KEB

KEB

BPN

BPN

About Me

About Me
Diah is here! Mom of three boys.

Cara Menghafal Juz Amma untuk Para Ibu

cara-menghafal-al-quran


Juz 'Amma atau juz ketiga puluh merupakan bagian dari Al-Quran yang berisi surat-surat pendek. Terdiri dari tiga puluh tujuh surat dimulai dari surat An-Nabaa (surat ke-78) hingga surat An-Naas (surat ke-114).
Nama setiap juz dalam Al-Quran dimulai dengan kata pertama dalam juz itu sendiri, sehingga kata 'amma yang memulai surat An-Nabaa dijadikan nama juz ketiga puluh.

Bagi para ibu menghafal Juz 'Amma sangat penting, sebab anak-anak kita memerlukan teladan seorang penghafal Juz 'Amma yang bisa membimbing mereka setiap hari. Siapa itu? Tentu saja para ibu!

Mudahkah menghafal Juz 'Amma? Mudah, insya Alloh. Cara menghafal Juz 'Amma ini sebenarnya sama dengan cara menghafal Al-Quran. Namun Juz 'Amma lebih unik sebab lebih akrab bagi sebagian besar kita terutama surat-surat pendeknya.

Gunakan Juz Amma Atau Al-Quran Yang Ada Terjemahannya
Menghafal dengan mengerti terjemahannya lebih membantu cepat hafal. Boleh menggunakan kitab yang memiliki terjemahan per kata ataupun per ayat.



Mulai Dari An-Naas
Mulailah dari An-Naas ke atas. Jangan loncat-loncat sebab ada hubungan antarsurat yang memudahkan kita menghafal.

Gunakan Satu Kitab
Jika telah menemukan satu kitab yang dirasa cocok, gunakan terus. Jangan berganti-ganti kitab.

Hafalkan Secara Terencana
Untuk surat yang cukup panjang, sepuluh ayat ke atas misalnya,  hafalkan per tiga hingga lima ayat. Atau gunakan metode Ustadz Yusuf Mansur "satu hari satu ayat".

Dengarkan Bacaan Murottal
Menyimak bacaan murottal sangat membantu. Misal dari Syekh As-Sudais, Muhammad Thaha dan lain-lain yang bisa dibeli dari penjual VCD atau di toko buku islami. Murottal ini bisa diputar dengan pemutar (player) ataupun ponsel. Bacaan dengan irama seperti ini dapat memudahkan dalam mengingat. Atau bisa juga menggunakan metode mengaji seperti Ummi atau Wafa.

Baca juga: Belajar Mengaji Dari Masa Ke Masa

Rekam dan Simak
Jika tidak ada murottal, rekam saja bacaan kita lalu perdengarkan kembali. Ini sangat membantu terutama jika sedang tak dapat membuka kitab.

Online Pun Bisa Dimanfaatkan
Jika sedang terhubung dengan internet, cari dan dengarkan bacaan yang bisa diunduh dari situs seperti You Tube

Ulangi, Ulangi dan Ulangi
Ulangi bacaan yang telah berhasil dihafal di waktu senggang atau sambil melakukan pekerjaan lain, misal: sambil memasak, menyetrika, menyetir.

Cari Teman Balapan
Teman balapan maksudnya adalah rekan yang bisa diajak menghafal bersama. Tetapkan target bersama dan saling bersainglah. Persaingan sehat semacam ini sungguh menyenangkan. Di masa sekarang sudah banyak grup-grup di media sosial yang anggotanya saling menyemangati untuk menghafal Al-Quran. Kalau tak ada, anak dan suami pun bisa dijadikan teman balapan.

Baca juga: Balapan Jadi Shohibul Quran Bersama Anak 

Gunakan Dalam Sholat
Jangan ragu mempraktikkan hafalan dalam sholat. Walaupun belum hafal satu surat utuh misalnya, tidak mengapa membacanya sampai ayat yang berhasil kita hafal.

Cara menghafal Juz 'Amma untuk para ibu ini dapat juga diterapkan untuk siapa saja yang ingin menghafal Juz 'Amma atau Al-Quran. Semoga dengan hafalan Juz 'Amma kita mendapatkan keberkahan dari bacaan Al-Quran. Bahkan tak mustahil hafalan kita akan bisa merambah ke juz-juz lain.

Lebih baru Terlama

Related Posts

2 komentar

  1. yang penting adalah gunakan dalam sholat. agar tak lupa :)

    BalasHapus
  2. betul mbak. belum lancar pun tak apa. makin diulang makin hafal insya Alloh.

    BalasHapus

Posting Komentar