehingga kita tidak merasa bosan membaca surat yang itu-itu saja.

Kelima, apabila kita ingin memperbanyak bacaan Quran pada saat salat tarawih, kita diperbolehkan untuk membuka mushaf Alquran atau membaca dari aplikasi Alquran. Kita bisa membaca surat-surat lain dari Alquran yang belum kita hafal dengan membaca dengan membuka Alquran itu sendiri. Mengenai tata cara salat dengan membaca Alquran bisa dibaca di artikel yang ini.

Salat Tarawih Sendirian Dengan Tumakninah

Keenam, lakukan solat tarawih dengan santai, tumakninah, tidak terburu-buru. Tumakninah adalah rukun solat. Solat tarawih itu kita persembahkan untuk Allah Subhabahu wa Taala, bukan untuk mengejar banyaknya jumlah rakaat atau pendeknya waktu solat.

Rasulullah Shalallahu alaihi wasalam pernah mengingatkan seseorang yang salat tanpa tumakninah.

"Jika engkau berdiri hendak melakukan shalat, maka bertakbirlah, kemudian bacalah ayat al-Qur’an yang mudah bagimu. Setelah itu, ruku’lah sampai engkau benar-benar ruku’ dengan thuma’nînah. Kemudian, bangunlah sampai engkau tegak berdiri, setelah itu, sujudlah sampai engkau benar-benar sujud dengan thuma’nînah. Kemudian, bangunlah sampai engkau benar-benar duduk dengan thuma’nînah. Lakukanlah itu dalam shalatmu seluruhnya!" (HR. al-Bukhâri,no. 757 dan Muslim,no. 397 dari hadits Abu Hurairah Radhiyallahu anhu).

Ikhlaslah. Bila hendak salat tarawih dengan jumlah rakaat banyak, lakukan dengan baik. Janganlah jumlah rakaat banyak dijadikan alasan sehingga kita solat terburu-buru dengan dalih agar cepat selesai. Yang mau dicapai apa, solat yang disukai Allah Subhanahu wa Taala atau salat yang disukai manusia?

Itulah cara-cara yang bisa kita lakukan untuk membuat salat tarawih sendirian terasa lebih nyaman sama kamu manfaat dan selamat melaksanakan salat tarawih. Semoga Allah Subhanahu wa Taala menerima ibadah kita. Aaamiiin. 

Related Posts

1 komentar

  1. Buat si perantau yang hidup sendiri memang butuh ketabahan kalau puasa, sahur, dan ibadah lainnya dilakukan sendiri. Walau kadang enggan kalau harus ketemu orang asing, tapi alhamdulillah bisa bersahabat dengan warga. Tips ini juga bisa diterapkan, terima kasih informasinya!

    BalasHapus

Posting Komentar