KEB

KEB

BPN

BPN

About Me

About Me
Diah is here! Mom of three boys.

Cara Mengatasi Nasi Cepat Bau dan Kuning di Magic Com

Cara mengatasi nasi cepat bau dan kuning di magic com. Magic com sudah menjadi bagian hidup orang Indonesia sehari-hari. 

Di kota kabupaten dan pedesaan seperti tempat saya tinggal pun demikian. Tentu saja masih ada yang memasak nasi dengan kompor atau dengan tungku kayu. Namun kemudahan memasak nasi dan menghangatkan nasi dengan magic com tetap punya penggemar.

Kalau dulu orang yang memilih memasak nasi secara otomatis biasanya menggunakan rice cooker dan menghangatkannya dengan magic jar. Sekarang hanya perlu satu alat untuk memasak dan menghangatkan nasi sekaligus, yaitu magic com.

Bahkan magic com juga menawarkan fasilitas mengukus, tetapi saya pribadi belum pernah mencobanya. 

Sebagaimana yang saya yakini, produk atau jasa karya manusia yang memberikan banyak kemudahan pada umumnya malah punya banyak kekurangan dibandingkan dengan produk atau jasa spesialis satu layanan. 

Produk yang menawarkan sekian in 1, misalnya, bagi saya malah terdengar aneh. Kalau cuma 2 in 1 masih masuk akal bagi saya, tetapi jika banyak in 1...hmmm, sepertinya kok terlalu berlebihan. 

Tentu saja ini pemikiran saya saja. Pembaca boleh setuju, boleh tidak.

Penyebab Nasi Cepat Bau dan Lembek di Magic Com

Pernah suatu ketika nasi yang saya masak cepat bau dan lembek. Lalu ART saya bilang kalau itu berarti ada sesuatu. Bau nasi basi pertanda apa? Katanya pertanda ada kerabat yang sakit. Eee...ada-ada aja.

Katanya, "Iya, lho, Bu. Biasanya kalau masak nasi kok cepet bau itu pertanda ada saudara jauh yang lagi sakit."

Apa hubungannya seeeh...embuh. Orang kita kadang-kadang suka kadang-kadang deh. Kisah mitosnya kadang ada yang sangat ga masuk akal. Misalnya kayak mitos cuaca dingin gara-gara pohon mangga berbunga. Eh, hello...itu memang pas musimnya.

Nah, terus apa sih sebenarnya penyebab nasi cepat basi di magic com? Nah, setelah mendengar dari tukang reparasi alat elektronik, saya baru tahu kalau nasi cepat lembek dan bau itu karena ada yang ga beres dengan magic com-nya dan juga bisa jadi karena kesalahan pengguna.

Kenapa masak nasi bau di magic com? Ada beberapa kemungkinan penyebabnya. Kita lihat satu-satu, ya.

Nasi-cepat-bau-lembek-magic-com

Yang pertama adanya sisa nasi yang menempel di bagian dalam tutup atau pinggiran bagian dalam magic com. Nasi lama ini kemudian berbau dan bisa menulari nasi baru.

Ini paling umum terjadi kayaknya deh. Nasi yang diambil serampangan juga kadang nempel di pinggiran magic com. Atau satu-dua-tiga butir nasi yang jatuh di bagian pinggir. Ada juga yang menempel di bagian dalamnya tutup.

Kalau dibiarkan, semut bisa datang menghampiri, atau nasi jadi membusuk di tempat. Jika membusuk, jelas bisa bikin nasi yang baru dimasak jadi bau.

Solusinya mudah banget. Setiap hari bersihkan sisa nasi yang menempel. Jangan tunggu sampai sisa nasi menumpuk apalagi sampai berjamur. Hiii...jorok banget!

Sebetulnya kalau tiap hari dibersihkan itu enak. Sisa nasi masih mudah disingkirkan. Benar, kan?

Yang kedua, bisa juga nasi cepat bau karena air di bagian penampungan tidak segera dibuang. Hmm...kalau ini sepertinya adanya di magic com model lama, ya. Memang sih air yang di bagian itu lama-lama bisa berbau busuk. 

Biar nasi ga cepat bau, ya rajin-rajinlah membersihkan magic com. Mudah kok. Bisa pakai tisu basah atau serbet yang dilembapkan.

Yang ketiga, bisa jadi nasi cepat lembek dan bau karena kerusakan pada elemen pemanas di bagian dalam tutup sehingga uap air kembali turun ke nasi.

Kalau masalah yang ini solusinya jelas harus diperbaiki di tukang servis elektronik.

Yang keempat, nasi cepat bau bisa jadi karena magic com kemasukan cicak. Kok bisa?

Kadang kan ada tuh, kita selesai pakai magic com, pancinya kita cuci, magic com kita biarkan terbuka. Nah di saat inilah kadang ada cicak masuk cari sisa nasi. 

Kemudian...ini yang ngeri...kita datang bawa panci magic com mau masak nasi. Si cicak pastinya mau kabur dong lihat kita datang. Mau lari ga bisa, akhirnya dia sembunyi di bawah di dekat per. 

Menurut dia aman sih karena ga kelihatan sama kita, tapi...lalu panci berisi beras dan air itu kita masukkan, kita tutup magic com dan kita pencet tombol 'cook'. Gepenglah si cicak.

Kira-kira kita masak apa coba???

Horor banget!

Itulah sebabnya saya jarang biarkan magic com kosong terbuka. Kalaupun dibuka, misalnya sambil ditinggal cuci piring, saya pastikan diawasi dan segera ditutup lagi. Tipsnya: tutup magic com jika tidak digunakan agar cicak tidak masuk!

Penyebab Nasi Terlalu Kering dan Menjadi Kuning di Magic Com

Persoalan lain yang berkaitan dengan magic com adalah nasi cepat kering dan terlihat kekuningan. Nasi model begini tentu saja jadi ga enak dimakan, meskipun diguyur kuah segambreng sekalipun.

Kebanyakan kalau sudah begini, nasib nasi akan berakhir di pembuangan, atau jadi pakan ayam, atau dijemur di bawah sinar matahari sampai kering beneran dan dijadikan kerupuk.

Tapi kan nangis banget kita kalau buang-buang nasi. Gimana cara memasak nasi di magic com agar tidak kuning?

Cara memperbaiki rice cooker nasi cepat kering dan kuning itu ya cuma bisa diservis. Kemungkinan thermostat alias alat pengatur panas disetel terlalu tinggi, bisa sampai 175°C. Tukang servis elektronik bisa mengatasinya dengan cara menurunkan suhu thermostat ke angka 155-165°C.

Tips Perawatan Magic Com Agar Nasi Tidak Cepat Bau

Sekian lama pakai magic com, saya punya beberapa tips perawatan agar nasi yang dimasak tidak cepat bau di magic com.

Pertama, saya sediakan satu panci magic com cadangan. Untuk berjaga-jaga saat panci yang satu harus direndam dulu sebelum bisa dicuci.

Beli panci cadangannya bisa bersamaan pas beli magic com-nya atau beli dengan spesifikasi yang sama. 

Kedua, istirahatkan magic com untuk beberapa hari. Saat seperti ini saya beralih ke seni memasak nasi manual tanpa cekrek, alias pakai panci dan dandang di atas kompor. 

Saat diistirahatkan ini kita bisa deep clean si magic com. 

Bisa juga sih dengan punya 2 magic com kalau dirasa perlu.

Ketiga, pastikan tangan bersih saat mau masak nasi. Juga, kita bisa tambahkan daun salam, atau daun pandan, atau daun jeruk saat memasak nasi. Aromanya menyenangkan dan bikin nasi tidak cepat bau. 

Ini berlaku juga saat menghangatkan nasi, ya. Tambahin daun tadi dan hasilnya lebih wow.

Demikian cara mengatasi nasi cepat bau dan kuning di magic com. Semoga bermanfaat.

Related Posts

Posting Komentar