KEB

KEB

BPN

BPN

About Me

About Me
Diah is here! Mom of three boys.

Calendar Of Event Madiun 2016

19 komentar

Madiun, yang terbagi menjadi dua, yakni Kabupaten dan Kota Madiun adalah tempat berlalu-lalangnya arus manusia dari dan ke Jawa Timur. Kota Transit, kata orang. Madiun terus menggeliat di tengah naik-turunnya perekonomian. Tak banyak informasi yang saya dapat perihal Calendar of Event Madiun 2016. 

Bupati Madiun boyongan dengan kereta kencana pada 2014. Sumber gambar http://megapos.co/2014/09/09/kendarai-kereta-kencana-bupati-h-muhtarom-s-sos/

Yang saya sajikan di sini merupakan event tahunan yang dilaksanakan pemerintah kabupaten dan kota. Di samping event berikut tentu banyak event lain yang diselenggarakan masyarakat. Apa saja sih yang ada di Madiun di 2016 ini? Yuuuk, simak.

Baca juga: Makanan Khas Daerah Madiun

KABUPATEN MADIUN

Boyong Madiun

Ini acara tahunan yang baru dimulai pada 2014 lalu. Biasanya dilaksanakan pada bulan Juli namun tahun 2016 diadakan pada bulan Juni. Barangkali bertepatan dengan datangnya bulan puasa.


Apa itu Boyong Madiun? Boyong Madiun adalah prosesi pemindahan ibukota Kabupaten Madiun dari Madiun (kota) ke Mejayan, Caruban. Caruban sendiri berada di jalur ramai menuju Surabaya. Selain upacara peringatan boyongan, ada juga festival kesenian. Semua dipusatkan di Caruban.

Kurasan Umbul Madiun

Kabupaten Madiun mempunyai banyak tempat wisata yang masih alami dan bernilai sejarah. Di antaranya adalah sumber air belerang di Desa Umbul, Madiun. Masyarakat lebih akrab dengan sebutan Ngumbul. Di Ngumbul ada taman bermain, kebun binatang mini dan kolam renang. Kolam renang di sini airnya agak kecoklatan karena mengandung belerang (sulfur). Kolam belerangnya khusus untuk berendam juga ada.

Pada bulan Syuro pada penanggalan Jawa (sekitar Oktober 2016), diadakan acara kuras sumber. Tujuannya agar kebersihan sumber tetap terpelihara mengingat sumber ini dimanfaatkan oleh banyak orang dan menjadi aset kabupaten yang bernilai.

Festival Gelang-Gelang

Masih di bulan Syuro, ada festival kesenian di ibukota lama Madiun: Desa Ngurawan, Kecamatan Dolopo, Kabupaten Madiun. Acara di Ngurawan ini biasanya berlangsung tiga hari lamanya.

Parade kentongan di Festival Gelang-Gelang. Sumber dari http://kabupatenmadiun.blogspot.com/2014/12/warga-dolopo-gelar-festival-gelang.html

Ngurawan sendiri dulunya adalah sebuah kerajaan kecil di masa Singasari-Kediri. Lama terlupakan, kini komunitas peduli sejarah mengangkatnya kembali. Dengan adanya Festival Gelang-Gelang, diharapkan masyarakat mengetahui, mengerti dan memahami serta dapat mengambil pelajaran dari sejarah pendahulu mereka.

KOTA MADIUN

Pemilihan Kakang dan Mbakyu

Acara ini dilaksanakan pada bulan Juli 2016 di Kota Madiun. Tujuan pemilihan Kakang dan Mbakyu ini untuk memberikan ruang berekspresi kepada kaum muda Madiun dan untuk mencetak duta wisata yang baru. Diharapkan duta wisata yang masih muda-muda ini punya kreativitas dan semangat tinggi untuk mempromosikan pariwisata Madiun secara outstanding.

Grebeg Maulud

Tahun 2016 ini dilaksanakan pada bulan Desember di Alun-alun Kota Madiun. Grebeg Maulud yang pada intinya memeriahkan Maulud Nabi Muhammad sholallahu alaihi wa sallam, diramaikan dengan dua buah gunungan raksasa yang dinamai gunungan jaler (laki-laki) dan gunungan estri (perempuan).

Gunungan estri. Sumber gambar http://rri.co.id/post/berita/130013/budaya/ribuan_warga_madiun_rayakan_grebeg_maulud_1436_hijriyah.html

Sebagaimana grebeg di daerah lain, kedua gunungan ini juga dijadikan rebutan. Ada apa di gunungannya? Ada jajanan pasar, hasil bumi berupa sayur-mayur dan buah-buahan tentunya, sebagaimana semangat kerakyatan yang menyertainya.

#

Nah, itu sekelumit Calendar of Event Madiun 2016 yang bisa saya rangkum dari berbagai sumber. Semoga bermanfaat!

Related Posts

19 komentar

  1. Kenapa dinamakan gelang-gelang mak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ooh iya. Kelupaan. Inilah efek nulis mepet DL :-(

      Gelang-gelang adalah nama kerajaannya mbak.

      Hapus
  2. Wah, kayanya festival gelang-gelang seru ya... Anak-anak jg sampe ikutan :)

    BalasHapus
  3. Pemilihan putra-putri daerah ini beragam banget namanya, ya.. Kalau di Lamongan namanya pemilihan Yak-Yuk.. :D

    BalasHapus
  4. Itu gunungannya kok namanya beda? Apakah isinya juga beda? Isinya apa? Apakah sama kaya di Jawa?
    @guru5seni8
    http://hatidanpikiranjernih.blogspot.com

    BalasHapus
  5. sama ya sama nganjuk ada boyongnya juga. kalo di nganjuk dari brebek ke kota Nganjuk

    BalasHapus
  6. Meriah sekali acara kotanya, pastinya acara Grebeg itu heboh ya? @ge1212y

    BalasHapus
  7. Mau donk naik kereta kencana. Hihiii... berasa di negeri dongeng

    BalasHapus
  8. ihh.unik-unik agenda kota Madiun. Itu yg pemindahan ibu kota setiap tahun pindah ibu kota ??

    @siethi_nurjanah

    BalasHapus
  9. Mbak, yuk kopdar di Kertosono
    Deket kan ya dari Madiun ^_^

    @amma_chemist

    BalasHapus
  10. Kurasan umbul Madiun unik :)

    @gemaulani

    BalasHapus
  11. Kurasan umbul; inget kurasan gentong di makam imogiri mbak... Mirip mngkin

    BalasHapus
  12. Acara di Madiun keren-keren, ya? ;D

    BalasHapus
  13. ternyata ada festival gelang gelang toh, itu acaranya ngapain kak ?
    *padahal saya orang madiun, tapi baru dengar ada festival gelang gelang -__-

    BalasHapus
  14. saya teramsuk yg baru tahu kalau Madiun sdh berkembang jd Kota dan Kabupaten. eh iya, kebetulan ada kakak yg tinggal di Caruban, berarti ibu kota-nya Kab, Madiun deh

    BalasHapus
  15. Saya pikir Madiun itu cuma 1. Ternyata dibagi menjadi 2, kota dan Kabupaten, tentu saja dengan budaya, tradisi, dan kekayaannnya sendiri ya Mak...

    BalasHapus
  16. Festival gelang-gelang itu unik juga. Pasti seru acaranya :)

    BalasHapus
  17. Upaya yang keren sekali di acara Boyong Madiun itu.. jadi ibukotanya libur dulu ^^

    BalasHapus
  18. Wah sy baru paham klo madiun pun ada kota n kabupaten mba.
    Sdh ada calendar event tinggal tandain yaa jangan spt kelewat.

    BalasHapus

Posting Komentar