Permainan Galasin, Permainan Tradisional Beregu Yang Seru

Permainan-galasin

Halo, assalamu alaikum.

Kalau lagi buka facebook dan nemu postingan teman di masa kecil itu biasanya paling seru. Dicolek teman soal permainan galasin, misalnya. Dulu sering banget main ini.

Colek-menyolek terus saling berkomentar sampai panjaaang gitu. Kadang sampai ketawa sambil nangis teringat kelucuan dan kekonyolan masa kecil.

Sebagai anak-anak Bapak yang tentara di masa 80-90an memang saya dan saudara-saudara saya bisa dibilang puas dengan masa kecil.

Kami tinggal di perumahan khusus TNI-AU yang luas. Teman kami beragam. Mulai dari tetangga blok sampai anak blok yang jauh karena jadi teman sekolah. Kayak sahabat saya yang dengannya saya mencetuskan 'brave must be have' itu.

Main bareng selalu kami jalani. Kebanyakan permainan tradisional, soalnya di masa itu belum banyak yang punya game. Paling-paling ya game watch atau game di TV. Tapi saya jarang ikut nebeng ngegame di TV tetangga, soalnya pasti dimarahi Ibu. 😁😁😁

Dulu saya punya teman bermain satu blok yang  buanyak. Sepantaran dan suka iseng.

Paling sering itu kami main di jalan aspal di depan rumah. Main bulu tangkis, gobak sodor alias permainan galasin, bak bunder (versi lain gobak sodor), kejar-kejaran, sepiring dua piring, boi-boinan, semutan alias benteng-bentengan, terus apa lagi, ya?

Ada juga main lompat tali alias yeye, cuma mainnya bukan di jalan aspal tapi di halaman rumah. Pernah juga ngetren main egrang alias stilt.

Kalau lagi mager, kami main bola bekel atau gatheng alias bekel pakai batu. Main dakon juga. Atau ular tangga dan halma. Kadang diajak main catur sama mas-mas yang usianya di atas saya.

Kalau lagi pingin banget gerak badan kami main ke sawah! Lari-larian, nyemplung kali cari ikan cethul atau berenang di kali. Kalau enggak ya sepedaan. Tapi ini termasuk jarang.

Cara Bermain Permainan Galasin  


Galasin! Wah ini salah satu favorit kami. Mainnya di aspal. Modalnya cuilan batu bata merah untuk bikin garisnya. Kalau ada kendaraan lewat, bubar dulu, terus lanjut lagi.

Untuk bermain galasin diperlukan setidaknya 6 orang. Ini udah minimal banget, ya. Plis, jangan ditawar. 😅

Lalu dibagi jadi 2 tim. Masing-masing tim punya pemimpin.

Contohnya saja ada 8 orang, ya. Kita bagi jadi 2 tim. Masing-masing 4 orang.

Sesudah itu bikin garis horizontal 3 buah dan satu garis vertikal yang memotong garis horizontalnya.

Garis-permainan-galasin
Garis dan rute permainan galasin

Kalau sudah, pemimpin dua tim melakukan suit alias pingsut. Dulu suitnya pakai sistem telunjuk-jempol-kelingking, bukan kertas-batu-gunting.

Yang menang main. Yang kalah jaga garis. Kita sebut saja dengan istilah Tim Pemain dan Tim Penjaga, ya.

Masing-masing anggota tim penjaga berjaga di satu garis.

Penjaga garis horizontal cuma bisa berlari di garisnya. Demikian juga penjaga garis vertikal. Tapi kayaknya pernah juga ada penjaga garis vertikal yang diperbolehkan lari di garis horizontal. Cmiiw, ya.

Permainan-galasin
Arah larinya tim penjaga dalam permainan galasin


Permainan dimulai ketika penjaga garis vertikal (biasanya pemimpin tim) berlari dari belakang ke depan sambil bilang, "Soooos....!!!"

Tim pemain berada di luar garis. Mereka harus masuk hingga ke belakang dan kembali lagi ke depan tanpa tersentuh sedikit pun oleh lawan. Intinya kembali ke base dengan selamat, gitu.

Kalau seluruh anggota tim pemain berhasil masuk kemudian ada satu orang saja yang berhasil kembali ke base, maka tim tersebut menang.

Tapi kalau ada satu saja anggota tim pemain yang tertinggal di depan (belum sempat masuk sama sekali) saat ada anggota tim lain yang berhasil kembali ke base, maka tim itu dinyatakan gosong alias harus gantian jaga.

Gantian jaga bisa juga terjadi gara-gara ada anggota yang tersentuh tim lawan.

Adu Strategi dalam Permainan Galasin


Meskipun permainan otot tapi ternyata galasin juga mengandalkan strategi, lho.

Permainan-galasin
Adu strategi permainan galasin

Strategi Tim Penjaga Permainan Galasin


Tim penjaga biasanya mengincar dua tipe pemain: yang lemah dan yang lincah.

Yang lemah biasanya itu yang larinya ga kenceng atau yang lebih muda atau yang dikenal mudah menyerah.

Yang lincah biasanya yang punya jiwa petualang atau pemimpin.

Keduanya jadi sasaran empuk tim penjaga.

Biasanya anggota yang paling lemah yang diincar sejak "Sooos...!!!" tadi.

Pemain lemah ini sebisa mungkin disentuh bahkan sebelum ia berhasil masuk. Yang bertugas untuk ini adalah penjaga garis horizontal terdepan. Atau dia dihalangi biar ga bisa masuk sama sekali.

Kalau si lemah ini berhasil lolos, tak jarang ia 'dikeroyok' oleh penjaga garis horizontal plus vertikal.

Kalau pemain lincah biasanya diincar oleh penjaga garis vertikal dan penjaga garis horizontal paling belakang.

Kenapa si lincah ini tidak dicegah masuk saja? Pertama, dia si lincah. Apapun halangannya dia pasti bisa. Kedua, si lincah bisa masuk itu bikin permainan makin seru. Hahaha...

Kadang juga tim penjaga menjebak tim pemain di belakang. Jadi setelah tim pemain berhasil masuk dan berhasil ke belakang semua, penjagaan menjadi sangat ketat. Sampai akhirnya anggota tim pemain ada yang berusaha nekat kembali ke base karena frustasi kelamaan menunggu. Saat itulah tim penjaga beraksi.

Strategi Tim Pemain Dalam Permainan Galasin


Kalau tim penjaga mengincar si lemah dan si lincah, maka tim pemain memanfaatkan dua hal ini bersamaan.

Si lemah akan masuk bareng si lincah. Yes!

Begitu mereka berdua masuk, maka aman. Si lemah akan ditugaskan untuk diam di tempat. Ga usah muluk-muluk kepingin bisa balik ke base.Cukup diam dan menghindari sentuhan lawan. Diam tapi waspada.

Lalu si lincah? Dia akan bergerak ke belakang, menghindari serangan lawan dan bakal berhasil kembali lagi ke base! Si lincah gitu, lho.

Nah, untuk mengalihkan perhatian kadang si lincah ini juga tidak melincahkan diri banget. Dia akan memancing para penjaga mengerumuninya dan memberi kesempatan kepada anggota tim yang tidak diincar untuk melakukan home run.

Biasanya dengan begini perhatian tim penjaga terpecah dan akhirnya tim pemain berhasil memenangkan permainan.

Ada Adu Mental dan Kerja Sama dalam Permainan Galasin


Wow, ada adu strategi, adu mental dan kerja sama juga? Iya, dong.

Sifatnya permainan tradisional beregu kan memang begini. Siapa yang kuat mentalnya yang menang.

Tim yang mentalnya kuat bakalan kuat pula kerja samanya. Ini ditentukan juga oleh pemimpinnya. Salah pilih pemimpin bisa kacau nantinya.

Biasanya pemimpin tim membagi tugas kepada anggotanya. Pemimpin yang baik adalah yang tahu mana si lemah, mana si lincah dan mana si pengalih perhatian.

Pokoknya seru kalau main permainan galasin ini. Sampai-sampai ada juga acara 17-an yang menggelar lomba galasin buat ibu-ibu. Seru!!!

Permainan-galasin
Permainan Galasin para ibu guru.
Foto dari sdjejeran.blogspot.com

Nah, teman-teman sekalian ada juga yang penggemar permainan galasin? Kira-kira kalau ada yang ngajakin, mau main lagi enggak?



Comments

  1. Seru mba jaman mainan masih model2 gobak sodor dan konco2nya ini mba... Anak2 balik sekolah sembari janjian, nanti ngumpul di halamannya siapa. Ganti baju, makan, trus bablas mainan sampe sore di anak yang halamannya luas. Belum pulang klo belum dicari, buat mandi... Nanti klo habis maghrib, maiannnya pindah di depan masjid. Kelar ngaji, nunggu isya. Bar isya liat TV (nggak tau Sinau) wkkk...

    ReplyDelete

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung. Silakan berkomentar dengan baik dan sopan. Mohon maaf, segala komentar spam, yang berisi link hidup atau yang menyebabkan broken link serta komentar yang mencantumkan identitas tidak jelas akan dihapus.

Popular Posts