KEB

KEB

BPN

BPN

About Me

About Me
Diah is here! Mom of three boys.

Tarikh Muhammad SAW, Teladan Perilaku Ummat

14 komentar


Judul: Tarikh Muhammad SAW, Teladan Perilaku Ummat
Penulis: Tahia Al-Ismail
Jumlah halaman: xvi + 421
Cetakan pertama: September 1996
ISBN: 979-421-573-2
Penerbit: Srigunting (Divisi Buku Saku Rajagrafindo Persada), Jakarta


Sebuah buku jadul yang saya beli sekitar sepuluh tahun yang lalu ini terbilang istimewa buat saya. Tarikh Muhammad SAW, Teladan Perilaku Ummat, demikian judul bukunya. Ditilik dari judulnya jelaslah bahwa ini adalah buku sejarah biografi Rasulullaah Muhammad Sholallahu Alaihi Wasallam. Buku ini merupakan buku terjemahan yang judul aslinya The Life of Muhammad: His Life Based on the Earliest Source karya Tahia Al-Ismail. Saya sangat menghargai usaha dari A. Nasir Budiman yang telah menerjemahkan buku ini dengan bahasa yang sangat mengalir. Bahkan terasa cukup puitis di beberapa bagian. Entah karena memang karya aslinya demikian ataukah karena pemilihan diksi yamg tepat, yang jelas buku ini sangat menghanyutkan.

Ketika pertama kali memegang buku ini, kondisi buku ini sudah tak mulus lagi. Namun saat saya menanyakan apakah ada persediaan buku ini yang masih tersegel mulus, jawabannya adalah tidak ada. Buku ini satu-satunya yang tertinggal di rak display Gramedia. Wow..batin saya, tentu buku ini diminati banyak orang. Akhirnya dengan menimbang takut buku lecek ini akhirnya terbeli orang lain, saya pun membelinya.

Saya membeli buku ini bukan semata karena buku ini laris manis atau karena ukurannya yang segenggaman tangan, namun juga karena isinya yang menarik. Seperti yang saya ungkapkan tadi, bahasa yang mengalir membuat saya betah membacanya. Serasa tak sedang membaca buku sejarah, kisah hidup Nabi Muhammad Sholallaahu Alaihi Wasallam ini malah seperti novel.

"Betapa besar perbedaan antara bertempur dengan keimanan yang kuat seorang manusia kepada Allah dan bertempur dengan tangan penuh barang-barang sampah dunia, masing-masing berusaha menyelamatkan nyawanya. Mereka bertempur dalam keadaan bingung dan kacau, bahkan mereka saling bertempur secara membuta. Mereka terombang-ambing ke kiri dan ke kanan dan tidak tahu ke mana harus bergerak. Untuk menghancurkan sama sekali moral pasukan kaum Muslimin, suatu teriakan dari pasukan Quraisy berkumandang bahwa Muhammad sudah mati. Kini kaum Muslimin bertempur dengan hati menangis, karena mereka sangat mencintai Muhammad. Sebagian melemparkan senjatanya karena putus asa yang mendalam." (Kisah Perang Uhud, halaman 226)

Catatan: Buku ini memang menyebutkan nama Muhammad bukannya Rasulullah atau dengan gelar Nabi.

Bentuk dan ukuran font yang enak di mata

Tiap kisah diceritakan dengan baik. Dan bagi pembaca yang pernah mempelajari sejarah hidup Rasulullaah Sholallahu Alaihi Wasallam tentu tak akan asing dengan buku ini. Sebab seperti sebagian besar buku sejarah Islam, kisah-kisah di dalamnya selalu sama, tak ada yang bertentangan.

Apa yang spesial bagi saya? Membaca sejarah adalah salah satu kesukaan saya. Namun seringkali terlalu sulit untuk dipahami mengingat banyaknya jalinan sebab-akibat di dalamnya. Sejarah, terutama sejarah Islam, penting dipelajari menurut saya. Sebab membaca sejarah rasanya seperti piknik ke masa lampau dan mengungkap rahasia-rahasia besar. Ah, memang itulah kenikmatan membaca buku. Dan saya merasa beruntung diberi kesempatan memiliki dan membaca buku ini.

Postingan ini diikutsertakan dalam First Giveaway Buku Inspirasi

Related Posts

14 komentar

  1. membaca ulasan ini, membuat saya juga ingin membacanya. Mungkin di perpustakaan ada :)

    BalasHapus
  2. Melalui sejarah kita dapat mempelajari segala hal, Kisah Rasulullah memang tak akan pernah habis dibahas,perjuangannya serta pengorbanan untuk Agama, umat dan Tuhannya sungguh luar biasa
    Terima kasih telah berpartisipasi dlm GA Buku Yang menginspirasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mbak. Membaca sejarah orang besar itu menbuat kita takjub. Seolah mereka sudah tahu akhir hidup mereka sehingga sepertinya mereka memang menuliskan sendiri sejarah mereka. Luar biasa.

      Hapus
  3. Kayaknya buku yg bagus ya.. semoga aja suatu saat bisa membaca hehe. Aamiin

    BalasHapus
  4. saya sedang hunting buku2 sejarah islam seperti ini.. sayangnya harus ke jawa dulu baru bis ahunting buku..
    ulasannya bagus mbaa.. pengen baca jugaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cari di toko buku online ada juga lho mbak buku sejarah.

      Hapus
  5. Wah...buku berbobot bener klo ini mbak. Sukses mbak GAnya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada bagian-bagian yang bikin air mata menetes karena sedih ada juga yang karena haru. Ada juga yang bikin hati tergerak karena kekaguman. :-)

      Hapus
  6. bukunya bagus untuk dibuat bacaan, banyak orang yang tertarik dengan buku seindah ini

    BalasHapus
  7. Buku (agak) lama yang masih dan selalu perlu untuk dibaca ini ya, Mbak :)

    BalasHapus

Posting Komentar