Skip to main content

Cari Ide Kegiatan Anak Saat Libur Panjang

Libur-panjang-anak-sekolah

Hai, assalamu alaikum.

Masih suasana libur, ya? Ada yang sudah masuk lagi juga sih, hehe...selamat berkarya buat yang sudah kembali bekerja. Buat yang masih liburan, selamat menikmati hari-hari santai!

Baca juga: Oleh-Oleh Liburan Ke Jogja

Anak-anak saya sih masih libur ini. Puas banget liburan kali ini karena libur lebaran disambung libur akhir tahun ajaran. Libur puanjang asyik, cuma bisa bikin bosan juga.

Di hari-hari pertama libur sih masih hore-hore aja mereka nganggur di rumah, ga ada target ini-itu dari sekolah. Tapi lama-lama mereka juga mulai kehabisan ide mau ngapain.

Baca juga: DIY Pocket Calendar

Ya udah, ikut ibu aja yuk cari ide aktivitas liburan lewat internet.

Pilihan saya jatuh ke Pinterest. Beneran deh, ide di situ tuh masya Alloh beragamnya. Ga bosen deh buka Pinterest. Mulai dari resep masakan, craft, trik matematika, desain interior, desain kandang ayam, tips parenting, sampai daftar kegiatan selama libur. Misalnya ini:
Liburan-anak-sekolah


Daftar tadi bisa disesuaikan dengan kondisi. Ga selalu harus dibuat tabelnya juga, yang penting idenya bisa dicontek.

Selain untuk dicontek, ide dari Pinterest juga berguna untuk membujuk anak-anak saat mereka manyun kebosanan. "Lihat! Anak-anak di sana juga pada bosen libur. Sama, kan? Tapi mereka punya daftar kegiatan selama sebulan lho biar ga jadi bosen."

Biar Asyik, Harus Ada Kegiatan Anak Selama Libur Panjang


Ada juga beberapa ide percobaan ilmiah sederhana yang bisa dilakukan anak. Misalnya kayak yang dibuat anak-anak saya ini. Ada proyektor mini, jam matahari, bikin gambar ilusi 3D dan percobaan air dalam botol berlubang yang tidak tumpah. Biar semangat, percobaan itu dibuatkan videonya juga. Seru, kan?


Sebagian percobaan itu sebetulnya bisa dikatakan belum sesuai harapan, misalnya proyek jam matahari yang lumayan belum berhasil. Hasil penampakan bayangannya bikin bingung. Tapi tak apa, kebingungan itu mengantarkan anak-anak pada pencarian berikutnya. Ganti metode atau ganti proyek, hehehe...

Libur-panjang-anak-sekolah

Kegiatan-saat-libur-sekolah

Sungguh, saya ga keberatan mereka terus mencoba. Belum berhasil itu juga sebuah langkah maju. Ya, kan?

Saat ini anak-anak belum ada proyek percobaan lagi, tapi saya yang sedang menyiapkan kegiatan di sisa liburan ini. Ide saya sih tentang praktik matematika per hari. Tujuannya menghafal perkalian dan pembagian biar pas masuk nanti langsung bisa 'lari cepat'.

Idenya lagi-lagi nyontek dari tempat orang-orang pinter alias Pinterest. 😄

Nah, teman-teman ada juga yang suka nyontek ide kegiatan anak saat libur panjang dari Pinterest? Ide tentang apa yang biasanya dicari? Atau dapat idenya dari tempat lain mungkin? Boleh dong cerita di sini. Yuk, yuk.

Comments

  1. biasanya ide-ide DIY ini aku suka cari juga dengan googling, pintrest juga bagus kontennya.

    ReplyDelete
  2. Yen ibune cah ipa karo ibune cah IPS ki mungkin memang bedo treatment yo mba...

    Aku gawe percobaan aneh2..aku dewe ga gitu paham. Anak2ku do tak kon moco BOBO... Pit2an...dhelikan... Yen sabtu/minggu giliran mbolang...

    ReplyDelete
  3. Saya langsung nge-klik ke Pinterest, bagus dan menarik ide kegiatannya...

    ReplyDelete
  4. Wah idenya asyik juga, lumayan buat menjauhkan para keponakan dari gadget nya mereka

    ReplyDelete
  5. wahhh kreatif banget yaaa... bisa jadi inspirasi buat buat sesuatu nih :D

    ReplyDelete
  6. Ide liburan bersama anak-anak ala saya adalah pergi ke luar kota! Jalan-jalan hahaha...
    Sampai sekrang anak sulung saya masih saya titipkan di rumah opa omanya di Surabaya. Sedangkan adiknya bersama papa mamanya di Bali. Oh ya, saya juga suka buka Pinterest untuk cari ide mengajar Bahasa Inggris. Dulu volunteer dari Finlandia yang menyarankan kepada saya untuk cari ide disitu ;)

    ReplyDelete

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung. Sila berkomentar dengan baik dan sopan. Mohon maaf, segala komentar spam, yang berisi link hidup atau yang menyebabkan broken link serta komentar yang mencantumkan identitas tidak jelas akan dihapus.

Popular posts from this blog

Kegiatan Ibu Rumah Tangga Saat Anak Sudah Beranjak Dewasa

Disclosure: Tulisan ini merupakan artikel bersponsor


“Kamu enak, Dek, masih punya anak kecil. Anakku udah remaja, apa-apa maunya dia lakukan sendiri,” curhat seorang saudara saya.

“Mau apa nanti aku, ya, jadi ibu rumah tangga saat anak sudah beranjak dewasa?”

Saya cuma bisa nyengir saja. Sama deh, saya juga ibu rumah tangga. Beberapa tahun lagi mungkin saya bakalan mengalami hal ini juga. Banyak tuh ibu-ibu yang bercerita, dulunya si anak mau diajak ke mana-mana. Sekarang? Boro-boro diajak, anaknya aja jarang ada di rumah.

Dulu, pas repot-repotnya mengurus anak balita, kita inginnya anak kita cepat besar, biar lebih enteng. Eh, setelah anak benar-benar besar dan mandiri, kita juga kebingungan mau ngapain di rumah seharian. Istighfar.

“Ngurus Posyandu aja, Mbak,” jawab saya iseng.

Saudara saya itu tinggal di perumahan model cluster di wilayah Solo Baru, Jawa Tengah. Kota satelitnya Solo ini termasuk yang cepat berkembang. Maklumlah, Solo memang salah satu kota besar di Jawa Tengah. Pen…

Mengurus Lapor Jual Kendaraan

Siang ini saya mengurus lapor jual kendaraan ke Samsat Polres Kabupaten Madiun. Untuk apa mengurus lapor jual kendaraan? Lapor jual dilakukan saat seseorang menjual kendaraan bermotornya. Mengapa harus dilaporkan? Hal ini berkenaan dengan pajak kendaraan bermotor. Kendaraan yang telah dijual namun belum dilaporkan akan tetap dikenai pajak atas nama pemilik lama. Jika pemilik lama memiliki kendaraan lebih dari satu, sesuai Peraturan Pemerintah dikenai pajak progresif.
Kendaraan yang dikenai pajak progresif adalah mobil dan sepeda motor dengan kapasitas mesin di atas 250 cc. Jika seseorang memiliki kendaraan dua buah, makai dikenai pajak progresif 2% dari Nilai Jual Kendaraan Bermotor. Jika tiga buah, pajak progresifnya 2,5%; dan seterusnya.

Cara Menonaktifkan Fitur Talkback Pada HP Samsung Galaxy Core Duo

Ini adalah cerita cara menonaktifkan fitur Talkback pada HP Samsung Galaxy Core Duo. Minggu lalu, tiba-tiba anak saya yang kecil lapor ke saya, "Bu, talkback itu gunanya untuk mengunci HP." Naluri saya bekerja, apa maksudnya mengunci? Ternyata betul, si Mas sedang berjuang mengembalikan settingan HP ayahnya yang dia utak-atik. Sejurus kemudian, dengan muka memelas, si Mas meminta bantuan saya.Kejadian ini bukan pertama kalinya. Sudah kesekian kali si Mas bikin kecelakaan pada HP. Kecelakaannya pun bermacam-macam. Anehnya, HP ayahnya pula yang kena, padahal HP itu lebih penting daripada HP saya. Iya sih, HP saya kalah canggih jadi baru dilirik kala HP si Ayah tak ada.