KEB

KEB

BPN

BPN

About Me

About Me
Diah is here! Mom of three boys.

SEO YouTube Mudah Untuk Pemula

19 komentar

SEO YouTube mudah untuk pemula. Apa kabar teman-teman semua? Akhir-akhir ini saya sedang demen bikin video untuk channel YouTube saya. Sampai blog keteteran. 

Sebagai YouTuber yang baru berani nongol, saya belajar SEO YouTube mudah untuk pemula lewat berbagai media.

Dari YouTube, jelas. Kemudian lewat blog dengan kata kunci tertentu, baca blog tentang SEO YouTube lewat email campaign, terus lewat grup WhatsApp. Paling ramai tentu saja di grup WhatsApp yang dibuat oleh Mas Ihwan.

Di grup itu banyak diskusinya, saling bantu, dan tentu saja ada kegiatan YT walking yang berarti saling subscribelike dan berkomentar.

Asyik sih bisa meramaikan konten YouTube. Bisa bikin video sesuai yang kita sukai. Tapi tetep, ya, harus bijak bermedia sosial kalau ingin eksis di media sosial.

Seo-youtube-pemula

Nah, YouTube ini sebetulnya juga merupakan mesin pencari kayak Google. Cuma, di YouTube hasil pencariannya adalah 100% video. 

YouTube juga punya algoritma. Sama kayak Google, deh. Jadi menantang banget nih bagi yang suka tantangan.

Tujuan belajar SEO YouTube adalah supaya video kita bisa muncul di pencarian teratas. Makin atas, makin banyak dilihat orang, makin besar peluang untuk dimonetisasi.

Dimonetisasi artinya bisa dipakai untuk cari uang. Bukan hanya lewat YouTube Adsense, tapi juga bisa untuk penjualan langsung kalau kita jualan produk atau jasa. Bisa juga untuk dapat uang dari sponsor, atau afiliasi. Salah satu bloger yang juga main YouTube dan sukses adalah Mas Priangga dengan channel 'Priangga'.

SEO YouTube Mudah, Beneran Mudah Apa Tidak?

Ya, saya sendiri sempat berpikir begini juga. SEO tuh kesannya ribet. Nah, SEO YouTube kayak apa? Jangan-jangan sama aja susahnya.

Kalau kata Mas Chris Tuhuteru, sebelum video kita bisa ditemukan orang, video itu harus bisa ditemukan dulu oleh YouTube. Eh, gimana?

Jadi gini, video kita yang diunggah ke YouTube itu harus membawa informasi yang jelas. Topiknya apa, gambarnya kayak gimana. Nah, kalau YouTube sudah paham informasi tentang video kita, barulah YouTube akan menyajikannya ke penonton.

Ya udah. Kita lihat aja, yuk seperti apa SEO YouTube mudah untuk pemula itu.

Video Berkualitas 

Video berkualitas. Ini jelas, ya. Supaya bisa nangkring di pencarian atas, video kita harus bagus. Bagus itu yang gimana, sih? Yang jernih, enak ditonton, kalau ada suaranya, ya yang terdengar jelas.

Ada baiknya, nggg...sebaiknya malah, video kita tuh mengusung topik yang serupa agar YouTube mudah mendeteksi isi channel kita. Tapi untuk topik channel, punya saya sendiri masih gado-gado. Duh...malu.

Pencarian Kata Kunci

Kata kunci ini sangat penting buat pencarian di YouTube. Persis kayak menulis di blog, urusan kata kunci di YouTube ini juga butuh riset.

Riset kata kunci bisa dari YouTube autocomplete, atau pakai SEO YouTube tool seperti keywordtool.io atau Google Trends.

Gunakan kata kunci yang panjang (long tail keyword) dan tempatkan kata kunci dengan tepat.

Seo-youtube-pemula
Autocomplete di YouTube


Penempatan Kata Kunci Pada SEO YouTube

Setelah kita punya kata kunci dan videonya, kita terapkan penempatannya sebagai berikut:

Kata kunci diucapkan di dalam video. Ini harus ada, dong. Usahakan ucapkan kata kunci di awal video. Yang paling mudah tentu dengan menyebutkan judul di awal pemutaran video.

Kata kunci di nama file video yang akan diunggah. Nama file itu penting untuk diubah supaya file video kita terbaca oleh YouTube sebagai video tentang topik A, misalnya. Kalau tidak diganti, biasanya nama file video itu acak banget, ga bisa terbaca manusia. 

Seo-untuk-youtube
Contoh nama file yang keliru!


Kata kunci di file thumbnail
. Ini juga sering kelupaan. Kita buat thumbnail, unggah, tapi nama thumbnailnya masih 20201117-175055.jpg.  Ya Alloh, susah banget kan bacanya. Jadi, wajib ganti nama file thumbnail yang mau kita unggah ke YouTube.

Kata kunci di thumbnail. Seperti halnya kata kunci diucapkan dalam video, teks yang ditampilkan di thumbnail juga harus menayangkan kata kunci.

Kata kunci di judul. Letakkan kata kunci di bagian awal judul. Jangan di belakang. Sebab kalau judulnya panjang nanti bisa terpotong saat preview di YouTube.

Kata kunci dalam deskripsi. Plis, jangan kosongin deskripsi. Bagian itu menjelaskan secara ringkas isi video kita. Tulis kata kunci atau judul di deskripsi. 

Kata kunci di hestek. Letakkan 3 buah hestek di bagian deskripsi. Salah satunya adalah kata kunci yang dibidik. Tulis masing-masing hestek bersambung tanpa spasi.

Seo-youtube
Kata kunci di judul, deskripsi dan # hestek


Kata kunci di tags
. Di bagian tags kita bisa menambahkan banyak frasa atau kata sebagai kata kunci. Letakkan kata kunci di sana. Juga letakkan judul di sana serta kata kunci terkait lainnya.

Seo-youtube
Tags di YouTube


Selesai dengan kata kunci, setelah video diungah di YouTube, jangan lupa sebarkan link video kita ke media sosial. Nasib video kita ditentukan dalam 24 jam pertama. Kalau bisa mendulang banyak view di jam kritis tersebut, peluang video kita untuk dapat rekomendasi dari YouTube makin besar.

Rekomendasinya berupa apa? Ya tentu berupa penempatan di hasil pencarian atas.

Nah, gimana? Tutorial SEO YouTube mudah untuk pemula ini beneran mudah, kan? Jadi ingin memulai channel YouTube juga? Yuuuk. Jangan lupa kunjungi channel saya di link ini, ya: https://youtube.com/diahdwiarti. Terima kasih.





Related Posts

19 komentar

  1. Haddeuuh, mbak sayang, biarpun judulnya SEO Youtube utk PEMULA, teuteup aja si bunda susah nangkepnya karena ya gitu deh selalu jd blogger newbie tetus. Bijin Vlog aja blm pernah nyoba. Kasian deh si bunda ya. Bnyk yg hrs disimak dan dipelajari. Tp bljrnya hrs ada tutor pendamping, hiks...Nanti minta diajarin Cucu bikjn akun youtube dl. #selamainibundakemanaajaya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bunda...hebat banget di usia sebunda ini masih nulis. Boleh banget itu minta bantuan cucu untuk buat channel dan belajar SEO YouTubenya.

      Hapus
  2. Saya masih jarang banget bikin konten di YouTube. Karena makan waktu lebih lama kalau bikin video. Tetapi, boleh juga nih diketahui ilmu dasarnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. SEO YouTube mirip banget sama SEO blog. Pasti Mbak Chi ga akan kesulitan kl kelak membangun channel YT.

      Hapus
  3. Nah iya mbak, kata kunci di file thumbnail emang sering keluapaan. Termasuk aku, sering banget lupa rename file. Ahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha...iya. Saya juga. Jadinya saya tulis aja deh artikel SEO YouTube ini di blog biar ga lupa.

      Hapus
  4. Oalah...baru mudeng ada kata kunci segala. Biasanya asal selesai edit, langsung upload...nggak rename, nggak compress video..

    Eh, yang bnr ukurannya dikecilin dulu nggak sih mba?

    BalasHapus
  5. pernah baca juga dibeberapa artikel hampir sama yg dibahas disini...dan kusudah menerapkan di konten-konten youtube aku (walaupun jarang upload)

    BalasHapus
  6. Wah..terima kasih mba, jd pengen terapin di chanelku. Eh..jadi malu..chanelku lama nganggur ga keurus..haha..

    BalasHapus
  7. ada yg ingin saya tambahkan:

    1. kata kunci di file thumbnail dan di file video itu sudah tidak pengaruh lagi (begitulah yg saya ketahui dari viIQ dan tubebuddy). justru yg dihitung adalah kata kunci yg ada di dalam gambar thumbnailnya itu (google/youtube saat ini bisa mengidentifikasi kata di dalam gambar)

    2. ucapkan kata kunci dan varian kata kunci yg kita inginkan di dalam video
    3. bikin subtitle dan masukkan kata kunci dan variannya di dalam subtitle tsb
    4. hastag engga pengaruh u/ SEO, sepertinya itu hanya untuk memudahkan pencarian di sebuah topik yg sama. hastag di IG lebih powerful daripada hastag di youtube

    demikian tambahannya. saya udah praktekkin sendiri selama 2 tahun terakhir ini dan hasilnya sangat mmemuaskan

    BalasHapus
  8. terimakasih pencerahannya mbak...secara aku belum paham betul di dunia perYT-an....jadi pengen nerapin tips diatas dan pengen nyobain bikin video yang bagus.

    BalasHapus
  9. Mba Diah makasih. Aku baru ngeh teryata penting ya rubah nama file. Kayak di blog juga ya foto harus di namain

    BalasHapus
  10. Saya juga lagi belajar tentang SEO untuk youtube ini, Mbak. Asyik ya, bisa gabung di grup youtube yang didirikan oleh Mas Ihwan, apalagi bisa belajar sama coach Chris Tuhuteru.

    BalasHapus
  11. sedikit banyak sama dengan seo untuk blog yaa. karena harus pintar mencari kata kunci yangs sesuai agar mudah ditelusuri. makasih mbak infonya.

    BalasHapus
  12. ternyata kata kunci di thumbnail itu juga penting ya, mbak. Malah aku sering kelupaan isi. terus juga uda lama banget ga upload video di YT. Terima kasih untuk penjelasannnya ya, mbak

    BalasHapus
  13. Oh...haturnuhun, kak..
    Aku akhir-akhir ini seneng banget bikin podcast. Jadi aku bikin audiogramnya terus aku masukin ke youtube.
    Suka gak perhatian sama nama file siih..

    Alhamdulillah,
    Jadi tercerahkan.

    BalasHapus
  14. Wah baru tau nih SEO ini soale kalau upload video di youtube ya upload aja hehe.

    BalasHapus
  15. mantap nih mba tipsnya. YouTube mba udah monetisasi yaa.. aku masih menikmati YT aja sambil belajar SEOnya

    BalasHapus
  16. Sekarang makin banyak orang yang merambah ke youtube, dari orang biasa, artis, influenser hingga pejabat. Sayapun sering mendapatkan informasi dari YT dan punya juga chanel YT. Tapi gitu deh, belum ngerti samaa sekali apalagi soal SEO ini. Bolehlah saya baca-baca dulu, berusaha ngerti pelan-pelan. Makasih ya

    BalasHapus

Posting Komentar