KEB

KEB

BPN

BPN

About Me

About Me
Diah is here! Mom of three boys.

Cara Membuat Origami Amplop Uang Lebaran Yang Cepat, Mudah, Dan Unik

1 komentar

Cara membuat origami amplop uang lebaran yang cepat, mudah, dan unik, cuma butuh waktu dua menit.

Pada waktu lebaran biasanya orang Indonesia memberikan amplop berisi uang kepada kerabat yang masih kecil, misalnya keponakan atau cucu-cucu.

Beberapa tahun belakangan tren penggunaan amplop untuk uang lebaran itu, atau yang sering disebut angpao lebaran, apapun namanya itu, menggunakan amplop yang dicetak dan dijual bebas di toko.

Ada yang gambarnya berupa desain jajanan ringan ataupun minuman ringan yang sangat mirip dengan desain kemasan aslinya tetapi dimodifikasi menjadi desain amplop lebaran.

Nah, lebaran sebentar lagi akan tiba. Mungkin sekitar dua setengah bulan lagi dari sekarang. Ada baiknya bagi yang ingin memberikan amplop lebaran, untuk menyiapkan amplopnya dari sekarang, sambil kita hitung kebutuhan uang yang akan dikeluarkan untuk uang lebaran. 

Cara-membuat-origami-amplop-lebaran

Misalnya setiap anak kita berikan Rp20.000 atau Rp10.000, maka kita bisa menghitung berapa uang kita sediakan, sambil lalu juga kita bisa menyediakan uang yang akan dimasukkan ke dalam amplop tersebut. 

Sehingga pada waktu nanti masuk bulan Ramadan kita tidak akan disibukkan dengan kegiatan yang bersifat keduniawian semata yang menyebabkan kita menjadi melupakan atau menomorduakan kegiatan ibadah di bulan Ramadan. Akan amat disayangkan kalau bulan Ramadan tidak kita isi dan kegiatan ibadah yang pahalanya dilipatgandakan itu. 

Untuk itu, tipsnya adalah sebelum masuk Ramadan ada baiknya kita menyiapkan amplop untuk kita bagikan kepada kerabat. 

Cara Mudah Membuat Origami Amplop Uang Lebaran yang Cepat dan Unik

Nah, saya punya satu cara untuk membuat amplop lebaran sendiri yang tentunya bisa menjadi sesuatu yang tidak ada duanya yang bisa kita buat unik per orang.

Kita sesuaikan dengan karakter kita atau karakter penerima. Bisa kita hias atau kita beri tulisan tertentu sesuai dengan yang kita inginkan. Misalnya kita punya karakter menyukai binatang tertentu seperti kucing, maka kita bisa membuat amplop dengan gambar kucing. 

Atau kita ingin menyesuaikan dengan karakteristik penerima. Misalnya kita sudah memiliki daftar calon penerima si A, si B, si C. Mereka memiliki kesukaan berbeda, maka kita bisa membuatkan amplop berbeda. Misalnya amplop bertema hati untuk si A, amplop bertema robot untuk si B dan tema kendaraan untuk si C. 

Sangat mudah membuat origami amplop lebaran. Yang kita perlukan hanyalah kertas origami, gunting, dan perekat. Saya sudah punya videonya mengenai cara membuat amplop lebaran itu. Teman-teman bisa menyimaknya atau melihatnya di video berikut ini:

Bagi pembaca yang ingin membaca langsung di blog ini, saya tuliskan urut-urutan cara membuatnya dan juga bahan dan alatnya.

Bahan dan alat yang kita perlukan hanyalah kertas origami warna warni. Terserah mau warna apa saja, bermotif atau polos, dua muka atau satu muka, kertasnya mengkilap atau tidak. Terserah. 

Selain kertas origami kita juga bisa memakai kertas lain, misalnya kertas kado ataupun kertas HVS. Namun untuk kertas kado ataupun kertas HVS kita memerlukan sebuah proses lagi sebelumnya yaitu membuatnya menjadi berukuran persegi. 

Kalau kertas origami biasanya ukurannya sudah persegi sehingga memudahkan kita untuk membuat amplop angpao lebaran ini.

Kemudian yang berikutnya adalah gunting dan juga perekat. Perekat ini bisa berupa lem ataupun double tape. Kalau saya memakai double tape karena lebih mudah lebih praktis bagi saya. Secara pribadi saya lebih sering menggunakan double tape untuk pekerjaan kerajinan tangan dari kertas.

Kemudian, cara membuatnya. Mudah sekali. Kertas origami itu kita ambil, kemudian kita lipat menjadi tiga bagian. Bagian kanan dan kiri dilipat ke tengah sehingga bagian tepinya atau ujung-ujungnya bertemu di tengah. 

Origami-amplop-lebaran-mudah-cepat-unik


Kita bisa juga gunakan uang kertas sebagai ukuran. Misalnya kan kita akan memberikan uang 10.000-an didalamnya, maka kita ambil uang Rp10.000 satu lembar, kita letakkan di tengah lalu kita gunakan sebagai ukuran untuk melipatnya. Namun jangan lupa berikan sedikit ruang lebih, tidak pas sekali dengan lebar uang, sehingga kita bisa memasukkan dan mengeluarkan uang dengan mudah.

Setelah kita lipat menjadi 3 bagian dengan bagian dengan kedua tepinya bertemu di tengah, lalu lipat bagian ujung-ujungnya yang terbuka sedikit saja. Nanti akan kita gunakan untuk menutup amplop tersebut. 

Setelah kita lipat kemudian kita gunting bagian tepinya sehingga membentuk segitiga. Keempat ujungnya kita gunting, kemudian bagian yang dalam kita gunting, sehingga hanya menyisakan satu bagian paling luar yang kita gunakan untuk menutup amplop.

Cara-bikin-origami-amplop-lebaran

Setelah selesai semua lalu kita beri perekat. Kita rekatkan bagian tengah dan salah satu dari ujungnya. 

Sebenarnya setelah ini sudah selesai. Nah, tinggal kita lakukan langkah terakhir. Ini bisa dilewati atau bisa dilakukan juga, yaitu menghias amplop tersebut.

Kita bisa menghiasnya dengan memberi gambar, memberi tulisan, menempelkan stiker atau apapun yang bisa kita lakukan secara kreatif.

Kita juga bisa memberikan nama pada masing-masing amplop. Jika kita ingin memberikan amplop secara spesifik atau unik secara khusus kepada setiap orang, kita bisa memberikan nama di setiap amplop. 

Nah, itulah cara membuat amplop origami uang lebaran atau origami amplop angpao lebaran. Sangat mudah dan bisa dikerjakan dengan sangat cepat hanya memakan waktu kurang lebih dua menit untuk setiap amplop. Ini sangat unik, memberikan kesan mendalam bagi penerimanya karena bisa kita modifikasi sesuai dengan keinginan kita. Tentu saja isinya juga berkesan bagi penerima. 

Semoga bermanfaat. 

Related Posts

1 komentar

  1. Waa..ide bagus, mumpung meh lebaran. Ngirit dan bisa memberdayakan anak2 untuk terlibat mbuatnya...drpd mung do mager dolanan hp ra uwis2

    BalasHapus

Posting Komentar