KEB

KEB

BPN

BPN

About Me

About Me
Diah is here! Mom of three boys.

Permainan Seru Bersama Bayi 9 Bulan

Bayi-9-bulan

Setelah terpesona dengan perubahan bayi 7 bulan yang kadang bikin kecewa, sekarang mengasuh bayi 9 bulan sudah lebih realistis. Ya kan? Bayi 9 bulan itu sudah bisa merangkak ke mana-mana, merambat, bahkan ada yang sudah kepingin berjalan. Bayi 9 bulan juga sudah asyik diajak main. Apa aja sih permainan seru bersama bayi 9 bulan?

Permainan Seru Bersama Bayi 9 Bulan

Bayi 9 bulan itu sudah bikin deg-degan seluruh anggota keluarga. Medan jelajahnya makin luas dengan makin trampilnya dia merangkak. Selain merangkak aktif, bayi 9 bulan juga sudah mulai bisa berdiri dengan berpegangan dan merambat. Sebagian bayi 9 bulan malah sudah menunjukkan tanda-tanda ingin berjalan. Apalagi kalau kumpul dengan sesama anak kecil yang sudah bisa berjalan, wuih...bayi 9 bulan makin gemes pingin ikutan berjalan. Hahaha... setidaknya Bayi Dig begitu.

Bayi 9 bulan juga sudah mulai ga mau ditinggal. Ditinggal ngangkat jemuran aja nangis kejer. Ya sudahlah, ayok ikut angkat jemuran, Nak.


Nah, permainan seru bersama bayi 9 bulan pun berkisar di soal 'selalu bersama dan ga boleh ngilang'  Misalnya nih, kejar-kejaran yang dipadu dengan petak umpet. Kejar-kejaran? Lho, kan masih merangkak? Iyes.

Permainan Seru Bersama Bayi 9 Bulan: Ci Luk Baaa

Bayi-9-bulan

"Umur berapa sih bayi bisa diajak main cilukba?"
Pernah saya tanya begitu ke sebuah grup ibu-ibu di facebook. Waktu itu Bayi Dig baru umur 5 bulanan. Penasaran dong, kapan bisa diajak seru-seruan kayak gitu. Kok di-cilukba-in masih belum merespon?

Ternyata Bayi Dig baru paham permainan cilukba di umur 7 bulan.  Baru bisa asyik sampai ketawa-ketiwi. Nah, di umur 9 bulan ini tentunya masih tetep seru dong ya main cilukbanya. Cilukbanya bisa model cilukba biasa, yakni tutup muka kita dengan bantal atau buku sambil ucapkan, "ciluk..." lalu buka penutup sambil bilang, "baaa..." gitu. Ish, iya, udah tauk!


Atau bisa juga cilukbanya lewat cermin. Caranya gendong si bayi 9 bulan menghadap cermin. Setelah dia ngeh dengan adanya 'bayi lain' di dunia cermin sana, tarik diri ke samping sampai tidak terlihat di cermin. Lalu, "ciluuuk..." dan "baaa..." sambil muncul di cermin lagi. Si bayi 9 bulan bakal gembira ketawa-ketawa dengan antusias.

Bisa juga cilukba cermin ini dengan membelakangi cermin lalu berputar menghadap cermin. Seru deh! Oya, permainan ini bisa dilakukan berdua saja dengan dedek bayi.

Permainan Seru Bersama Bayi 9 Bulan: Main Ekspresi Di Kaca

Di permainan ini bayi diajak menghadap kaca bening, misalnya jendela rumah. Suruh si kakak atau siapapun untuk mendekatkan wajah ke kaca. Biarkan bayi mengenali wajah si lawan main. Minta lawan main untuk berekspresi di muka kaca. Entah itu bikin muka lucu, dadah-dadah, ajak tos, panggil nama, dll. Intinya ajak bayi berinteraksi.
Bayi Dig seneeeng banget main kayak gini. Si Mas di luar sibuk berekpresi, si adek sibuk merespon. Kalau anak saya mah seru-seru banget sampai pukul-pukul kaca. *haduh*


Dalam permainan ini butuh setidaknya 3 orang termasuk si bayi. Yang satu di sisi lain kaca, yang satu menemani bayi.


Permainan Seru Bersama Bayi 9 Bulan: Kejar-Kejaran Plus Petak Umpet

Berhubung si bayi 9 bulan baru bisa merangkak, ayok...ikut merangkak! Kejar-kejarannya pakai dua lutut dan 2 tangan !

Pancing bayi mengikuti kita dengam cara kita merangkak di hadapannya. Setelah bayi terpancing, merangkaklah dengan cepat seperti dikejar, lalu berhenti dan hadapkan muka ke arah bayi sambil nyengir. Bayi akan antusias mengejar kita. Saat dia sudah hampir sampai di dekat kita, merangkaklah dengan cepat lagi, jaga jarak lalu berhenti lagi. Biarkan bayi mengejar kita lagi. Kemungkinan bayi 9 bulan bakalan berteriak girang saat bermain ini.

Mau yang the next level? Gabungkan kejar-kejaran dengan petak umpet! Merangkaklah dengan cepat saat dikejar bayi lalu sembunyi di balik kulkas atau lemari atau masuk ke ruangan lain. Diam sejenak, biarkan bayi kehilangan jejak. Sebentar saja agar bayi tidak menangis. Lalu munculkan wajah agar bayi bisa melihat kita. Setelah tahu posisi kita, bayi akan mengejar dengan gembira. Lanjutkan dengan kejar-kejaran lagi! Dobel serunya!


Capek Setelah Main Permainan Seru Bersama Bayi 9 Bulan? Saatnya Santai

Seru-seruan sudah usai. Main beginian jangan terlalu lama, takutnya kecapekan, hehe... Usai main, biarkan bayi istirahat. Lihatlah wajahnya yang gembira dan puas. Selesai itu, bisa banget tuh bayi ditidurkan dengan ASI atau minum susu.
Selamat tidur, Nak.

Related Posts

7 komentar

  1. Hihi, emang paling seneng kalau anak udah bisa diajak main bareng. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak. Tambah seru kalau sama mas-masnya.

      Hapus
  2. Hihi, main petak umpet sama ciluk baa udah bisa kalau anak udah merangkak. :D

    BalasHapus
  3. Biasanya kalau udah cepek main, pasti bawaannya ngantuk deh si bayi.

    BalasHapus
  4. Cilukba... Inget, raka dan alya dulu yo seneng banget. Biasane pake slendang/jarit...

    Umur segitu..masa nggak boleh lengah. Terlena sebentar, wis bablas le mbrangkang...

    BalasHapus

Posting Komentar