KEB

KEB

BPN

BPN

About Me

About Me
Diah is here! Mom of three boys.

Contoh Surat Dinas Untuk Berbagai Keperluan

Contoh surat dinas untuk berbagai keperluan. Pernahkah Anda kesulitan membuat surat khusus yang berhubungan dengan suatu kedinasan? Surat resmi tentu saja, sebab definisi surat dinas adalah surat resmi yang dikeluarkan oleh suatu lembaga atau instansi. Surat dinas ada bermacam-macam. Ada surat dinas perusahaan, sekolah, kesehatan, pemerintahan, dan lain-lain. Jadi surat dinas tidak hanya dimiliki oleh badan milik pemerintah saja sebab pada kenyataannya ada surat dinas perusahaan. Jenis surat dinas pun bermacam-macam. Ada surat pemberitahuan, permohonan izin, perintah, undangan, dan lain-lain. Nah, di artikel ini saya akan memberikan contoh surat dinas undangan dan surat permohonan izin yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. 

contoh-surat-dinas



Apa itu surat dinas? Mungkin sebagian dari Anda belum mengetahui apa itu surat dinas. Untuk mengetahui tentang surat dinas, yuk kita simak ulasan berikut ini!

Definisi Surat Dinas

Surat dinas merupakan surat yang dibuat oleh instansi resmi atau dinas yang sangat berguna untuk berbagai kepentingan tertentu. Pada umumnya, surat dinas ini dibuat oleh instasi atau lembaga baik swasta ataupun negeri seperti perusahaan, sekolah, kantor pemerintahan, dan lain sebagainya. 

Surat dinas bersifat resmi, sama sekali berbeda dengan surat perorangan atau pribadi. Bahasa yang digunakan dalam surat dinas, baik itu berbahasa Indonesia atau bahasa lain seperti Bahasa Inggris, adalah bahasa baku dengan format penulisan terstruktur rapi.

Isi Surat Dinas

Adapun isi dari surat dinas ini berupa permasalahan kedinasan seperti pemberitahuan izin, penugasan, permohonan, undangan, dan lain sebagainya. Maka dari itu, surat dinas ini tidak boleh dibuat sembarangan karena hanya dikeluarkan atas instruksi atau kebutuhan lembaga atau perusahaan tersebut.

Ciri khas yang membedakan surat dinas dengan jenis surat lainnya adalah terdapatnya kop surat dari perusahaan atau lembaga (baik pemerintah maupun swasta), terdapat nomor surat, lampiran, stempel, pembuka dan penutup surat serta tanda tangan pejabat instansi yang bersangkutan. 

Fungsi Surat Dinas

Fungsi dari surat dinas ini sendiri di antaranya adalah :

1. Sebagai bukti tertulis contohnya pemberian izin, kesepakatan dan pengambilan keputusan. 

2. Selain itu, surat dinas ini juga berfungsi sebagai dokumen legal yang dimiliki oleh instansi.

3. Sebagai tanda adanya kegiatan dalam suatu instansi.

4. Menjadi rekapan data perkembangan suatu perusahaan.

Syarat-Syarat Penulisan Surat Dinas


1. Surat dinas harus ditulis dengan format standar penulisan surat resmi.

2. Format atau susunan di dalam pernyataan surat harus teratur.

3. Surat dinas harus ditulis dengan deskripsi.

4. Bahasa yang digunakan adalah bahasa baku, sesuai dengan tata bahasa Indonesia yang baik dan benar, atau sesuai PUEBI.

Contoh Surat Dinas


Agar lebih jelasnya berikut beberapa contoh surat dinas untuk berbagai keperluan.

Contoh Surat Dinas Perusahaan

PT. ANGIN HARAPAN

Jl. Ahmad Yani No. 657 Bandung
Telp. 2375994665 Fax 235987668 Email. Anginharapan@mail.com

No : 008/SU-SDS/!!/2020

Lampiran : -
Perihal : Undangan Sosialisasi

Yth. Pimpinan PT. Angin Harapan
Di tempat


Dengan Hormat,

Berhubungan dengan pergantian kedudukan beberapa jabatan dalam periode ke-4 di PT. Angin Harapan, maka dengan ini kami mengundang perwakilan dari perusahaan untuk melakukan penyematan serah terima jabatan yang akan dilaksanakan pada :

Hari, Tanggal : Sabtu, 5 Januari 2020
Waktu : 08.00 – 10.00 WIB
Tempat : Ruang Meeting PT. Angin Harapan

Demikian surat undangan ini kami sampaikan. Mohon kehadiran Bapak/Ibu tepat waktu. Atas perhatian dan kerja sama Bapak/Ibu, kami ucapkan terimakasih.

Hormat kami, 


Edoh Margacinta, SE

Itu tadi contoh surat dinas undangan perusahaan. Contoh surat ini bisa dipakai dengan penyesuaian, berupa nama acara, tanggal, tempat, nama perusahaan, nama pejabat yang mengundang. Sesuaikan saja dengan kebutuhan.

surat-dinas


Contoh Surat Dinas Permohonan Izin


SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 6 SEMARANG

Jalan Kalibanteng 78, Semarang
Telp : (024) 123 456 789 Email : sma6s@mail.com 

Nomor : 020/0036/XI/ 12 Mei 2020

Lampiran : 2 (dua)

Hal : Permohonan Izin

Yth. Kepala Dinas Pendidikan
Kota Semarang

Dengan Hormat,

Kami selaku Dewan SMAN 6 Semarang memberitahukan adanya kegiatan lomba dalam rangka memperingati ulang tahun Kemerdekaan RI. Lomba tersebut akan dilaksanakan pada :

Hari, Tanggal : Sabtu, 25 Mei 2020
Waktu : 07.10 s/d selesai
Tempat : Aula SMA Negeri 6 Semarang

Sehubungan dengan hal itu, kami mengajukan permohonan izin untuk menyelenggarakan kegiatan tersebut. Atas perhatian Bapak/Ibu, kami ucapkan terima kasih.

Hormat kami,

Purnama Adi
Ketua Dewan


Nah, itu tadi contoh-contoh surat dinas untuk berbagai keperluan. Tinggal bagaimana Anda menggunakannya sesusi kebutuhan instansi Anda. Semoga bermanfaat.

Related Posts

1 komentar

  1. Membantu banget mba...soale kadang klo ga pernah mbikin surat, tetep butuh semacam contekan.. baru nanti disesuaikan sesuai keperluan

    BalasHapus

Posting Komentar