KEB

KEB

BPN

BPN

About Me

About Me
Diah is here! Mom of three boys.

Aneka Cara Main Hujan-hujanan

9 komentar
Musim hujan sudah benar-benar tiba. Hampir setiap hari langit bersaput mendung dan hujan turun. Hujan sudah betul-betul dilimpahkan kepada kita! Alhamdulillaah. Saya masih teringat ketika hujan begitu dinantikan. Dalam setiap doa, dilantunkan pula permohonan akan hujan. Kini Alloh sudah melimpahkan hujan yang deras untuk kita.

Boleh baca juga kegembiraan saat hujan pertama turun: Tarian Hujan.

Di lingkungan tempat saya tinggal, hujan di awal musim memberikan kegembiraan tersendiri. Ada perasaan gembira ketika hujan turun dengan deras. Ada dorongan untuk keluar rumah dan merayakan datangnya hujan. Apa saja? Ini dia aneka cara main hujan-hujanan:

Main Air Sepuasnya Sampai Kedinginan

Begitu hujan deras turun, biasanya adaaa aja anak yang main di luar. Ada yang lari-larian, ada yang sekedar di depan rumah, ada yang berjalan berkeliling perumahan berombongan. Ada rombongan anak laki-laki, ada juga rombongan anak perempuan.

Selain jalan berombongan, ada juga yang main loncat-loncatan di air dan mandi di bawah pancuran talang. Yang penting jangan keramas di bawah hujan, ya, susah berbusa karena air hujan adalah air sadah. Apalagi mandi di bawah hujan. Jangan! Kenapa? Maluk!

Hujan-hujanan dengan Perlengkapan

Ada yang pakai jas hujan, ada juga yang pakai payung. Biasanya ini adalah anak-anak yang orang tuanya tidak ingin mereka basah kuyup dan kedinginan. Bisa jadi mereka tiap hari hujan-hujanan. Daripada melarang lalu anak malah pergi dengan mencuri-curi, lebih baik difasilitasi.

Main Bola di Bawah Hujan

Anak laki-laki ada yang demen main sepak bola di lapangan yang basah berlumpur. Tujuan mereka jelas untuk bikin ibu mereka murka gara-gara harus mencuci pakaian penuh lumpur. Eh, bukan, ya. Yang jelas sensasi main sepak bola di lumpur itu aduhai (katanya).

Ada juga yang main lempar-tangkap-pukul bola di bawah hujan deras. Niatnya mungkin mau main bola voli, gitu, cuma agak susah karena hujan, jadilah lempar-tangkap-pukul itu tadi. Yang main bola voli hujan ini bukan anak laki-laki lho tapi anak perempuan. Habis main bola voli hujan ini mereka lanjut jalan-jalan di bawah guyuran air.

Sepedaan di derasnya hujan

Ide untuk bisa berbasah-basah memang macam-macam. Ada juga yang bersepeda di tengah hujan. Ngebut lalu injak genangan air dan byurrr...air nyiprat ke mana-mana. Puas deh.

Itu aneka cara main hujan-hujanan a la anak-anak. Orang tua juga punya cara sendiri untuk hujan-hujanan lho. Masak iya? Iyaaa...

Inspeksi Saluran Pembuangan

Pas hujan deras, biasanya ada orang dewasa yang keluar untuk ngecek saluran pembuangan. Kalau ada yang macet karena sampah menyumbat, sampahnya diambil. Ini main hujan-hujanan juga namanya kan? *hus*

Atas Nama Anak

Anak hujan-hujanan, ibu bapaknya ikut hujan-hujanan. "Sambil ngawasin anak," katanya. Itu ada kata 'sambil' berarti ada lebih dari satu kegiatan dong. Iya, maksudnya "(Hujan-hujanan) sambil ngawasin anak." Biasanya sih para orang tua ini pakai payung dan terlihat kurang menikmati hujan karena pandangan mereka terus-menerus tertuju kepada anak.

Nah, itulah aneka cara main hujan-hujanan a la sini. Kalau di sana, seperti apa? Cerita, yuk!

Related Posts

9 komentar

  1. kalo disini banyak yang nangis dibawah hujan biar gak keliatan nangis :D

    @masirwindotcom

    BalasHapus
    Balasan
    1. I'll do my crying in the rain

      Hapus
    2. Haha...saya dulu juga gitu. Hujan2an sambil nangis di motor. Lebay banget.

      Hapus
  2. Di rumahku lebih seru, mba. Pada berenang. Banjir soalnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Huaduh inna lillaahi wa innaa ilayhi roojiuun. Langganan ya Mbak?

      Hapus
  3. Aku lebih suka main hujan sepuasnya mba... IBARAT MAkan buffet, kenyang... Puas deh hehehe..

    BalasHapus
  4. nggak dingin mbak, sengaja hujan2 gitu... aku jarang, kecuali konteksnya kehujanan krn ga bawa payung/mantol.. biasanya mainnya pasca hujan gitu...trus ada banjir kecil di depan rmh..ada aliran air di jalan...nggo prau2 an...

    BalasHapus
  5. yang seneng tuh, sepakabola sambil kehujanan

    BalasHapus
  6. Udah lama bgt ga maen hujan2 an, tp sekarang mudah rentan, sedikit kena hujan bs drop bsknya. Hiks sedih ga bisa nikmati hujan ky dahulu

    BalasHapus

Posting Komentar