Skip to main content

Padu Padan Gaya Batik Agar Tak Terkesan Jadul

Padu padan gaya batik

Batik sekarang tak lagi identik dengan kesan kuno. Karena variasi batik kekinian justru kelihatan menarik dan mudah dipadupadankan. Penggunaan batik justru bisa menampilkan kesan etnik yang sangat unik. Tak mengherankan bila banyak orang semakin tertarik menggunakan batik ketika beraktivitas.

Supaya pakaian batik yang kita gunakan tampak istimewa dan jauh dari kesan jadul, sebaiknya kita mempelajari trik-trik berikut ini:

Menggunakan Pakaian Batik Berukuran Slim Fit
Batik yang ukurannya terlalu longgar akan memberikan kesan tua dan ketinggalan zaman. Oleh sebab itu, kita wajib menggunakan pakaian batik berukuran slim fit sesuai dengan bentuk tubuh. Batik slim fit juga akan membuat bentuk tubuh kelihatan semakin proporsional. Tidak tampak terlalu kurus atau terlalu gemuk ketika difoto.

Memilih Batik Berwarna Cerah
Selama ini batik identik dengan warna cokelat atau warna-warna gelap lainnya. Namun kini batik tampil lebih colorful dengan pilihan warna-warna cerah. Kita bisa memilih batik berwarna cerah agar penampilan tidak terkesan suram dan monoton. Sesuaikan saja pilihan warna batik dengan tone warna kulit sehingga penampilan kita terkesan lebih segar dan ceria.

Variasi Pakaian Batik dengan Bahan Polos
Pakaian batik kini tidak selalu terdiri dari full bahan batik. Banyak pula variasi pakaian batik yang dipadukan dengan bahan polos. Kombinasi ini membuat batik terkesan lebih soft dan tidak kelihatan terlalu “ramai”. Kita pun akan lebih leluasa memadukan batik dengan bahan pakaian lain untuk menghasilkan tampilan yang istimewa.


Memadukan Batik dan Denim
Tak ada larangan untuk memadukan batik dan denim untuk menghasilkan tampilan yang kekinian. Kita bisa menggunakan kemeja atau blus batik lalu memadukannya dengan celana denim berpotongan slim fit. Gaya semi casual ini ternyata cocok digunakan ketika hangout atau kuliah. Penampilan pun akan tampak lebih sopan tetapi jauh dari kesan ketinggalan zaman.

Menggunakan Batik dan Celana Kulot
Bagi para wanita yang bertubuh tinggi, penggunaan batik bisa dipadukan dengan celana kulot warna polos. Celana kulot warna netral seperti hitam, cokelat tua, dan biru navy sangat mudah dipadukan dengan aneka warna batik. Penggunaan celana kulot akan membuat tubuh terkesan lebih ramping. Selain itu, celana kulot juga membuat kita leluasa bergerak karena ukurannya longgar dan bahannya sangat nyaman. Nuansa etnik pada motif batik pun akan lebih hidup.

Sentuhan Kain Batik Juga Tak Kalah Menarik
Kita tak harus selalu menggunakan pakaian batik yang sudah jadi. Karena kita bisa memvariasikan kain batik untuk membuat rok lilit atau selendang (untuk kaum pria). Sentuhan kain batik dengan model yang tak biasa akan kelihatan lebih menarik. Karena penampilan kita pasti tampak berbeda dibandingkan batik-batik biasa yang dikenakan orang lain.

Batik Couple untuk Pasangan Muda
Kalau ingin tampil kompak dengan pasangan, tak ada salahnya jika sesekali kita sepakat menggunakan batik couple. Pilih motif dan model batik yang unik dan jarang ada di pasaran. Sehingga penampilan kita dan pasangan akan tampak semakin istimewa. Batik couple paling cocok digunakan ketika menghadiri undangan pesta atau kegiatan lainnya yang bersifat formal.

Padu padan batik tidak sulit bila kita rajin mencari referensi terkini. Apalagi sekarang MatahariMall.com menyiapkan koleksi batik yang lengkap, mulai dari kemeja pria, blus batik, dress, dan jenis batik lainnya. Bergaya dengan batik favorit jadi semakin menyenangkan. Kalau belum punya batik andalan untuk mendukung aktivitas kita, yuk cari dulu aneka pakaian batik berkualitas di website MatahariMall.com.

Comments

  1. Hemmm gayanya trendy semua yah mbak, bagus tuh mencintai batik dengan seiring zaman. #DuniaFaisol

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas. Batik pun ngikut perkembangan zaman. Makin warna-warni, makin kece.

      Delete
  2. He eh, selama ini aku mls pake batik krn kesannya trus keliatan tua.

    Tp trnyata bisa diakali ya mb..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ho oh. Batik sama denim, batik sama polos kesannya enerjik n seger malah. Apalagi kalo warnanya yang cerah, ga burem jadinya

      Delete
  3. Saya sampe sekarang masih kesulitan nyari batik yang pas. Soalnya malah jadi keliatan tua >< thanks mbak untuk insightnya. Hehe

    ReplyDelete
  4. Sejak diwajibkan setiap rabu dan jumat pakai batik ke kantor, koleksi batik saya jadi nambah hehehe... Dulu pakai batik cuma kalau acara-acara resmi saja, jadinya pilih batik yang terkesan formal. Sekarang koleksi batiknya kebanyakan kasual

    ReplyDelete
  5. Saya malah gak pernah mikir batik itu jadul mba. Hehe. Yang penting pede aja.

    ReplyDelete

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung. Silakan berkomentar dengan baik dan sopan. Mohon maaf, segala komentar spam, yang berisi link hidup atau yang menyebabkan broken link serta komentar yang mencantumkan identitas tidak jelas akan dihapus.

Popular posts from this blog

Kegiatan Ibu Rumah Tangga Saat Anak Sudah Beranjak Dewasa

Disclosure: Tulisan ini merupakan artikel bersponsor


“Kamu enak, Dek, masih punya anak kecil. Anakku udah remaja, apa-apa maunya dia lakukan sendiri,” curhat seorang saudara saya.

“Mau apa nanti aku, ya, jadi ibu rumah tangga saat anak sudah beranjak dewasa?”

Saya cuma bisa nyengir saja. Sama deh, saya juga ibu rumah tangga. Beberapa tahun lagi mungkin saya bakalan mengalami hal ini juga. Banyak tuh ibu-ibu yang bercerita, dulunya si anak mau diajak ke mana-mana. Sekarang? Boro-boro diajak, anaknya aja jarang ada di rumah.

Dulu, pas repot-repotnya mengurus anak balita, kita inginnya anak kita cepat besar, biar lebih enteng. Eh, setelah anak benar-benar besar dan mandiri, kita juga kebingungan mau ngapain di rumah seharian. Istighfar.

“Ngurus Posyandu aja, Mbak,” jawab saya iseng.

Saudara saya itu tinggal di perumahan model cluster di wilayah Solo Baru, Jawa Tengah. Kota satelitnya Solo ini termasuk yang cepat berkembang. Maklumlah, Solo memang salah satu kota besar di Jawa Tengah. Pen…

Mengurus Lapor Jual Kendaraan

Siang ini saya mengurus lapor jual kendaraan ke Samsat Polres Kabupaten Madiun. Untuk apa mengurus lapor jual kendaraan? Lapor jual dilakukan saat seseorang menjual kendaraan bermotornya. Mengapa harus dilaporkan? Hal ini berkenaan dengan pajak kendaraan bermotor. Kendaraan yang telah dijual namun belum dilaporkan akan tetap dikenai pajak atas nama pemilik lama. Jika pemilik lama memiliki kendaraan lebih dari satu, sesuai Peraturan Pemerintah dikenai pajak progresif.
Kendaraan yang dikenai pajak progresif adalah mobil dan sepeda motor dengan kapasitas mesin di atas 250 cc. Jika seseorang memiliki kendaraan dua buah, makai dikenai pajak progresif 2% dari Nilai Jual Kendaraan Bermotor. Jika tiga buah, pajak progresifnya 2,5%; dan seterusnya.

Cara Menonaktifkan Fitur Talkback Pada HP Samsung Galaxy Core Duo

Ini adalah cerita cara menonaktifkan fitur Talkback pada HP Samsung Galaxy Core Duo. Minggu lalu, tiba-tiba anak saya yang kecil lapor ke saya, "Bu, talkback itu gunanya untuk mengunci HP." Naluri saya bekerja, apa maksudnya mengunci? Ternyata betul, si Mas sedang berjuang mengembalikan settingan HP ayahnya yang dia utak-atik. Sejurus kemudian, dengan muka memelas, si Mas meminta bantuan saya.Kejadian ini bukan pertama kalinya. Sudah kesekian kali si Mas bikin kecelakaan pada HP. Kecelakaannya pun bermacam-macam. Anehnya, HP ayahnya pula yang kena, padahal HP itu lebih penting daripada HP saya. Iya sih, HP saya kalah canggih jadi baru dilirik kala HP si Ayah tak ada.