Tips Rajin Cuci Piring Dengan Sunlight Pro

 

Tips-rajin-cuci-piring-sunlight-oro

Hai, assalamu alaikum.

Cuci piring dan peralatan makan serta perabot dapur memang sudah jadi kewajiban sehari-hari. Kadang dalam sehari bisa mencuci piring sampai lima kali. Atau bahkan lebih. Meskipun sudah jadi kegiatan harian, kita perlu tahu tips rajin cuci piring dengan Sunlight Pro cuci piring. Iya, ngaku aja, deh. Pasti ada yang malas cuci piring. Iya, kan?

Sebetulnya cuci piring itu kegiatan yang mengasyikkan juga lho. Soalnya kita bisa sambil main air dan sabun. Berasa main gelembung sabun, ya, kan? Hahaha...

Meski begitu, kita hormati juga pendapat orang yang mengatakan kalau cuci piring itu ga asyik. Eh, gimana?

Iya, sih. Terutama kalau cucian piring menumpuk, sedangkan kita nyucinya manual, ga pakai alat untuk mencuci piring.

Nah, biar kita rajin cuci piring, berikut ini beberapa tips yang sangat mudah untuk diterapkan. Baca terus, ya!

Disclaimer: yang dimaksud 'cuci piring' di sini adalah mencuci alat makan termasuk piring, gelas, sendok, garpu, pisau, sumpit dan alat makan lainnya.

Jadi Rajin Cuci Piring Dengan Tips Ini

Tips berikut ini sangat riil, bisa diterapkan di rumah. Hanya saja perlu kekuatan hati untuk konsisten. Beneran.

Apa saja tipsnya? Ini dia.

Siapkan tempat sampah di dekat tempat cuci piring

Ini penting banget. Sebelum mulai nyuci piring, siapkan tempat sampahnya dulu karena kita hampir pasti memproduksi sampah organik dari sisa makanan seperti tulang atau bumbu yang tak bisa dimakan, misalnya lengkuas atau daun jeruk.

Kalau sudah ada, bagus! Kita bisa mulai mencuci piring. Dekatkan posisi tempat sampah dengan tempat kita berdiri atau duduk agar mudah dijangkau.

Buang semua sisa makanan terlebih dulu ke tempat sampah agar acara mencuci piring lebih mudah dan cepat.

Oh iya, jangan lupa memilah sampah organik dari anorganik, ya. Cara memisahkannya ada di artikel ini atau di video ini. Untuk membuat tempat sampah biasa jadi tempat sampah dwifungsi juga bisa dilihat di video ini.

Cuci piring tiap selesai makan

Tumpukan piring memang bikin sebel. Oleh karena itu sangat dianjurkan untuk segera mencuci piring selesai makan.

Seandainya, seandainya nih, terpaksa menumpuk alat makan dulu gimana? Misalnya terburu-buru hendak pergi? Triknya adalah dengan mengelompokkan alat yang sejenis. Piring dengan piring, gelas dijejer berdekatan. Sendok disendirikan lagi. Oh iya, tetap jangan lupa buang dulu sisa makanannya, ya.

Lalu, siramkan air hingga masuk ke sela-sela tumpukan. Ini dilakukan agar sisa makanan yang ukurannya kecil di permukaan alat tetap lembek dan nanti mudah dibersihkan.

Kalau sisa makanan telanjur mengeras, rendam sebentar lalu gosok dengan permukaan sabut cuci piring yang kasar atau dengan sabut kawat bila perlu. Gosok lembut saja. Kalau masih keras juga, rendam lagi atau rendam dengan air hangat.

Wajibkan anggota keluarga untuk cuci piring sendiri

Nah, ini bisa dilakukan dengan syarat semua anggota keluarga yang sudah mampu. Anak kelas satu SD pun sudah bisa dilatih untuk mengerjakan ini. Dengan pendampingan tentunya.

Kalau tiap orang mencuci piring sendiri akan lebih mudah. Sangat baik untuk mengasah kekompakan keluarga.

Tips-rajin-cuci-piring-dengan-sunlight-pro
Jadi rajin cuci piring


Cuci peralatan memasak sesegera mungkin


Ibu saya selalu mengajarkan untuk mencuci peralatan memasak sesegera mungkin. Jangan tunggu sampai selesai memasak. Misalnya, cuci talenan dan pisau setelah selesai memotong dan mengiris. Kalau rutin dilakukan, akan sangat mempermudah urusan cuci piring.

Untuk panci dan wajan gosong atau berkerak, segera rendam dengan air atau air hangat untuk memudahkan pengelupasan kerak.

Cuci berdasar jenisnya

Kalau nasihat bapak saya, urutan mencuci piring yang benar itu adalah cuci gelas dulu, setelah itu baru sendok, garpu, lalu piring. 

Panci, wajan itu terakhir. Tujuannya agar bau amis dari piring tidak menyebar ke gelas.

Pakai sabun cuci piring dan sabut yang tepat

Mencuci piring dengan sabun cuci piring yang tepat dan juga sabut yang baik kualitasnya sangat mempermudah proses cuci piring cepat selesai.

Sabun cuci piring yang baik itu bisa membersihkan dengan cepat, irit dan tidak panas di kulit.

Pastikan ruangan mencuci piring bersih dan terang

Jujur saja, kalau mencuci piring di tempat yang gelap apalagi kotor itu bikin ogah. Gimana mau nyuci kalau masuk ke ruangannya saja sudah malas?

Pasang lampu yang terang saat malam atau buka jendela atau pintu di saat siang untuk mendapat cahaya yang cukup. Ruangan yang gelap dan kotor bikin tidak nyaman dan juga rawan jadi sarang penyakit. Misalnya jadi kamar tidurnya tikus. Ih, serem!

Mencucilah saat air mengalir deras

Di rumah kami pakai air dari PDAM. Di jam-jam tertentu air mengalir deras. Nah, momentum kayak gini ini pas banget buat nyuci piring dan juga baju.

Kalau saya sedang mencuci piring di jam sibuk, air tidak deras alias sedang, biasaya saya instruksikan untuk menutup semua keran kecuali keran cuci piring. Hahaha...

Mencuci piring saat air deras itu sungguh membantu sekalipun cuci piringnya di bawah, bukan di wastafel.

Nah, itu tadi tips rajin cuci piring. Semoga yang rajin makin rajin, yang malas jadi rajin.

4 Komentar

  1. Raka mbareng sekolah online Iki tak Kon nyuci piring e dewe mba. Ben ngerti gawean omah sithik2... Klo ga gitu, cepet banget nambahnya. Klo dia punya tanggungjawab nyuci kan minimal nggak trus boros.. sitik2 ganti piring..ganti gelas.

    BalasHapus
  2. memang sebaiknya tiapa nggota klg cuci piring sendiri, dulu dau anakku dari sd sdh cuci piring dan semua piring diganti dg piring plastik biar gak pecah

    BalasHapus
  3. Jujurnya segala kerjaan yg hrs pake sabun detergen ato cuci piring, aku kurang suka hahahaha. Kalo pas asisten2 ku pada mudik, bagi tugas Ama suami, dan urusan yg pake sabun2an gitu, dia yg ngerjain. Aku LBH milih setrika aja, dan vacum ruangan :D

    Tapi sabun cuci piring ttp dari dulu selalu sunlight dong ;) . Ini kayaknya dr zaman mamaku sih, udh pake produk itu trus

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung. Silakan berkomentar dengan baik dan sopan.

Mohon maaf, segala komentar spam, yang berisi link hidup atau yang menyebabkan broken link serta komentar yang mencantumkan identitas tidak jelas akan dihapus.

Komentar yang masuk tidak selalu saya balas.

Terima kasih.