KEB

KEB

BPN

BPN

About Me

About Me
Diah is here! Mom of three boys.

Bedanya Radhiyallahu Anhu dengan Radhiyallahu Anhuma?

Bedanya Radhiyallahu Anhu dengan Radhiyallahu Anhuma apa? Mengapa ada sahabat yang disebut dengan gelar Radhiyallahu Anhu/Anha, dan ada yang bergelar Radhiyallahu Anhuma?

Sahabat dan sahabiyah Rasulullah shalallahu alaihi wasallam mendapatkan gelar radhiyallahu anhu bagi sahabat laki-laki, dan radhiyallahu anha bagi sahabiyah atau sahabat perempuan.

Yang dimaksud dengan sahabat Rasulullah shalallahu alaihi wasallam adalah orang yang beriman yang hidup sezaman dan pernah berjumpa dengan Rasulullah shalallahu alaihi wasallam. Misalnya: Abu Bakar, Umar bin Khaththab, Utsman bin Affan, Ali bin Abi Thalib, Zaid bin Haritsah, Saad bin Abi Waqqash, Amr bin Ash, Khadijah binti Khuwailid, Aisyah binti Abu Bakar, Fathimah binti Muhammad, dan banyak lagi.

arti-radhiyallahu-anhu

Arti Radhiyallahu Anhu

Dalam banyak tulisan, misalnya, Abu Bakar sering disebut dengan Abu Bakar r.a. atau disingkat Abu Bakar radhiyallahu anhu. Arti radhiyallahu anhu adalah semoga Allah Subhanahu Wa Ta'ala meridhoinya.

Aisyah pun disebut dengan Aisyah radhiyallahu anha atau disingkat Aisyah r.a., yang berarti semoga Allah meridhoinya. Sama. Hanya beda di akhiran -hu untuk laki-laki dan -ha untuk perempuan.

Misalnya, dalam sebuah riwayat, dikisahkan percakapan seorang perempuan dengan Aisyah sebagai berikut:

جاءت امرأة إلى عائشة رضي الله عنها، فقالت لها:
- من أعظم الناس عليَّ حقًّا؟
- قالت: زوجك
- قالت: فمن أعظم الناس عليه حقًّا؟
رجاء أن تجعل لها عليه نحو ما جعلت له عليها
- فقالت: أمه".

Ada seorang wanita yang datang kepada Aisyah radhiyallahu anha

Dia bertanya, "Hak siapa yang paling besar yang wajib aku tunaikan?"

Beliau berkata, "Suamimu."

Dia kembali bertanya, "Lantas, hak siapa yang paling besar yang wajib ditunaikan suamiku?"

Dia berharap Aisyah menjawab bahwa dirinya memiliki hak yang sama dengan hak yang dia tunaikan kepada suaminya.

Namun, Aisyah menjawab, "Ibunya."

Arti Radhiyallahu Anhuma

Sedangkan sahabat Abdullah bin Umar atau biasa disebut dengan Ibnu Umar, biasa disebut dengan Ibnu Umar radhiyallahu anhuma. Mengapa begitu?

Untuk radhiyallahu anhuma artinya mendoakan dua orang sekaligus. Dalam kasus ini, Abdullah adalah anaknya Umar bin Khaththab, jadi pengucapan radhiyallahu anhuma adalah untuk mendoakan kedua sahabat Rasulullah tersebut, Abdullah dan Umar.

Adapun radhiyallahu anhum ditujukan untuk menyebut sahabat yang jumlahnya banyak (lebih dari 2 orang).

Mengapa Ucapan Radhiyallahu Anhu Hanya Untuk Sahabat ?

Karena Allah Subhanahu Wa Ta'ala menyebut keridhoan kepada mereka pada surat Al-Bayyinah (surat ke-98) ayat 8:

جَزَآؤُهُمْ عِندَ رَبِّهِمْ جَنَّٰتُ عَدْنٍ تَجْرِى مِن تَحْتِهَا ٱلْأَنْهَٰرُ خَٰلِدِينَ فِيهَآ أَبَدًاۖ رَّضِىَ ٱللَّهُ عَنْهُمْ وَرَضُوا۟ عَنْهُۚ ذَٰلِكَ لِمَنْ خَشِىَ رَبَّهُۥ 

Artinya:

Balasan mereka di sisi Tuhan mereka adalah surga 'Adn yang mengalir di bawahnya sungai-sungai; mereka kekal di dalamnya selama-lamanya. Allah rida terhadap mereka dan mereka pun rida kepada-Nya. Yang demikian itu adalah (balasan) bagi orang yang takut kepada Tuhannya.

Keutamaan sahabat Nabi sangat besar sehingga mereka pantas mendapatkan ridho Allah. Mereka adalah orang-orang yang paling memahami perkataan dan perbuatan Rasulullah shalallahu alaihi wasallam. Mereka pun menyaksikan saat Rasulullah shalallahu alaihi wasallam menerima wahyu, berjuang, dan seterusnya.

Sahabat Nabi shalallahu alaihi wasallam juga adalah orang-orang yang paling tinggi ilmunya. Mereka paham berbagai hukum dalam Islam, seperti hukum jual-beli, warisan, membayar utang, dan lain-lain.

Generasi Terbaik Umat Islam

Adapun generasi terbaik umat ini ada 3, disebutkan dalam hadits generasi terbaik umat Islam, yaitu :

1. Zaman para sahabat (orang yang hidup di zaman Nabi dan saling mengenal antara Nabi dengan mereka).

2. Zaman tabi'in (orang yang hidup di masa Nabi atau para sahabat, mengetahui adanya Nabi, mengenal para sahabat Nabi, tapi Nabi tidak mengenal mereka atau mereka belum pernah bertemu Nabi).

3. Zaman tabiut tabi'in (orang yang hidup setelah zaman sahabat Nabi, belum pernah bertemu sahabat Nabi tapi mengenal orang yang pernah bertemu sahabat Nabi).

Ini berdasarkan hadits Rasulullah shalallahu alaihi wasallam:

خَيْرُ النَّاسِ قَرْنِي ثُمَّ الَّذِيْنَ يَلُوْنَهُمْ ثُمَّ الَّذِيْنَ يَلُوْنَهُمْ

“Sebaik-baik manusia ialah pada generasiku, kemudian generasi berikutnya, kemudian generasi berikutnya.” (Hadits riwayat Bukhari, no. 3651, dan Muslim, no. 2533)

Demikian pembahasan bedanya Radhiyallahu Anhu dengan Radhiyallahu Anhuma. Hanya Allah yang memberikan taufik dan hidayah. Semoga bermanfaat.


Diah Dwi Arti
Muslimah | Madiun, Indonesia | Mom of three | IG/Twitter/YouTube/Anchor @diahdwiarti

Related Posts

Follow by Email