Skip to main content

Bentangkan Sayap Menuju Kilometer Nol Bersama Skyscanner

Skyscanner


"Dari Sabang sampai Merauke
Berjajar pulau-pulau
Sambung-menyambung menjadi satu
Itulah Indonesia

Indonesia tanah airku
Aku berjanji padamu
Menjunjung tanah airku
Tanah airku Indonesia"


Sabang. Nama kota ini pertama kali saya dengar saat masih belajar di SD. Seorang tetangga saya pindahan dari Sabang.  Sebagai anak tentara yang tinggal di kompleks tentara, tetangga-tetangga saya kebanyakan silih berganti datang menetap dan pindah ke berbagai belahan Nusantara mengikuti tugas yang diberikan oleh negara.

Kali kedua saya teringat lagi dengan Sabang adalah saat sahabat pena saya mengisahkan petualangan Kuliah Kerja Nyata (KKN)-nya di Sabang, Pulau Weh. Pantai pasir putihnya sangat indah, katanya. Belum lagi di sana ke mana-mana ketemu laut. Sahabat saya ini begitu bersyukur bisa menikmati keindahan ciptaan Tuhan yang tak biasa didapatnya sebelumnya sebagai warga Banda Aceh.

Saya pun hanya bisa membayangkan keindahan itu sambil berharap suatu ketika bisa menginjakkan kaki ke sana, ke ujung Indonesia paling Barat, mengunjungi titik kilometer nol Indonesia.

Menatap kilometer nol, bagaikan menyaksikan mesin kendaraan baru yang belum menyentuh jalanan. Masih gres, menantang, sekaligus menimbulkan rasa sayang yang dalam. Masih di angka nol, berarti siap melaju ke manapun kita ingin pergi. Asal berhati-hati membawa diri, insya Alloh sampai pada yang dicari.

Menikmati Tak Hanya Kilometer Nol Bersama Skyscanner


Sabang tak hanya kilometer nol. Sabang punya banyak pantai yang indah. Pulau Weh tempat Sabang ditempatkan oleh Alloh ini bertetangga dengan 4 pulau lain. Ada Pulau Rubiah, tempat transit djamaah tjalon hadji tempo doeloe, di masa ketika berhaji harus dilakukan dengan mengarungi lautan luas. Haji laut, kata orang. Di sini pulalah mungkin HAMKA pernah menjejakkan kakinya. 
Pulau-rubiah-skyscanner
Gambar dari IG @ruanganimaji

Pulau Rubiah ini juga terkenal dengan surga bawah lautnya. Kalau menyelam di sini mungkin kita bisa menemukan kawan si Nemo.

Selain Pulau Rubiah ada lagi Pulau Klah, Rondo dan Seulako. Pulau-pulau kecil di Perairan Andaman ini semuanya masuk wilayah administratif kota Sabang. Bahkan Pulau Rondo sebenarnya merupakan titik kilometer nol Indonesia yang asli mengingat posisinya yang paling luar dan berbatasan langsung dengan India pada Kepulauan Nikobar. Namun karena aksesnya yang sulit, maka titik kilometer nol dipindahkan ke Sabang.

Kilometer-nol-skyscanner
Gambar dari IG @sabangtrip

Jauhkah Sabang? Jelas. Setidaknya 6 ribu km jarak Madiun-Banda Aceh (belum ke Sabangnya!) dilihat dari Google Map 珞. Butuh berhari-hari dengan perjalanan darat. Namun alhamdulillaah, jarak sejauh itu bisa dilipat dengan beberapa jam perjalanan saja dengan mengantongi tiket pesawat Garuda.

Menuju Kilometer Nol Bersama Skyscanner


Untuk urusan ke sananya bagaimana, di zaman digital sekarang ini sudah tak ada excuse lagi untuk bilang, "Ga ada info". Informasi banyak bertebaran di internet, ada website, ada juga aplikasinya. Tinggal pilih mana yang terpercaya. Skyscanner punya situs dan aplikasi yang bisa membantu kita menemukan tiket pesawat dengan sangat, sangat mudah.

Ke Sabang dari Jakarta, misalnya, tinggal masukkan saja tanggal keberangkatan dan kepulangan yang dikehendaki. Lalu bisa pilih mau beli tiket pesawat pulang-pergi, sekali jalan atau multikilota. Misalnya seperti ini:

Skyscanner

Muncul juga pilihan harga terbaik, tercepat dan termurah. Pilih yang dikehendaki atau klik tombol Filter untuk mempersempit hasil pencarian agar lebih sesuai dengan kebutuhan. 

Skyscanner

Bisa difilter jam keberangkatan dan pulangnya, maskapai penerbangan yang dipilih, mau penerbangan langsung atau pakai transit, ingin pilih perjalanan yang singkat atau cukupan. Bisa disaring sendiri. Coba aja, ya.
Skyscanner
Filter perhentian
Skyscanner
Filter waktu keberangkatan
Skyscanner
Filter lama perjalanan dan maskapai


Setelah terfilter, muncul hasilnya seperti ini. Misalnya saya pilih tiket pesawat Garuda Indonesia, penerbangan pagi, langsung.



Sudah?

Sekarang klik Pilih dan nanti akan muncul pilihan travel agent-nya. Pilih yang sesuai hati nurani, lalu klik Pesan dan akan muncul halaman yang tertaut ke situs travel agent tadi. Lanjut deh di sana.



Mudah kaaan?
Sila dicoba sendiri eksplor situs skyscanner ini, ya. Berdua sama suami/istri juga boleh ding. Eh.

Disclaimer: Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog yang diselenggarakan oleh ID Corners dan Skyscanner

Comments

  1. Cakep banget ya mba pantaine. Suami ku ya pernah ke 0 kilometer; biasa..studi banding pnglolaan keuangan daerah, tapi studi bandinge 10% dan 90% e jalan2...
    Malah dicritoni le snorkling n bisa lihat banyak ikan hias..

    Kapan ya aku bisa ke sana...

    Diaamiin i aja deh. Semoga bisa.


    ReplyDelete
  2. Kapan ya Traveling ke 0 KM..

    Membantu sekali informasinya.

    ReplyDelete
  3. saya juga mau ke sana , penasaran berdiri di titik nol

    ReplyDelete
  4. Belum kesampaian ke nol kilometer baru ke iboh aha

    ReplyDelete
  5. Wah jauh yaaa, Mak. Untungnya bisa ditempuh lebih cepat dengan perjalanan pesawat. Semoga saya juga bisa sampai ke sana buat jalan-jalan

    ReplyDelete
  6. Filternya keren yaa.
    Tinggal pilih sesuai kebutuhan.
    Sabang memang salah satu bucket list, apalagi ada sahabat waktu ketemu umroh yang juga tinggal di propinsi ini.

    ReplyDelete
  7. Sudah sampai Banda Aceh tapi enggak bisa ke Sabang itu rasanya..huwaa. (setahun sesudah tsunami jadi serombongan masih belum ngerasa nyaman)
    Jadi musti diulang lagi kunjungannya nih ..
    Terima kasih infonya Mbak..Sabang jadi bucket list saya

    ReplyDelete
  8. NAGAQQ | AGEN BANDARQ | BANDARQ ONLINE | ADUQ ONLINE | DOMINOQQ TERBAIK
    Yang Merupakan Agen Bandarq, Domino 99, Dan Bandar Poker Online Terpercaya di asia hadir untuk anda semua dengan permainan permainan menarik dan bonus menarik untuk anda semua

    Bonus yang diberikan NagaQQ :
    * Bonus rollingan 0.5%,setiap minggunya
    * Bonus Refferal 10% + 10%,seumur hidup
    * Bonus Jackpot, yang dapat anda dapatkan dengan mudah

    * Minimal Depo 15.000
    * Minimal WD 20.000

    Games Yang di Hadirkan NagaQQ :
    * Poker Online
    * BandarQ
    * Domino99
    * Bandar Poker

    Info Lebih lanjut Kunjungi :
    Website : AGEN BANDARQ NagaQQ
    WHATSAPP : +855967014811
    PIN BB : 2B209F68

    ReplyDelete

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung. Silakan berkomentar dengan baik dan sopan. Mohon maaf, segala komentar spam, yang berisi link hidup atau yang menyebabkan broken link serta komentar yang mencantumkan identitas tidak jelas akan dihapus.

Popular posts from this blog

Kegiatan Ibu Rumah Tangga Saat Anak Sudah Beranjak Dewasa

Disclosure: Tulisan ini merupakan artikel bersponsor


“Kamu enak, Dek, masih punya anak kecil. Anakku udah remaja, apa-apa maunya dia lakukan sendiri,” curhat seorang saudara saya.

“Mau apa nanti aku, ya, jadi ibu rumah tangga saat anak sudah beranjak dewasa?”

Saya cuma bisa nyengir saja. Sama deh, saya juga ibu rumah tangga. Beberapa tahun lagi mungkin saya bakalan mengalami hal ini juga. Banyak tuh ibu-ibu yang bercerita, dulunya si anak mau diajak ke mana-mana. Sekarang? Boro-boro diajak, anaknya aja jarang ada di rumah.

Dulu, pas repot-repotnya mengurus anak balita, kita inginnya anak kita cepat besar, biar lebih enteng. Eh, setelah anak benar-benar besar dan mandiri, kita juga kebingungan mau ngapain di rumah seharian. Istighfar.

“Ngurus Posyandu aja, Mbak,” jawab saya iseng.

Saudara saya itu tinggal di perumahan model cluster di wilayah Solo Baru, Jawa Tengah. Kota satelitnya Solo ini termasuk yang cepat berkembang. Maklumlah, Solo memang salah satu kota besar di Jawa Tengah. Pen…

Mengurus Lapor Jual Kendaraan

Siang ini saya mengurus lapor jual kendaraan ke Samsat Polres Kabupaten Madiun. Untuk apa mengurus lapor jual kendaraan? Lapor jual dilakukan saat seseorang menjual kendaraan bermotornya. Mengapa harus dilaporkan? Hal ini berkenaan dengan pajak kendaraan bermotor. Kendaraan yang telah dijual namun belum dilaporkan akan tetap dikenai pajak atas nama pemilik lama. Jika pemilik lama memiliki kendaraan lebih dari satu, sesuai Peraturan Pemerintah dikenai pajak progresif.

Kendaraan yang dikenai pajak progresif adalah mobil dan sepeda motor dengan kapasitas mesin di atas 250 cc. Jika seseorang memiliki kendaraan dua buah, makai dikenai pajak progresif 2% dari Nilai Jual Kendaraan Bermotor. Jika tiga buah, pajak progresifnya 2,5%; dan seterusnya.

Cara Menonaktifkan Fitur Talkback Pada HP Samsung Galaxy Core Duo

Ini adalah cerita cara menonaktifkan fitur Talkback pada HP Samsung Galaxy Core Duo.

Minggu lalu, tiba-tiba anak saya yang kecil lapor ke saya, "Bu, talkback itu gunanya untuk mengunci HP."

Naluri saya bekerja, apa maksudnya 'mengunci'? Ternyata betul dugaan saya, si Mas sedang berjuang mengembalikan settingan HP ayahnya yang dia utak-atik. Sejurus kemudian, dengan muka memelas, si Mas meminta bantuan saya.

Kejadian ini bukan pertama kalinya. Sudah kesekian kali si Mas bikin kecelakaan pada HP. Kecelakaannya pun bermacam-macam. Anehnya, HP ayahnya pula yang kena, padahal HP itu lebih penting daripada HP saya. Iya sih, HP saya kalah canggih jadi baru dilirik kala HP si Ayah tak ada.

Pernah si Ayah usul supaya si Mas diberi HP saja biar tidak mengusili HP orang tuanya, tapi saya tolak. Begini saja sudah bikin yang aneh-aneh, apalagi kalau punya sendiri. Lagipula bahayanya sangat besar kalau anak yang umurnya saja belum ada 7 tahun sudah punya HP sendiri.

Baca jug…