Wajib Tahu, Ternyata Ini Kunci Sukses Membuka Usaha Kuliner

by - April 21, 2020

usaha-kuliner

Hai, assalamu alaikum.

Usaha kuliner memang bisa dikatakan sebagai usaha yang 'tidak ada matinya'. Kok bisa begitu? Iya, sebab makanan adalah salah satu kebutuhan pokok manusia.

Bisnis kuliner itu tidak cuma yang berurusan dengan makanan berat saja, tapi juga makanan ringan seperti aneka jajanan dan camilan. Termasuk di dalamnya: kue-kuean.

Kue dan kawan-kawannya ini sekarang bahkan tampil makin centil dengan penampilan yang unik.

Soal rasa bagaimana? Ga kalah tentunya dengan penampilannya.

Bisnis kuliner memang menjanjikan, tapi persaingannya juga ketat.

Nah, buat yang ingin terjun dan menekuni bisnis kuliner, yuk, amati dan praktikkan kunci suksesnya berikut ini.

membuka-usaha-kuliner
Sukses Usaha Kuliner

4 Kunci Sukses Bisnis Kuliner


Buatlah Sesuatu yang Baru

Pada dasarnya manusia memiliki sifat penasaran dan senang mencoba hal-hal yang baru.

Sebagai contoh, banyak sekali jenis kue coklat yang dijual di pasaran, namun tetap selalu ada yang menawarkan variasi dan inovasi yang baru.

Kabar baiknya, konsumen tidak pernah bosan. Artinya memang penting bagi Anda untuk membuat yang unik, lain daripada lainnya.

Baca juga: Resep Mee n Cheese Panggang

Harga yang Bersaing

Harga ini juga menjadi kunci laris tidaknya usaha kuliner. Bagaimanapun konsumen akan berpikir dua kali untuk membeli makanan biasa dengan harga yang lebih mahal. Apalagi jika ada produk sejenis atau ada banyak sekali kompetitornya.

bisnis-kuliner
Sukses Usaha Kuliner, Harga Juga Jadi Kuncinya.


Rasa Adalah Kunci Utama

Tidak dapat dipungkiri, rasa memegang kunci utama dalam kesuksesan bisnis kuliner.

Untuk itu terus asah kemampuan Anda dalam pembuatan produk makanan dan senantiasa berkreasi.

Salah satu kunci rasa yang enak juga dari segi bahan baku. Misalnya pada pembuatan kue, keju yang berkualitas, dengan harganya lebih mahal, sudah pasti menghasilkan rasa yang jauh lebih nikmat.

Cari juga pemasok bahan baku berkualitas seperti TokoWahab dan disarankan untuk membeli di toko tersebut.

Baca juga: Resep Pizza Magic Com

Terapkan Langkah Pemasaran Dengan Tepat

Strategi pemasaran ini banyak, ya. Meliputi pemilihan lokasi atau media penjualan, promosi dan sebagainya.

Untuk penjualan secara offline, pemilihan lokasi yang tepat sangat menentukan. Pilih lokasi yang ramai dikunjungi atau dilewati orang, atau sesuaikan dengan kelas produk Anda.

Promosi berjualan yang intens dan tepat sasaran lewat media sosial juga perlu dipertimbangkan.

Nah, itulah 4 kunci sukses memulai usaha kuliner. Semoga bermanfaat.


You May Also Like

24 comments

  1. Iya bener bngt..dan ke empat faktor itu saling mendukung ya.. jadi klo misalnya 4 syarat td terpenuhi, mantep.

    ReplyDelete
  2. waaaa terima kasih untuk sharingnya yaaa, aku salah satu orang yang pengen punya bisnis kuliner juga niih hihiihi

    ReplyDelete
  3. Penasaran ini yg selalu bikin saya mentok. Sekarang saya jual produk masyarakat sekitar, berupa olahan kering yang melegenda, rengginang. Masalah masih ada di pemasaran itu tadi ...

    ReplyDelete
  4. Aku dari dulu pengen nyoba buka usaha kuliner tapi selalu berfikir kira2 bakal laku atau ga yaa., Ehh ada tipsnya makasih ka sharingnya sansgay bermanfaat, sukses selalu

    ReplyDelete
  5. Sebenernya kalo mau bisnis kue ini harus pinter eksperimen yak. Biar ada inovasi dan beda dari yang lain. Soalnya kalo sama kan pasti dibandingin, kalo beda kan pasti satu-satunya haha

    ReplyDelete
  6. Aku suka kalau yang jualan ramah alami, gak sksd.
    Terus pelayanannya maksimal, jadi pengen beli lagi dan lagi.

    ReplyDelete
  7. Dulu aku pengen banget buka usaha kuliner yang unik dan khas mbak, memang kalau rasa sudah maknyess pasti sukses dan orang2 pada ngejar kuliner tersebut mbak.

    ReplyDelete
  8. tips yang berguna sekali. Juga harus selalu cerdik berinovasi dalam situasi apapun dan menghadapi kompetitor

    ReplyDelete
  9. Wah keren tipsnya. Almarhumah ibu mertuaku dulu pegang catering Gedung Negara Jogja, tempat istirahat presiden kalau sedang di Jogja. Resep andalan beliau menu khas Jogja rumahan. Sayang tidak ada yang meneruskan. Dulu aku sempat iseng bantu sekali, pengin tahu aja. Masya Allah capek hahaaa.

    ReplyDelete
  10. Aku setuju kalau rasa adalah yang utama. Sebelum dipasarkan, sebaiknya kualitas sudah dipastikan yg terbaik. Soalnya marketing kan ngga segampang kelihatannya. Jadi, kalau marketingnya sudah jalan, konsumen nggak langsung hilang hanya karena rasa ngga sesuai ekspektasi.

    ReplyDelete
  11. Yup, bener banget Mbak. Saya dan kakak juga menjalankan bisnis kuliner jadi emang tau banget bahwa yang Mbak jabarin di atas emang jadi kunci di bisnis ini.

    ReplyDelete
  12. Suka kesel sama warga kampung, setiap saya bikin apa, selalu diikutin. Termasuk dalam bisnis yg pernah dijalankan. Jadi ga unik lagi karena saingan banyak

    ReplyDelete
  13. Wah, terima kasih mba. Kunci2 sukses usaha kuliner ini bisa kubagikan ke kerabat yg passionnya di bid usaha ini..

    ReplyDelete
  14. waaa terima kasih sharingnya, berguna sekali, kebetulan ada ketertarikan bisnis kuliner hehehe

    ReplyDelete
  15. Waahhh setuju sih, tapi belum punya nyali buka bisnis kuliner, sementara jadi penikmat dulu aja deh, hhee

    ReplyDelete
  16. Baca ini aku jadi ingat dulu pernah buka rumah makan untuk mahasiswa karena rumahku dekat dengan kost kost an... aku tutup krn fokus mau bisnis loundry jdai asalnya bareng2...

    ReplyDelete
  17. tipsnya bagus banget buat yg mau wirausaha, apalagi skrg kan udah banyak banget tuh yang usaha kuliner di rumah jadi harus membidik konsumen dengan cerdas biar keliatan beda

    ReplyDelete
  18. Pemasaran di zaman sekarang sangat dimudahkan dengan adanya media sosial dan teknologi. Jadi siapa yang dapat menguasainya akan sangat berhasil.

    ReplyDelete
  19. Saya rencananya mau bikin usaha kuliner juga, alasannya krn semua org butuh makan kapanm pun, tapi kyknya bukan masakan matang melainkan frozen food hehe, tapi msh planning krn pandemi ini bikin rencana mundur. Mungkin saat kondisi udah membaik nanti :)

    ReplyDelete
  20. Setiap bisnis pasti ada tips dan trik yang harus diterapkan ya. Inovasi memang kuncinya. Apalagi soal makanan ya. Orang selalu penasaran dengan jenis makanan baru. Asalkan rasanya enak, biasanya orang ya akan balik lagi, apalagi kalau harganya terjangkau.

    ReplyDelete
  21. betul banget, terlebih untuk faktor rasa. ketika rasanya sudah "mengena di lidah pelanggan" wuuu pasti antri banget ituu

    ReplyDelete
  22. Tipsnya bagus nih untuk yang mau memulai usaha kuliner, apalagi dalam kondisi saat ini, lumayan banyak orang yang bertahan di bisnis kuliner mengingat prospeknya cukup bagus ya dan merupakan salah satu usaha dalam bidang pemenuhan kebutuhan pokok juga

    ReplyDelete
  23. Ya Mbak, bisnis kuliner itu menjanjikan. Selain harus kuat bersaing juga harus punya inovasi.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung. Silakan berkomentar dengan baik dan sopan.

Mohon maaf, segala komentar spam, yang berisi link hidup atau yang menyebabkan broken link serta komentar yang mencantumkan identitas tidak jelas akan dihapus.

Komentar yang masuk tidak selalu saya balas.

Terima kasih.