Skip to main content

Asal-Usul Nama Kucing

Kucing, mamalia dari suku Felidae ini memang suka mencuri hati. Kadang mencuri ikan juga sih. Sampai-sampai tetangga saya ada yang masang pagar dengan tujuan khusus mencegah kucing masuk. Maklumlah di lingkungan sini banyak kucing liar.

Ada pendatang yang entah dari mana datangnya, ada nomad yang numpang hidup di sini lalu tahu-tahu nggak ada lagi, ada kucing terlantar gara-gara sudah nggak disayang pemiliknya, ada juga bayi-bayi kucing yang sebetulnya merupakan penduduk asli sini tapi termarjinalkan akibat tidak diakui sama si empunya simboknya.

asal-usul-nama-kucing
Sumber gambar: Pixabay

Di luar segala cerita tadi, baik kucing liar maupun kucing peliharaan seringkali punya nama. Memang sih bukan orang tua, eh...kucing tua (baca: induk) mereka yang kasih nama melainkan manusia di sekitar mereka, tapi bolehlah itu disematkan kepada mereka. Tentang nama kucing, biasanya terinspirasi dari mana? Dari mana hayooo. Coba yuk kita telusuri.

Memang Nama Kucing
Pussy, Ketty, Kitty adalah contoh nama umum yang populer. Nama yang bagus ya? Enak diingat pula.  Pussy jelas berhubungan dengan cara manusia memanggil kucing. "Pus!" Gitu kan, ya? Ketty dan Kitty, diambil dari nama mereka dalam berbagai bahasa. Cat, Kat, apalagi, ya?

Nama yang Mengandung Pengharapan
Si Manis, adalah nama kucing yang juga sering dipakai. Maksudnya tentu untuk mendoakan agar si meong menjadi kucing yang berperilaku manis dan menyenangkan. Tetangga saya ada tuh yang suka menyematkan nama 'Manis' pada semua kucing tetangga yang belum dia ketahui namanya.

Baca juga: Kucing Pun Mengajarkan Kasih Sayang

Nama Berdasarkan Penampakannya
Si Gendut, Si Belang, Si Putih, Si Bundel dan sebagainya. Semua nama itu berdasarkan ciri fisik si pus. Kucing di rumah saya yang sebenarnya merupakan kucing tetangga juga saya kasih nama si Gendut. Nggak tahu dia dipanggil dengan nama apa sama si empunya, tapi saya memanggilnya Pus, eh... Gendut.

Kenapa Gendut? Soalnya dulu pas masih kecil gendut, sekarang sih nggak begitu gendut lagi. Nggak apa lah, biar tetap gendut dia, haha...

Baca juga: Pendekar dan Masalah Kucing Piatu

Nama Imut
Kimo, nama kucing teman saya. Artinya apa, ya? Yang penting nama imut deh. Ada juga kucing sepupu saya namanya Chipy. Artinya? Nggak tahu, hehehe... Ada juga kucing di sekitar rumah yang dikasih nama Kisi oleh anak saya.Macam-macam deh.

Nama Dari Tokoh Idola
Kucing-kucing saya dulu, Weslie dan anak-anaknya diberi nama berdasar nama tokoh kartun idola anak saya. Ada Marshall, Everest, Rocky dan Sky. Nama-nama itu diambil dari nama tokoh Paw Patrol.

Apa lagi, ya, asal-usul nama kucing? Ada yang punya cerita asal-usul nama kucing lainnya? Boleh dong bagi ceritanya di sini. Yuk, yuk!

Comments

  1. Your kitten is so cute if she really belongs to you. Sorry but your post is not in english language thats why dint get it clearly.

    ReplyDelete
  2. Saya biasanya memberi nama kucing peliharaan dengan nama yang mirib dengan nama saya...

    ReplyDelete

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung. Silakan berkomentar dengan baik dan sopan. Mohon maaf, segala komentar spam, yang berisi link hidup atau yang menyebabkan broken link serta komentar yang mencantumkan identitas tidak jelas akan dihapus.

Popular posts from this blog

Kegiatan Ibu Rumah Tangga Saat Anak Sudah Beranjak Dewasa

Disclosure: Tulisan ini merupakan artikel bersponsor


“Kamu enak, Dek, masih punya anak kecil. Anakku udah remaja, apa-apa maunya dia lakukan sendiri,” curhat seorang saudara saya.

“Mau apa nanti aku, ya, jadi ibu rumah tangga saat anak sudah beranjak dewasa?”

Saya cuma bisa nyengir saja. Sama deh, saya juga ibu rumah tangga. Beberapa tahun lagi mungkin saya bakalan mengalami hal ini juga. Banyak tuh ibu-ibu yang bercerita, dulunya si anak mau diajak ke mana-mana. Sekarang? Boro-boro diajak, anaknya aja jarang ada di rumah.

Dulu, pas repot-repotnya mengurus anak balita, kita inginnya anak kita cepat besar, biar lebih enteng. Eh, setelah anak benar-benar besar dan mandiri, kita juga kebingungan mau ngapain di rumah seharian. Istighfar.

“Ngurus Posyandu aja, Mbak,” jawab saya iseng.

Saudara saya itu tinggal di perumahan model cluster di wilayah Solo Baru, Jawa Tengah. Kota satelitnya Solo ini termasuk yang cepat berkembang. Maklumlah, Solo memang salah satu kota besar di Jawa Tengah. Pen…

Mengurus Lapor Jual Kendaraan

Siang ini saya mengurus lapor jual kendaraan ke Samsat Polres Kabupaten Madiun. Untuk apa mengurus lapor jual kendaraan? Lapor jual dilakukan saat seseorang menjual kendaraan bermotornya. Mengapa harus dilaporkan? Hal ini berkenaan dengan pajak kendaraan bermotor. Kendaraan yang telah dijual namun belum dilaporkan akan tetap dikenai pajak atas nama pemilik lama. Jika pemilik lama memiliki kendaraan lebih dari satu, sesuai Peraturan Pemerintah dikenai pajak progresif.
Kendaraan yang dikenai pajak progresif adalah mobil dan sepeda motor dengan kapasitas mesin di atas 250 cc. Jika seseorang memiliki kendaraan dua buah, makai dikenai pajak progresif 2% dari Nilai Jual Kendaraan Bermotor. Jika tiga buah, pajak progresifnya 2,5%; dan seterusnya.

Cara Menonaktifkan Fitur Talkback Pada HP Samsung Galaxy Core Duo

Ini adalah cerita cara menonaktifkan fitur Talkback pada HP Samsung Galaxy Core Duo. Minggu lalu, tiba-tiba anak saya yang kecil lapor ke saya, "Bu, talkback itu gunanya untuk mengunci HP." Naluri saya bekerja, apa maksudnya mengunci? Ternyata betul, si Mas sedang berjuang mengembalikan settingan HP ayahnya yang dia utak-atik. Sejurus kemudian, dengan muka memelas, si Mas meminta bantuan saya.Kejadian ini bukan pertama kalinya. Sudah kesekian kali si Mas bikin kecelakaan pada HP. Kecelakaannya pun bermacam-macam. Anehnya, HP ayahnya pula yang kena, padahal HP itu lebih penting daripada HP saya. Iya sih, HP saya kalah canggih jadi baru dilirik kala HP si Ayah tak ada.