Meraih Keutamaan Ramadhan Meski Sedang Haid Lewat Aplikasi Umma Ramadhan

by - May 13, 2020

umma-ramadhan

Hai, assalamu alaikum.

Ramadhan hampir usai, ya. Tidak terasa tiba-tiba sudah memasuki hari-hari terakhir Ramadhan.

Padahal kita masih ingat betul bagaimana haru-birunya memasuki Ramadhan istimewa bersama virus corona. 

Berlebihan? Rasanya tidak. Pada kenyataannya Ramadhan kali ini sungguh berbeda karena di sebagian tempat tidak ada sholat tarawih berjamaah di masjid.

Sepuluh Hari Terakhir Ramadhan, Lalu Haid. Bisakah Meraih Keutamaan Ramadhan?

Di sepuluh hari terakhir Ramadhan biasanya saya sedang persiapan pulang kampung. Nyicil mengemas pakaian, mengatur jadwal, rute dan menghitung dana yang harus dikeluarkan nantinya.

Oya, biasanya saya juga sibuk menyiapkan amplop lebaran tanda kasih untuk para keponakan.

Kegiatan duniawi seperti itu tidak saya lakukan di Ramadhan istimewa ini. Ingin menangis karena rindu keluarga di sana tapi juga bersyukur karena diberi Alloh waktu untuk mendekat kepada-Nya.

Tapi bagaimiana kalau di sepuluh hari terakhir Ramadhan dapat haid? Rasanya sedih. Tapi ini salah satu ujian dari Alloh untuk kita bersabar.

Bisa apa saat di hari-hari penting ini tidak bisa beribadah? Bisakah dapat Lailatul Qodar?

Ada kok caranya. Banyak kegiatan ibadah yang bisa dilakukan meski sedang berhalangan. Yuk, kita bahas satu per satu.

ramadhan
Meraih keutamaan Ramadhan

Dzikir Pagi dan Petang

Dzikir artinya mengingat. Dzikrullah artinya mengingat Alloh. Bacaan dzikir ada yang dituntunkan sesuai waktu, ada juga yang sesuai keadaan.

Dzikir yang dijelaskan waktunya antara lain adalah dzikir pagi dan petang. Dzikir pagi dilakukan setelah subuh hingga terbitnya matahari. Sedangkan dzikir petang dilaksanakan sesudah masuk waktu asar hingga terbenamnya matahari.

Nah, kalau sedang haid, dzikir ini bisa diamalkan setiap hari. Bahkan di luar Ramadhan juga. 

Bacaan dzikir pagi dan petang ini mirip. Hanya ada perbedaan kecil pada penyebutan waktunya. Dimulai dengan membaca taawudz dan Ayat Kursi, 3 surat terakhir dari Al-Quran, lalu dzikir lain termasuk istighfar. Ditutup dengan sholawat nabi. Kalau dibaca, dzikir ini bisa selesai dalam waktu 15 menit. Tidak lama, kan?

Kapan-kapan pingin nulis tentang dzikir pagi dan petang ini, insya Alloh. Tapi kalau teman-teman pingin berdzikir juga bisa cari bacaannya di internet atau beli bukunya. Kecil kok bukunya. Ukuran kertas A6 mungkin  (seperempatnya A4 kalau tertutup).

Baca Al-Quran Dari Aplikasi

Saat haid kan tidak bisa baca Al-Quran dari mushaf, gimana dong?

Ada sebagian ulama yang membolehkan perempuan yang datang bulan untuk membaca Al-Quran dari aplikasi di ponsel

Nah, ini bisa jadi pilihan, ya agar tetap terhubung dengan Sang Pencipta. 

Murojaah

Pilihan lainnya adalah murojaah alias mengulang hafalan. Bisa dimulai dengan murojaah hafalan Juz Amma dulu, biar ga lupa.

Menambah hafalan juga bisa dengan cara mendengarkan bacaan Al-Quran dari orang lain.

Bisa dari anggota keluarga, atau dari rekaman seperti mp3 atau live streaming.

Bersedekah

Di musim wabah Covid-19 seperti sekarang plus Ramadhan, tepat banget untuk bersedekah.

Mungkin kalau dulunya kita bersedekah untuk buka puasa di masjid, kini bersedekahnya lebih luas lagi. Mungkin tetangga kita ada yang bukan tidak cuma sulit berbuka, bahkan mungkin juga ada yang kesulitan untuk makan sahur.

Bagi yang punya kelonggaran harta, anggaran yang dulunya untuk pulang kampung, bisa dialihkan ke bantuan untuk sesama.

Bagaimana kalau di sekitar kita tidak ada dhuafa? Boleh banget berdonasi lewat lembaga-lembaga terpercaya.

Membaca Buku Ilmu Agama

Ilmu agama itu luas. Tapi yang luas itupun belum apa-apanya dibandingkan dengan samudera ilmunya Alloh.

Isi waktu dengan baca sejarah Nabi dan para sahabat, imam besar, belajar bahasa Arab, bisa jadi sarana ibadah juga insya Alloh.

Meraih Keutamaan Ramadhan Lewat Media Sosial Dengan Aplikasi Umma Ramadhan

umma-ramadhan
Aplikasi Umma

Menyebarkan nasihat kebaikan, pengingat lewat media sosial juga bisa termasuk kegiatan ibadah, asal diniatkan ibadah dan diawali dengan basmalah.

Umma.id merupakan aplikasi muslim terbaik di Indonesia. Di bulan Ramadhan ini Umma punya channel khusus Umma Ramadhan.

Ada banyak yang bisa dilakukan lewat Umma. Kita bisa mengirim gambar, video atau pertanyaan kepada pengguna lain. Bahkan kita juga bisa siaran live di Umma!

Untuk bisa menggunakannya, kita instal dulu aplikasi Umma.

Setelah terinstal, kita bisa mendaftar dengan menggunakan akun Facebook, Google ataupun nomor ponsel.

Ada Apa Saja di Umma? 

umma-ramadhan
Beranda Umma

Di tab bawah paling kiri ada Beranda. Di sini kita bisa berinteraksi dengan pengguna lain. Ada juga kajian live di Umma!

Saya mencoba membagikan sebuah gambar berisi nasihat untuk memanfaatkan sepuluh hari terakhir Ramadhan.

Caranya gampang banget, tinggal klik tombol '+' di tengah tab, lalu pilih masukkan gambar. Pilih gambar dari galeri, kirim.

umma-ramadhan
Kiriman saya di Umma


Di Umma kita bisa mengakses jadwal sholat. Tentu saja kita harus mengaktifkan lokasi terlebih dahulu, ya.

Saat waktu sholat tiba, adzan akan berbunyi dari ponsel kita. Bukan cuma pas adzan, saat imsak alias menjelang subuh juga ada peringatan yang berbunyi.

Di Umma Ramadhan juga ada hadiahnya, lho. Sistemnya dengan pengumpulan poin. Cobain, yuk!

Nah, terasa masih Ramadhan, kan meski sedang berhalangan? Teman-teman sudah sampai mana bacaan Al-Qurannya? Hafalannya? Yuk, kita tingkatkan bersama, meskipun sedang haid tetap bisa meraih keutamaan Ramadhan.






You May Also Like

12 comments

  1. Alhamdulillah masih ada amalan-amalan yangbia dilakukan saat haid. Adanya aplikasi Umma menambah pilihan beramal shalih .... daripada melakukan hal lain yang tidak bermanfaat ya, Mbak.

    ReplyDelete
  2. waa aku baru tau nih soal aplikasi umma iniii, ternyata di dalemnya bisa interaksi juga dengan pengguna lain ya ihihi

    ReplyDelete
  3. saat bulan ramadhan gini ada yang bantu mengingatkan kita tuh menyenangkan sekali ya mbak :)

    ReplyDelete
  4. Iya saat haid saya baca Al Quran di ponsel. Memang agak tajam di mata tapi gpp lah yang penting tetap bisa ngaji

    ReplyDelete
  5. Saya nih, sebal banget, awal puasa absen 2 hari, lah kok sekarang udah bocor lagi, kirain minimal nanti-nanti dulu kek, tapi semoga dapat puasa kembali pas sebelum lebaran.
    Semoga dapat lailatul qadar, sekarang buka aplikasi umma aja dulu :)

    ReplyDelete
  6. Terimakasih mbak pencerahannya...kadang saat haid saya takut untuk menyentuh Al-Qur'an apalagi melantunkan bacaannya....ternyata boleh ya. Apalagi ada aplikasi Umma.id yang menghadirkan channel Ramadhan... pastinya di bulan yang penuh berkah ini kita bisa beribadah dengan khusyu' meski dalam keadaan berhalangan ya mbak.

    ReplyDelete
  7. Ini yang kadang-kadang masih jadi banyak pertanyaan. Kalau haid masih bisa beribadah atau enggak. Alhamdulillah ternyata masih bisa, ya

    ReplyDelete
  8. Wah, baru tahu dengan aplikasi Umma ini. Kudu nyoba deh, untuk reminder supaya lebih baik Ramadhan tahun ini. Walopun udah telat sih ya. Ramadhan udah masuk 10 hari terakhir. Tak apa deh. Beter late than never.

    ReplyDelete
  9. haid bukan berarti berhentu berbuat baik & mencari pahala ya masih banyak yang bisa dilakukan apalagi di bulan Ramadan

    ReplyDelete
  10. Kangen bgt mak baca tulisan Mak Di 😚 kolabs lagi aja apa kita? hehe. Alhamdulillah aku udh donlot Umma nih, bermanfaat bgt. Dan, soal amalan2 pas banget aku lagi masa2 nifas nih, alhamdulillah bbrp amalan2 masih bs dimaksimalkan. Salam buat keluarga semua mak, sehat2 ya

    ReplyDelete
  11. Fiturnya umma lengkap ya mba. Bisa beribadah ditemani smartphone

    ReplyDelete
  12. aplikasi umma memang enak untuk digunakan. uinya juga simple dan nyaman untuk dibaca

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung. Silakan berkomentar dengan baik dan sopan.

Mohon maaf, segala komentar spam, yang berisi link hidup atau yang menyebabkan broken link serta komentar yang mencantumkan identitas tidak jelas akan dihapus.

Komentar yang masuk tidak selalu saya balas.

Terima kasih.