KEB

KEB

BPN

BPN

About Me

About Me
Diah is here! Mom of three boys.

Pengertian Distribusi Jasa Digital dan Contoh Platformnya

Pengertian distribusi jasa seringkali membuat penasaran. Apanya yang didistribusikan? Sebagimana yang kita tahu, proses pemasaran barang dan jasa melibatkan produsen, distributor dan konsumen. Barangkali yang terbayang dalam benak kita ketika mendengar istilah pengertian distribusi adalah sebuah proses pengangkutan barang dengan armada. 

Distribusi ialah proses penyampaian produk dari produsen kepada konsumen. Distribusi merupakan bagian dari rantai pemasaran. Distribusi memegang peran penting dalam pemasaran, sebab melalui distribusilah produk dapat dinikmati oleh konsumen. 

Bayangkan jika tidak ada distribusi. Produk yang dibuat atau dikreasikan oleh produsen tidak bisa sampai ke tangan konsumen. Akibatnya proses pemasaran terganggu. 

Distribusi juga memiliki peran dalam meratakan penyebaran produk ke berbagai wilayah sehingga memudahkan konsumen memperoleh produk. 

Ada setidaknya dua macam distribusi, yakni distribusi langsung dan tidak langsung. Yang dinamakan distribusi langsung adalah produsen berperan sebagai distributor sekaligus. Misalnya tukang cukur menjual langsung jasanya kepada konsumen dengan cara menangani langsung pencukuran rambut. 

Jenis distribusi yang kedua adalah distribusi tidak langsung yang melibatkan distributor dalam rantai pemasaran. Misalnya distribusi jasa tenaga asisten rumah tangga melalui agen kepada konsumen rumah tangga. Asisten rumah tangga berfungsi sebagai produsen, agen berperan sebagai distributor, dan rumah tangga sebagai konsumen. 

Bagaimana dengan distribusi jasa produk digital?
Apakah distribusi digital itu? Sebagian orang barangkali akan langsung menghubungkannya dengan pengertian distribusi pada umumnya. Namun, ada tambahan kata 'digital' sesudah kata distribusi. Apakah maknanya sama?

Sebelum melangkah pada pengertian distribusi digital, alangkah baiknya bila kita memahami dulu arti distribusi dan arti digital.

Pengertian-distribusi


Mengenal Pengertian Distribusi Digital


Sebagaimana yang sudah kita bahas sebelum ini, distribusi memiliki makna proses penyampaian produk, baik barang maupun jasa, dari produsen kepada konsumen. 

Apakah itu digital? Digital sering disebut sebagai keadaan teknologi terkini yang terkait dengan komputer dan internet. Era digital digambarkan sebagai sebuah masa ketika banyak hal bisa dilakukan dengan bantuan teknologi internet, dan dengan meninggalkan cara-cara manual.

Dengan demikian pengertian distribusi digital adalah segala bentuk penyampaian produk dari produsen konten digital, baik berupa audio, video,  ebook, gambar, teks pdf, software, dan games sehingga produk tersebut dapat disaksikan atau diunduh konsumen melalui internet. 

Distribusi digital melibatkan platform yang memfasilitasinya. Beberapa platform sudah sangat populer sehingga kita mengenalnya dengan baik. Berikut ini beberapa platform yang tersedia di Indonesia.

Contoh Platform Distribusi Digital

Barangkali karena saking seringnya kita menggunakan atau mendengar nama platform berikut ini, sampai-sampai kita tidak menyadari bahwa nama-nama ini adalah platform distribusi digital. 

1. Tontonan
Platform layanan video, film, dan serial yang bisa disaksikan masyarakat saat ini yang paling populer barangkali adalah YouTube. Banyak sekali konten kreator yang menjual jasanya, dalam bentuk video tutorial misalnya, di platform ini. Selain itu juga ada Netflix yang menghadirkan layanan streaming berbayar.

2. Perpesanan
Platfom perpesanan atau chatting banyak digunakan di Indonesia. Selain berfungsi untuk bertukar pesan, informasi, motivasi, dan pengumuman, platform ini juga digunakan untuk mendistribusikan barang dan jasa. Misalnya jasa mengajar online yang banyak dilakukan para guru selama masa pandemi Covid-19. Contohnya adalah Whats App, Line, dan Telegram.

3. Media Sosial
Sudah bukan rahasia lagi bila Facebook menjadi salah satu platform berjualan jasa yang banyak penggunanya. Kita bisa menemukan jual-beli berbagai jasa. Misalnya jasa desain, terjemahan, dan sebagainya. 

Ada juga Instagram yang dirilis perdana pada 2010.  Platform ini sudah menjadi bagian kehidupan konten kreator. Bermacam-main cam layanan jasa bisa ditemukan di sini. Kita bisa mencari tutorial, pendidikan, tips, dan kelas-kelas online yang ditawarkan pembuat konten.

4. Pencari kerja
Platform seperti LinkedIn banyak digunakan pencari kerja dan pencari pekerja. Pencari kerja freelance bisa menawarkan jasa mereka dengan optimal dengan dukungan atmosfer penggunanya yang cenderung profesional. Selain LinkedIn kita juga bisa menemukan platform pencari kerja lain seperti Upwork, dan Fiver.

5. Transportasi
Gojek merupakan produsen penyedia jasa ojek online yang populer. Perusahaan mendistribusikan jasanya melalui para pengemudi yang memberikan layanan kepada konsumen. Selain Gojek juga ada Grab. Semua transaksi dilakukan secara online dengan bantuan internet.

Itulah pengertian distribusi jasa digital dan contoh platformnya. Semoga bermanfaat.

Related Posts

Posting Komentar