Pengalaman Menggunakan Burnazin Salep Untuk Luka Bakar

Luka-bakar-derajat-satu

Halo, assalamu alaikum.

Setiap keluarga pasti akan melalui masa-masa susah dan senang secara bergantian. Ada duka-lara, bahagia, cemas dan lain-lain.

Saya sempat merasa kehilangan rasa percaya diri sebagai ibu karena anak balita saya pernah mengalami kecelakaan di dapur. Yaitu terluka bakar yang mengharuskan saya menggunakan salep luka bakar Burnazin.

Ibu mana, sih yang mau anaknya terluka saat bersamanya? Tidak ada!

Alhamdulillaah, luka bakar akibat air panas itu adalah luka ringan semata. Meski begitu, rasa bersalah terus meneror saya, hingga membuat saya takut mendekat ke kompor selama berhari-hari.

Macam-Macam Penyebab Luka Bakar

Apa itu luka bakar? Secara umum luka bakar adalah kerusakan jaringan tubuh yang diakibatkan oleh kontak dengan benda panas.

Benda panas ini bermacam-macam. Bisa berupa api, air panas, benda panas seperti panci yang di atas api, knalpot kendaraan dan juga sengatan listrik serta radiasi sinar matahari. Ada juga luka bakar yang disebabkan kontak dengan bahan kimia.

Semuanya bisa menimbulkan luka bakar derajat satu, derajat dua atau tiga. Tergantung dalamnya luka yang timbul.

Luka bakar juga digolongkan lagi menjadi luka bakar minor dan luka bakar mayor tergantung pada seberapa luas kerusakan jaringan yang terjadi.

Luka bakar derajat satu umumnya masuk sebagai luka bakar minor. Luka bakar derajat dua juga bisa dikatakan luka bakar minor jika luas lukanya sekitar 5 cm. Lebih dari itu, masuk dalam kategori luka bakar mayor.

Hiii...seram, ya. Sama seramnya dengan Anak Kecil Menyaksikan Penyembelihan Hewan Kurban

Kejadian Luka Bakar Di Dapur yang Bikin Trauma

Nah, ceritanya bagaimana kok anak saya bisa terluka bakar?

Jadi, saat itu saya sedang memasak sayur lodeh untuk makan siang. Santan sudah saya siapkan dalam keadaan panas. Saya sisihkan untuk nanti dimasukkan terakhir.

Salep-burnazin-luka-bakar
Terluka bakar seperti ini, duh, alhamdulillah ada salep Burnazin untuk luka bakar.

Entah kenapa, karena kurang berhati-hati mestinya, saya meletakkan santan dalam wadah itu posisinya di meja dapur kurang ke tengah.

Lalu tiba-tiba saja saya melihat tangan mungil anak saya meraihnya.

Cepat sekali kejadiannya.

Saya berteriak, "Jangaaan!"

Tapi terlambat...

Cairan itu mengguyur wajah dan dada.

Anak saya langsung menangis kencang!!

Saya panik!!!

Duh, serem, ya. Tapi sebelum masuk ke cerita selanjutnya, mau simak artikel ini dalam versi audio? Klik di bawah ini, yuk!



Tindakan Pertama pada Luka Bakar Sebelum Pakai Salep Burnazin untuk Luka Bakar

Dalam keadaan panik, alhamdulillaah saya masih ingat tindakan pertama pada luka bakar. Didinginkan!

Saya angkat dia. Saya basahi wajahnya dengan air di bawah keran wastafel cuci piring yang terus terbuka.

Terus dan terus saya basahi, saya usap sambil istighfar. Astaghfirulloh...

Lalu saya buka bajunya, saya basahi dadanya yang memerah itu.

"Ya Alloh...sungguh saya tidak sengaja," batin saya menangis.

"Tolong sembuhkan anak saya..."

Setelah beberapa lama saya basahi dia sebisanya, saya bawa dia ke kamar lalu saya mulai bisa berpikir. Saya keringkan badannya dengan perlahan lalu saya olesi wajah dan dadanya dengan salep Bioplacenton. Semuanya.

Alhamdulillaah, kami masih beruntung, santan tadi bukan santan mendidih tapi sudah agak mendingin meski tetap panas bila disentuh.

Luka bakar yang terjadi alhamdulillaah hanya memerahkan kulit, bukan luka bakar yang melepuh.

Oh iya. Untuk penanganan luka bakar derajat satu dan dua masih bisa ditangani di rumah. Tapi untuk luka bakar derajat tiga harus di rumah sakit.

Untuk pertolongan pertama di rumah dilarang menggunakan pasta gigi atau es batu, ya.

Dilarang! 

Kan ada tuh orang yang menangani luka bakar pakai odol biar cepat kering.

Jangan pakai itu. Malah bisa memperparah luka nantinya.

Dari Salep Bioplacenton ke Salep Burnazin untuk Luka Bakar

Setelah saya olesi luka bakar dengan salep bioplacenton, saya menelepon suami saya dan kami segera konsultasi ke dokter. Oleh dokter, anak saya diberi salep Burnazin dan obat untuk diminum.

Kenapa beralih dari salep Bioplacenton ke salep Burnazin?

Menurut dokter, salep Bioplacenton memang bisa menyembuhkan luka bakar. Namun salep Burnazin ini salep untuk luka bakar derajat dua dan tiga, lebih cocok dipakai dalam kasus ini.

Harapannya agar luka bakar segera sembuh dan tidak meninggalkan bekas mengingat anak saya waktu itu masih berumur 14 bulan dan terjadi luka bakar di wajah.

Salep-burnazin-untuk-luka-bakar
Salep Burnazin untuk luka bakar mengandung Silver Sulphadiazine. Harus dengan resep dokter

Harga salep Burnazin ini 62.000-an. HET 65.000-an. Kami beli di apotek terdekat.

Siang dioleskan, sorenya luka bakar di wajah dan sebagian yang di dada sudah mulai menghilang. Saya saaangat bersyukur.

Esoknya wajah anak saya sudah bersih kembali demikian juga sebagian besar luka bakar di dada.

Beruntung sekali kami bisa dapat salep Burnazin untuk luka bakar ini karena ternyata cocok juga sebagai salep luka bakar untuk anak balita.

Sekitar tiga hari saja, semua bekas luka bakar itu hilang. Alhamdulillaah. Sujud syukur.

Jadi pingin ajak si Adek ke Baby Spa Di Madiun deh biar rileks.

Sungguh sebuah kecelakaan yang menyedihkan. Saya bersyukur lukanya tidak parah walaupun trauma yang timbul bisa jadi lebih besar dari yang saya perkirakan.

Tidak ingin terulang lagi, jelas. Trauma? Iya. Saya terus berdoa semoga kejadian terluka bakar ini tidak terulang lagi. Meskipun ampuh, tapi kami tidak berharap harus pakai salep luka bakar Burnazin lagi. Selamanya.

Comments

  1. Saya hanya tau bioplacenton, ternyata ada burnazin juga, ini mestinya dari kata 'burn" ya mbak, gampang diingat buat ntar kalo diperlukan. Thanks mbak

    ReplyDelete
  2. Saya maw nnyak dong Bu. Saya sudah 4 hari ini terkenan minyak panas yg baru slesai goreng ikan. Saya beri burnazin. Saya maw nnyak. Bisakah burnazin ya ngilangin bekas nya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau penanganan awalnya tepat pakai burnazin insya Alloh bisa mengatasi luka bakarnya. Ditelateni saja bun, insya Alloh bisa hilang bekasnya.

      Delete

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung. Silakan berkomentar dengan baik dan sopan. Mohon maaf, segala komentar spam, yang berisi link hidup atau yang menyebabkan broken link serta komentar yang mencantumkan identitas tidak jelas akan dihapus.

Popular Posts