KEB

KEB

BPN

BPN

About Me

About Me
Diah is here! Mom of three boys.

Cara Mengetahui Biaya Pasang Gorden Blackout Smokering 2023 Terbaru

Cara mengetahui biaya pasang gorden blackout smokering 2023 terbaru. Memasang gorden adalah salah satu tantangan dalam menghias rumah karena pada kenyataannya biaya pasang gorden itu bisa tidak terduga. Tidak sedikit  pasangan yang baru memulai rumah tangga berencana untuk memasang gorden di rumah mereka, akan tetapi setelah melihat biaya pemasangan gorden di rumah membuat nyali mereka menjadi ciut.

Sepertinya sesuatu yang sepele.  Dalam bayangan sebagian orang, pasang gorden biayanya mungkin hanya sekitar 1,5 hingga 2 juta. Namun pada kenyataannya lebih dari itu, bahkan bisa sampai pada angka yang mengejutkan.

Saya termasuk yang terkejut dengan perkiraan biaya pasang gorden blackout di 2023. Ternyata lebih dari yang saya bayangkan. Hehehe...

Untuk itu saya berbagi pengalaman pasang gorden blackout tahun 2023 ini di sini, secara offline, ya. Kalau online saya tidak tahu.

Sebenarnya berapa sih biaya pasang gorden blackout model smokering yang terbaru?

Sebelum kita masuk pada masalah biaya kita bahas dulu apa itu gorden blackout dan gorden model smokering.

Gorden Blackout itu adalah kain gorden yang bahannya cukup tebal sehingga bisa menahan lebih banyak sinar matahari dari luar. Gorden ini cocok untuk dipakai di wilayah yang menerima banyak panas matahari.

Gorden kain Blackout ini banyak sekali motifnya dan juga warnanya. Kita bisa memilih sesuai dengan selera kita, yang Kita sesuaikan dengan warna cat rumah kita. 

Kemudian apa itu gorden gorden model smokering? model smokering adalah gorden yang di bagian atasnya memiliki lubang-lubang untuk tempat masuknya pipa untuk meletakkan gorden di jendela. Kalau model yang lain biasanya menggunakan rel, kalau smokering ini tidak.

Biaya-pasang-gorden-smokering


Hal yang Harus Dilakukan Sebelum Membeli Gorden


Sekarang kita bahas mengenai hal-hal apa saja yang harus dilakukan sebelum memesan gorden.

Langkah pertama adalah mengukur jendela yang akan dipasang gorden
Diukurnya dari kusen jendela ke bawah dan ke samping (tinggi x lebar dalam cm)

Catat ukuran jendela yang akan dipasangi gorden tersebut untuk kita bawa ke tukang gorden

Langkah kedua adalah mensurvei tempat penjual gorden yang bagus kita bisa menanyakan kepada teman tetangga atau kerabat yang pernah memasang gorden,  bagaimana kualitas pemasangan gorden di tempat tersebut. Bila itu termasuk yang baik atau direkomendasikan, kita bisa memesan gorden di tempat tersebut.

Kalau tidak ada rekomendasi dari orang lain kita juga bisa melihat dari rating yang ada di Google Maps walaupun rating tidak selalu memberikan hasil yang mencerminkan keadaan sesungguhnya. Namun kalau dalam keadaan terpaksa kita tidak memiliki rekomendasi dari orang-orang terdekat atau orang yang kita percayai, kita bisa melihat rating yang ada di Google Maps yang dimiliki oleh toko gorden yang hendak kita tuju.

Langkah ke-3 adalah pergi ke toko gorden yang kita maksudkan dengan membawa catatan ukuran jendela kita.

Di toko gorden konsumen akan diberikan pilihan jenis kain, warna, dan motifnya, serta modelnya. Tentukan modelnya, tetapi untuk warna bisa ditentukan belakangan. Kenapa? Alasannya ada di langkah keempat.

Tentukan juga motif kain vitrage-nya jika diperlukan.

Harga yang ditawarkan di toko gorden biasanya adalah harga kainnya per meter,  belum termasuk ongkos jahit, kecuali jika disebutkan sudah termasuk ongkos jahit.  Untuk memastikannya sebaiknya kita tanyakan kepada penjual gorden, apakah hal ini tercantum itu sudah termasuk ongkos jahit atau belum. Jika belum maka kita bisa memasukkan biaya jahit.

Pengalaman saya kemarin harga per meter kain gorden blackout adalah Rp70.00,00 belum termasuk ongkos jahit. Ongkos jahitnya Rp 10.000,00.

Setelah itu kita juga harus memilih pipa untuk gorden dan juga aksesoris lainnya.

Mintalah pihak toko gorden untuk menghitung perkiraan total biayanya berdasarkan ukuran jendela yang sudah kita bawa.

Biaya itu adalah meliputi:
Harga kain gorden
Harga kain vitrage
Ongkos jahit
Harga pipa
Harga tutup pipa
Tali pengikat
Asesoris

Tanyakan juga apakah biaya itu sudah termasuk ongkos pasang. Namun dalam pengalaman saya kemarin, tidak ada tambahan biaya untuk pemasangan alias sudah termasuk.

Jangan lupa tanyakan pula berapa lama waktu pengerjaan. Mintalah nomor ponsel penjual untuk mengontrol dan membuat janji untuk hari pemasangannya.

Juga jangan lupa tanyakan berapa persen uang muka yang diperlukan. Kalau pengalaman saya kemarin uang muka 30% dari total biaya, dengan waktu pengerjaan 2 minggu

Biaya-pasang-gorden-2023


Langkah keempat adalah mengukur jendela oleh tukang gorden.

Lho, kan tadi sudah diukur?

Benar. Itu ukuran versi kita. Tukang gorden juga harus melihat langsung ke lokasi untuk mengukur dan menentukan panjang gorden yang diperlukan.

Panjang gorden tidak mungkin pas jendela. Pasti akan dilebihkan untuk unsur estetika.

Namun jangan khawatir. Panjang gorden tidak akan mengubah harga selama panjangnya tidak melebihi panjang kainnya. Harga bertambah hanya ketika lebar gorden bertambah.

Sebagai contoh, kain ini panjangnya 280 cm. Jika panjang gorden jendela kita 200 cm lalu diubah jadi 220 cm, harganya tetap.

Biaya-pasang-gorden-smokering-blackout-minimalis


Pada saat pengukuran itu juga sangat disarankan untuk berkonsultasi mengenai kondisi kusen jendela ataupun tembok yang akan ditempeli. penyangga. Kalau  temboknya tidak cukup nanti tukang gorden bisa memberikan alternatif pemasangan.

Tips memilih warna gorden adalah, warna ditentukan di rumah pada saat pengukuran oleh tukang gorden, bukan saat pertama datang ke toko gorden. Mengapa? Karena  kita akan menyesuaikan dengan warna tembok cat tembok rumah kita atau warna perabotan yang lain. Kecuali jika pilih warna netral maka tidak mengapa.

Kemudian untuk motif dan warna ada baiknya kita menyiapkan alternatifnya. Ada dua pilihan warna atau motif yang bisa kita pilih. Ini untuk berjaga-jaga seandainya stok kain di toko tidak cukup.

Berdasarkan pengalaman saya kemarin, biaya pasang gorden blackout model smokering tanpa vitrage biayanya 3 juta rupiah kurang sedikit. Rincian ukuran jendelanya adalah:
(tinggi x lebar dalam cm)
Jendela A dan B = 200 x 70 (x2)
Jendela C dan D = 175 x 138 (x2)
Jendela E = 150 x 61
Jendela F = 137 x 41 (model kupu-kupu)

Biaya-pasang-gorden-blackout-terbaru



Itulah tips dan biaya pasang gorden blackout terbaru 2023 yang bisa saya rangkum. Semoga bermanfaat. 

Related Posts

2 komentar

  1. Bagus gordennya cocok sama kacanya yang bermotif, kelihatan cantik dan elegan jadinya. Kadang bingung kalau mau pasang gorden, menyesuaikan warna, panjang dan lebar, dan lainnya. Bisa jadi solusi ini mah jasa pasang gorden, terima kasih informasinya!

    BalasHapus
  2. Maturnuwun ilmunya mba. Rumahku juga kordennya masih model jadul..yang pke rel. Ntar klo mau ganti, jd punya gambaran...

    BalasHapus

Posting Komentar