KEB

KEB

BPN

BPN

About Me

About Me
Diah is here! Mom of three boys.

PPKM Level 4 Sampai Tanggal Berapa Dan Mau Gimana Lagi

3 komentar

PPKM Level 4 sampai tanggal berapa? Kabar terbarunya adalah PPKM Level 4 di Jawa-Bali diperpanjang lagi. Sampai kapan? 

Sepertinya kabar yang paling ditunggu masyarakat malam kemarin (9 Agustus 2021) adalah pengumuman tentang kabar pembatasan kegiatan masyarakat mau diperpanjang atau tidak. Dan betul juga. Google Trends dini hari ini menunjukkan pencarian teratas adalah untuk itu.

Kemarin pagi pas saya cari sarapan, penjual nasi pecel tempat saya beli sudah berkomentar, "Ah, ga tau lah. Mau diperpanjang apa enggak!"

Ppkm-level-4-sampai-tanggal-berapa


Komentar serupa juga dilontarkan petugas di warung ayam geprek dekat rumah. Katanya jam buka adalah sampai jam 20.00, baik ada patroli ataupun tidak. Lagipula, warung dan toko di sekitar situ juga kompak tutup jam segitu. 

Pandemi Covid-19, pembatasan dengan berbagai nama, jelas memukul rakyat banyak. UMKM sudah banyak yang kolaps. Gulung tikar. Utamg tak terbayar. Orang kelaparan mulai muncul di sana-sini. Nangis!

Sepertinya orang kecil yang sudah biasa hidup pas-pasan juga sudah makin tak tahan. Nangis, pokoknya nangis lihat kenyataan ini.

Sabtu malam lalu saya beli mie goreng di warung dekat rumah. Sambil menunggu, saya jadi trenyuh sendiri. Warung ini, dan warung serta tempat usaha lain, sudah bertahan selama pandemi. Bahu-membahu dengan yang lain, menggerakkan roda perekonomian. Kita saling bantu. Rakyat bantu rakyat.

Yang masih bisa bertahan, masya Alloh, luar biasa. Yang masih bisa bersedekah apapun bentuknya, ayo keluarkan. Yang bisa vaksin, ayo vaksin. Pakai masker, jangan berkerumun, cuci tangan pakai sabun, berjemur, jaga kesehatan. Apalagi?

Jadi, PPKM Level 4 sampai tanggal berapa? Diperpanjang hingga 16 Agustus 2021. Semoga Alloh lindungi kita dari keburukan di dunia dan akhirat. Aaamiiin.

Related Posts

3 komentar

  1. Besok diperpanjang lagi nggak ya..? Tapi lama kelamaan aku liat jadi makin abai klo kelamaan..luweh2 klo.bahasa Jawanya.

    Dilema juga sih. Ekonomi vs kesehatan. Kadang kebijakan juga kesannya setengah hati...

    BalasHapus
  2. sedih ya mba liat para pedagang makanan. Adik ipar saya juga yang biasanya jual makanan di stadion karena ppkm jadi rehat dulu

    BalasHapus
  3. Saya sejak awal Juni aja, saya udah milih pulang kampung aja mba, karena sejak awal Juni pun dagang online-nya udah susah. Kalau mundur2 lagi, mungkin saya udah terjebak dg ppkm level2 ini. Adek yg masih di Jkt juga cerita, duh makanan gerobakan udah pada tumbang, kak. jadi bingung mau beli makanan. Karena untuk nyari yg murah, mending suaminya keluar sebentar aja beli makanan gerobakan.

    BalasHapus

Posting Komentar