Cara Membuat Pasir Kinetik Dari Tepung Terigu

by - May 23, 2020

cara-buat-pasir-kinetik

Hai, assalamu alaikum.

Sudah berapa bulan teman-teman damarojat di rumah aja? Dua bulan lebih, ya? Saat ini kita mendengar berita orang-orang berkumpul dalam jumlah banyak.

Duh, kesal, tapi jangan merasa sia-sia atas kepatuhan kita kepada pemimpin. Yakinlah bahwa amal baik akan berbuah kebaikan juga.

Mending di rumah kita bikin kegiatan yang seru aja, seperti mengajak anggota keluarga main pasir kinetik. Eh, tapi gimana sih cara membuat pasir kinetik itu?

Sebelum ke cara pembuatannya, kita bahas dulu, yuk apa pasir kinetik itu.

Pasir kinetik juga sering disebut sebagai pasir ajaib. Pasir ini biasa dipakai sebagai mainan anak balita untuk melatih ketrampilan motorik halus anak, mengenal bentuk dan warna.

Pasir kinetik ini sering juga dijumpai di tempat-tempat bermain di mal atau di tempat permainan umum lain.

Kalau di Kota Madiun ada juga, tuh di Taman Olahraga Gulun. Lapangan tempat olahraga pagi kalau akhir pekan. Di sana orang bisa lari-lari, senam, sepak bola hingga senam dengan alat.

lapangan-gulun-madiun
Taman Olahraga Gulun Madiun

Di sana juga banyak penjual makanan dan juga mainan. Salah satunya penyedia jasa mainan pasir kinetik. Sekali main bayar 5 ribu aja, sepuasnya.

taman-gulun-madiun
Taman Gulun kala itu

Sayangnya, wabah Covid-19 telah mencoret Lapangan Gulun dari daftar tempat yang aman dikunjungi. Sedih, deh.

cara-membuat-pasir-kinetik-tanpa-pasir
Bermain pasir kinetik di Taman Gulun, Madiun

Eh, kembali ke soal pasir kinetik, ya.

Manfaat Pasir Kinetik


Seperti yang sudah saya sampaikan tadi, pasir kinetik alias kinetic sand ini bisa melatih motorik halus anak. Motorik halus itu adalah koordinasi antara otot kecil di tangan dengan mata.

Anak yang motorik halusnya bagus nantinya bakal bisa punya tulisan tangan yang bagus, terampil mengerjakan tugas-tugas prakarya juga.

Anak yang bermain pasir kinetik itu akan melakukan gerakan meremas, mencubit, menepuk, menekan pasir. Anak juga akan melakukan gerakan menyendok pasir dengan alat, juga mengiris pasir dengan pisau mainan.

Main pasir kinetik itu paling asyik memang dengan menyendok pakai sekop mainan atau sendok bebek.

Selain motorik halus yang terlatih, main pasir kinetik juga bisa membantu anak mengenal bentuk. Misalnya anak mencetak pasir menjadi bentuk bintang, hewan ataupun bentuk geometri.

Anak juga bisa mengenal warna karena pasir kinetik biasanya tampil dalam warna-warni ceria seperti merah muda, hijau, biru, kuning cerah.

Saya sendiri belum pernah menemukan pasir kinetik yang berwarna putih. Teman-teman pernah melihatnya?

Manfaat lain bermain pasir kinetik adalah melatih fokus anak. Biasanya nih kalau anak bermain pasir kinetik akan diam dan sibuk tanpa banyak bersuara. Cocok banget untuk aktivitas tenang meski si anak super aktif.

Cara Membuat Pasir Kinetik Dari Tepung Terigu


Pasir kinetik yang dijual bebas biasanya berbahan dasar pasir. (((Ya iyalah)))

Pasirnya khusus, ya, kemudian dicampur bahan lain.

Tapi kita juga bisa membuat pasir kinetik tanpa pasir, dari tepung terigu saja. Ramah lingkungan!

Disclaimer: Hasilnya tidak sebagus yang pakai pasir, ya, tapi lumayan.

Bahan:
4 sdm Tepung terigu
3 sdm Minyak goreng
Esens makanan

Alat:
Wadah besar
Sendok

Cara pembuatan:
Campur tepung terigu dengan minyak goreng 2 sdm.

Uleni.
diy-pasir-kinetik
Aduk dan uleni biar jadi pasir kinetik

Tambahkan lagi minyak goreng 1 sdm.

Uleni.

Beri esens.

Uleni.

pasir-kinetik
Pasir kinetiknya sudah jadiii

Untuk lebih jelasnya bisa dilihat di video ini, ya.


Anak-anak senang main pasir kinetik ini. Lembut dan wangi karena esens makanan.

Bisa juga pakai pewarna makanan saja tapi hasilnya ga wangi. Kalau pingin wangi bisa ditambahi vanili.

cara-membuat-pasir-kinetik
Yuk, main pasir kinetik!

Risikonya lantai jadi kotor dan agak berminyak, tapi ga apa, toh nanti bisa dipel.

Nah, begitulah cara membuat pasir kinetik dari tepung terigu. Ada juga sih yang bikin pasir kinetik dari tepung beras, tapi saya belum coba.

Gimana? Teman-teman mau ikut membuat pasir kinetik juga? Atau malah sudah pernah? Ceritakan dong proses dan hasilnya di kolom komentar. Yuk, yuk!

You May Also Like

22 comments

  1. Berguna banget mba...aku Yo wis mati gaya, bingung anakku tak suruh main apa.. mbikin pasir dr terigu ini asyik kayaknya..

    Makasih idenya mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ini liburan super panjang jadi punya banyak ide bikin mainan sama anak-anak

      Delete
  2. pas bgt, baru mau beli pasir kinetik, ah bikin aja kalo gitu, di rumah banyak terigu sisa bikin2 tajil pas ramadan kmrn, makasih tipsnya mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. sip, sip. memanfaatkan yang tersisa di rumah ya.

      Delete
  3. Membuat pasir kinetik ini sudah kami lakukan saat usia Fahmi, putra saya usia 3 tahun lebih. Betul anak suka sekali bahkan ingin buat sendiri lho. Kami pun mendokumentasikan bikin playdough ala-ala di yutub hehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. wow asyiik...

      playdough pernah bikin juga, tp ga didokumentasikan.

      seru ya mbak, sambil main juga dapat konten baru.

      Delete
  4. Wah yeay, aku kemarin beli pasir kinestik untuk si kecil dan cepat banget habisnya karena mainnya di luar hehe. Tahu tutorial ini langsung deh buat di rumah sendiri mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul, cepat bgt habisnya ya, hahaha...

      sekarang kl habis tinggal bikin lg.

      Delete
  5. Eh lihat fotonya kukira tepung ubi unguuu..haha.. TFS mba, bisa kurekomendasikan ke kakak utk buatkan pasir kinetik buat bocil kami..

    ReplyDelete
  6. seru banget ya bisa bikin mainan sendiri untuk si kecil di rumah.
    Semoga anaknya betah main sama pasir kinetik ya mbak... aamiin.

    ReplyDelete
  7. wah idenya bagus, saya ijin share buat keponakan ya mbak, anakku sudah 7 tahun soalnya, sudah lewat masa main dengan pasir kinetik ini hahaha maunya boneka Lol

    ReplyDelete
  8. di masa pandemi gini perlu mainan baru ya mba biar anak makin betah di rumah.. sedh kalau anak udah bilang bosen.. alhamdulillah ternyata pasir kinetik juga bisa dbuat di rumah.. mbak keren banget! perlu kesabaran ya mba.. bentuknya persis sama lagi.. good job mba! ^^

    ReplyDelete
  9. Aku udah 3 bulan nih di rumah aja.. btw kita memang harus produktif ya di masa pandemi Covid-19 ini, bikin sesuatu yang kreatif juga biar anak-anak nggak jenuh selama di rumah aja

    ReplyDelete
  10. Wah masa pandemi begini ibu2 harus kreatif ya biar anak tidak bosen. Kasihan mereka biasa bebas bermain dengan teman2nya.

    ReplyDelete
  11. Terima kasih untuk sharingnya mbak. Ini sangat berguna sekali, aku jadi ingin buat juga untuk anak2 bermain dirumah.
    Karena pasir kinetik ini sangat bagus untuk merangsang motorik halus mereka :)

    ReplyDelete
  12. waktu anak-anakku kecil dulu juga aku suka ajak main pasir kinetik ini, tapi sekarang udah enggak. Emang bikin rumah berantakan, tapi seruu

    ReplyDelete
  13. Lebih aman ya buat pasir kinetik sendiri, namanya juga anak-anak kadang lupa tangannya masuk-masuk mulut. Ternyata cara buatnya gampang ya

    ReplyDelete
  14. Kalau pas saya kecil mainnya langsung tanah dan pasir gitu, hehe. Sekarang bisa buat dari tepung dan minyak ya biar ga terlalu kotor ya. Thanks ya Mbak, jadi pengen langsung buat.

    ReplyDelete
  15. Waah...mudah sekali.
    Dan baru tahu ini, kak...
    Haturnuhun.

    Biasanya beli tuh lumayana...plus alatnya 80ribuan.
    Sekarang alatnya uda ada, pasirnya abis.
    Hehehe...

    Gini kami jadi bisa bikin sendiri.

    ReplyDelete
  16. Wah wah ternyata mudah ya mba. Bahan bahannya juga sederhana nih. Boleh ah dicobain, dari pada anak main gadget terus. Makasih ya mba

    ReplyDelete
  17. wah bisa ya dari tepung terigu.. selama ini aku pakai pasir kinetik untuk anak-anak ya beli aja haha beli beberapa warna sih mbak jadi dia nggak bosen. kalo bikin sendiri gini lebih aman ya mbak..

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung. Silakan berkomentar dengan baik dan sopan. Mohon maaf, segala komentar spam, yang berisi link hidup atau yang menyebabkan broken link serta komentar yang mencantumkan identitas tidak jelas akan dihapus.