KEB

KEB

BPN

BPN

About Me

About Me
Diah is here! Mom of three boys.

Cari Ide Kegiatan Anak Saat Libur Panjang

Libur-panjang-anak-sekolah

Hai, assalamu alaikum.

Masih suasana libur, ya? Ada yang sudah masuk lagi juga sih, hehe...selamat berkarya buat yang sudah kembali bekerja. Buat yang masih liburan, selamat menikmati hari-hari santai!

Baca juga: Oleh-Oleh Liburan Ke Jogja

Anak-anak saya sih masih libur ini. Puas banget liburan kali ini karena libur lebaran disambung libur akhir tahun ajaran. Libur puanjang asyik, cuma bisa bikin bosan juga.

Di hari-hari pertama libur sih masih hore-hore aja mereka nganggur di rumah, ga ada target ini-itu dari sekolah. Tapi lama-lama mereka juga mulai kehabisan ide mau ngapain.

Baca juga: DIY Pocket Calendar

Ya udah, ikut ibu aja yuk cari ide aktivitas liburan lewat internet.

Pilihan saya jatuh ke Pinterest. Beneran deh, ide di situ tuh masya Alloh beragamnya. Ga bosen deh buka Pinterest. Mulai dari resep masakan, craft, trik matematika, desain interior, desain kandang ayam, tips parenting, sampai daftar kegiatan selama libur. Misalnya ini:
Liburan-anak-sekolah


Daftar tadi bisa disesuaikan dengan kondisi. Ga selalu harus dibuat tabelnya juga, yang penting idenya bisa dicontek.

Selain untuk dicontek, ide dari Pinterest juga berguna untuk membujuk anak-anak saat mereka manyun kebosanan. "Lihat! Anak-anak di sana juga pada bosen libur. Sama, kan? Tapi mereka punya daftar kegiatan selama sebulan lho biar ga jadi bosen."

Biar Asyik, Harus Ada Kegiatan Anak Selama Libur Panjang


Ada juga beberapa ide percobaan ilmiah sederhana yang bisa dilakukan anak. Misalnya kayak yang dibuat anak-anak saya ini. Ada proyektor mini, jam matahari, bikin gambar ilusi 3D dan percobaan air dalam botol berlubang yang tidak tumpah. Biar semangat, percobaan itu dibuatkan videonya juga. Seru, kan?


Sebagian percobaan itu sebetulnya bisa dikatakan belum sesuai harapan, misalnya proyek jam matahari yang lumayan belum berhasil. Hasil penampakan bayangannya bikin bingung. Tapi tak apa, kebingungan itu mengantarkan anak-anak pada pencarian berikutnya. Ganti metode atau ganti proyek, hehehe...

Libur-panjang-anak-sekolah

Kegiatan-saat-libur-sekolah

Sungguh, saya ga keberatan mereka terus mencoba. Belum berhasil itu juga sebuah langkah maju. Ya, kan?

Saat ini anak-anak belum ada proyek percobaan lagi, tapi saya yang sedang menyiapkan kegiatan di sisa liburan ini. Ide saya sih tentang praktik matematika per hari. Tujuannya menghafal perkalian dan pembagian biar pas masuk nanti langsung bisa 'lari cepat'.

Idenya lagi-lagi nyontek dari tempat orang-orang pinter alias Pinterest. 😄

Nah, teman-teman ada juga yang suka nyontek ide kegiatan anak saat libur panjang dari Pinterest? Ide tentang apa yang biasanya dicari? Atau dapat idenya dari tempat lain mungkin? Boleh dong cerita di sini. Yuk, yuk.

Related Posts

6 komentar

  1. biasanya ide-ide DIY ini aku suka cari juga dengan googling, pintrest juga bagus kontennya.

    BalasHapus
  2. Yen ibune cah ipa karo ibune cah IPS ki mungkin memang bedo treatment yo mba...

    Aku gawe percobaan aneh2..aku dewe ga gitu paham. Anak2ku do tak kon moco BOBO... Pit2an...dhelikan... Yen sabtu/minggu giliran mbolang...

    BalasHapus
  3. Saya langsung nge-klik ke Pinterest, bagus dan menarik ide kegiatannya...

    BalasHapus
  4. Wah idenya asyik juga, lumayan buat menjauhkan para keponakan dari gadget nya mereka

    BalasHapus
  5. wahhh kreatif banget yaaa... bisa jadi inspirasi buat buat sesuatu nih :D

    BalasHapus
  6. Ide liburan bersama anak-anak ala saya adalah pergi ke luar kota! Jalan-jalan hahaha...
    Sampai sekrang anak sulung saya masih saya titipkan di rumah opa omanya di Surabaya. Sedangkan adiknya bersama papa mamanya di Bali. Oh ya, saya juga suka buka Pinterest untuk cari ide mengajar Bahasa Inggris. Dulu volunteer dari Finlandia yang menyarankan kepada saya untuk cari ide disitu ;)

    BalasHapus

Posting Komentar