KEB

KEB

BPN

BPN

About Me

About Me
Diah is here! Mom of three boys.

Cara Menghafal Surat Al-Kahfi Bagi Pemula

Bagaimana cara menghafal surat Al-Kahfi bagi pemula? Mudahkah menghafal surat Al-Kahfi? Surat Al-Kahfi merupakan surat ke-18 dalam Al-Quran. Terdiri dari 110 ayat dan merupakan bagian dari juz ke-15 dan 16. Surat Al-Kahfi didahului oleh surat Al-Isra dan diikuti dengan surat Maryam.

Surat Al-Kahfi yang dalam Bahasa Indonesia berarti 'goa' ini menceritakan beberapa kisah, yaitu: pemuda ash-habul kahfi; pemilik kebun yang beriman dan yang tidak beriman; Nabi Musa dan Nabi Khidir; serta perjalanan Dzulqarnain dan pengurungan Yakjuj dan Makjuj.

Menghafalkan Surat Al-Kahfi Ayat 1-10

Dalam sebuah hadits sahih, Rasulullah shalallahu alaihi wa sallam bersabda, "Siapa yang menghafal sepuluh ayat pertama dari surat Al-Kahfi, maka ia akan terlindungi dari Dajjal.” (HR. Muslim no. 809).

Dalam riwayat lain disebutkan, “Dari akhir surat Al-Kahfi.” (HR. Muslim no. 809).

Itulah keutamaan menghafal surat Al-Kahfi ayat 1-10. Untuk itu sebaiknya setiap muslim berusaha menghafal Al-Kahfi atau setidaknya 10 ayat pertama atau 10 ayat terakhir agar terhindar dari fitnah dajjal di akhir zaman.

Sebagian muslim membaca surat Al-Kahfi di malam atau hari Jumat berdasar hadits “Barangsiapa yang membaca surat Al Kahfi pada malam Jum’at, dia akan disinari cahaya antara dia dan Ka’bah.” (HR. Ad Darimi).

“Barangsiapa yang membaca surat Al Kahfi pada hari Jum’at, dia akan disinari cahaya di antara dua Jum’at.” (HR. An Nasa’i dan Baihaqi).

Cara Menghafal Surat Al-Kahfi Bagi Pemula

Surat Al-Kahfi termasuk panjang. Bisakah kita menghafalnya? Insya Allah bisa. Kalau menghafal juz amma barangkali lebih mudah karena terdiri dari sebagian besar surat-surat yang sangat pendek.

Namun, tak perlu kecil hati. Bagi pemula tentu perlu teknik yang lebih memudahkan mengingat ada 110 ayat yang harus dihafalkan. Cobalah cara berikut ini.

Mendengarkan berulang-ulang bacaan surat Al-Kahfi

Jadikan niat yang kuat untuk menghafalnya. Putarlah bacaan surat Al-Kahfi di tempat yang dibolehkan, misalnya di ruangan pribadi atau kendaraan pribadi. Dengarkanlah lantunan ayat Al-Quran saat di perjalanan atau menjelang tidur. Ini lebih baik bagi orang Islam daripada mendengarkan musik hingga tertidur.

Supaya enak di telinga, pilih qori yang disukai. Saat ini sudah tersedia banyak sekali pilihan. Bisa unduh dari internet atau nonton di YouTube. Atau bisa juga merekam suara sendiri dan memutarnya berulang-ulang.

Cara-menghafal-surat-al-kahfi

Membaca surat Al-Kahfi secara rutin setiap pekan 1 halaman selama 1 bulan

Jika bisa, gunakan Al-Quran pojok (untuk hafalan) agar lebih mudah. Baca juga terjemahannya agar lebih mudah ingat.

Kita bisa mulai dengan menghafalkan 10 ayat pertama. Baca 10 ayat pertama setiap Jumat selama 1 bulan. Lama-lama kita bisa melafalkan 10 ayat pertama tanpa melihat mushaf. Sehingga menjadi seperti ini:

  • Bulan pertama: ayat 1-10
  • Bulan kedua: ayat 1-15
  • Bulan ketiga: ayat 1-20
  • Bulan keempat: ayat 1-27
  • Bulan kelima: ayat 1-34
  • Bulan keenam: ayat 1-45 
  • Bulan ketujuh: ayat 1-53
  • Bulan kedelapan: ayat 1-61
  • Bulan kesembilan: ayat 1-74
  • Bulan kesepuluh: ayat 1-83
  • Bulan kesebelas: ayat 1-97
  • Bulan keduabelas: ayat 1-110.

Tentu saja jika mampu kita membaca keseluruhan surat Al-Kahfi kita bisa membacanya langsung dari ayat 1-110 tiap Jumat. Namun bila terasa berat bagi pemula atau anak-anak, bisa dicoba dengan cara seperti itu. Tidak terasa lama-lama surat Al-Kahfi sudah bisa kita hafal. 

Bila terasa berat atau belum bisa membaca satu surat hingga selesai secara langsung, kita bisa membaca surat Al-Kahfi dengan cara dibagi. Misalnya di malam Jumat sesudah salat maghrib sekian ayat, kemudian setelah salat isya sekiab ayat. Dilanjutkan sebelum subuh sekian ayat dan sesudah salat subuh sekian ayat. 

Untuk itu kita butuh niat yang lurus dan kuat serta kesabaran dan kemauan yang tinggi.

Baca terjemahannya dan ajak anggota keluarga atau teman

Ada baiknya kita membaca juga terjemahannya untuk menguatkan ingatan. Lebih baik lagi jika ada Al-Quran terjemahan per kata. Namun bila tak ada, tidak mengapa. Membaca terjemahannya membantu kita 'menandai' kisah apa yang tengah diceritakan Allah lewat Al-Quran. 

Biar lebih bersemangat, ajak juga anggota keluarga lain untuk menghafal. Atau teman, tetangga, dll. Kita bahkan bisa memanfaatkan grup WA atau Telegram untuk mengakomodasi ini. Menghafal bersama, saling memberi semangat, semoga mendatangkan pahala dan berkah.

Membaca Al-Kahfi Saat Haid 

Membaca Al-Quran saat haid memang tidak diperbolehkan bila kita pegang mushafnya. Namun bila kita mengulang bacaannya dengan tidak memegang mushaf, ada ulama yang membolehkan, misalnya dengan membuka aplikasi Al-Quran di ponsel.

Jika kita ragu akan boleh-tidaknya membaca Al-Quran dari ponsel saat sedang haid, kita bisa memanfaatkan hafalan kita. Kita bisa mengulang-ulang membaca bagian dari surat Al-Kahfi yang sudah berhasil kita hafalkan, atau dengan memutar rekaman bacaan surat tersebut dan menirukannya. Dengan begitu sambil sekaligus kita menguji hafalan kita.

Demikian cara menghafal surat Al-Kahfi bagi pemula. Semoga bermanfaat dan selamat menghafal.

Related Posts