Anak Masuk SD? Seharusnya Mereka Sudah Bisa Melakukan Ini Agar Mandiri Di Sekolah

Tidak terasa tahun ajaran 2017/2018 ini anak-anak saya sudah kelas 2 dan 3. Jadi ingat pas pertama kali si sulung mau masuk SD, ada rasa ragu, bisa nggak ya dia? Apalagi anak sulung saya itu termasuk anak yang super aktif sedangkan dia mau masuk ke SDIT yang menerapkan full day school. Anak yang nggak doyan 'belajar' begitu, mampu nggak ya sekolah betulan? Singkat cerita, anak sulung saya dapat menjalani hari sekolah di SD dengan gembira karena sudah punya bekal minimal untuk jadi mandiri di sekolah.

Saya kira setiap anak yang masuk SD sebaiknya juga sudah memiliki kemandirian dasar ini. Apa saja sih itu?

Membersihkan Diri

Pentiiing banget anak sudah bisa membersihkan dirinya pas masuk SD. Membersihkan diri di sini maksudnya adalah mandi dan beristinja alias bebersih diri usai BAK dan BAB. Kebayang nggak kalau sampai anak harus buang air di saat sekolah sementara ia belum bisa bebersih diri sendiri? Kasihan dong, ya.

Bisa juga sih minta tolong guru untuk membantu, tapi tentunya gurunya nggak bisa terus-menerus membantu kan, ya. Sangat baik jika saat masuk SD anak sudah bisa membersihkan diri. Kalau belum bisa, sebaiknya dikomunikasikan dengan pihak sekolah agar ada pendampingan sampai waktu yang disepakati. Tiga bulan, misalnya. Selama 3 bulan itu juga anak diajari cara bebersih diri di rumah.

Termasuk juga di sini hendaknya anak diajarkan membersihkan kamar kecil dan mengenali macam-macam bentuk toilet dan kunci pintu. Misalnya di rumah biasa pakai toilet duduk, ajari atau kenalkan juga dengan toilet jongkok. Mana tahu di sekolah adanya itu kan?

Berpakaian Sendiri

anak-sd

Saat anak masuk SD, diharapkan betul ia sudah bisa berpakaian sendiri. Ya pakai baju, ya lepas baju, ya pakai dan lepas kaos kaki serta sepatu. Di sekolah anak saya kegiatan di dalam kelas dilaksanakan tanpa sepatu. Sepatu diparkir di luar ruang kelas dalam rak khusus. Sangat memudahkan sang anak kalau dia sudah bisa copot dan pakai sepatu sendiri.

Bagaimana kalau belum bisa? Lagi-lagi komunikasikan dengan guru agar anak dibimbing untuk pakai dan lepas sepatu. Bisa juga anak dibelikan sepatu yang mudah dipakai dan mudah dilepas. Bagaimana dengan kaos kaki? Agak sulit kan ya memakainya? Ya, harus ditraining di rumah. Nanti kalau sudah mahir, anak juga akan merasa bangga dengan dirinya.

Baca juga: Ketika Anak Super Aktif Dinilai Sebagai Anak Hiperaktif

Makan Sendiri

anak-sd

Makan di sekolah sekarang sudah jamak, terutama di sekolah full day. Kadang anak bawa bekal dari rumah, kadang ada juga anak yang berlangganan catering sekolah. Nah, saat masuk SD, kalau bisa anak sudah bisa makan sendiri, tidak lagi disuapi. Kasihan kalau masih harus disuapi, siapa yang akan menyuapinya di sekolah? Nggak mungkin kan guru menyuapi muridnya saat makan siang?

Teman TK anak saya ada lho yang pas masuk SD masih harus disuapi. Jadilah sang nenek tiap jam makan siang datang ke sekolah untuk menyuapi. Selain repot, anak juga bakal malu dong ya kalau masih disuapi di sekolah.

Kalau anak belum bisa makan sendiri gimana? Ya dilatih di rumah dan bekal sekolah diberikan sedikit dulu saja dan dengan menu yang digemari anak. Pelan-pelan nanti insya Alloh anak bisa terampil makan sendiri.

Itulah hal-hal yang harus sudah dikuasai anak saat masuk SD agar mandiri di sekolah. Teman-teman ada yang mau menambahkan? Atau ada cerita seputar kemandirian anak di sekolah? Ceritakan dong di kolom komentar. Terima kasih.

Comments

  1. Kalo mandi sendiri kadang suka cepet dan asal nih anak saya, jadinya tidak bersih mandinya. kadang suka saya kontrol...

    ReplyDelete

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung. Sila berkomentar dengan baik dan sopan. Mohon maaf, segala komentar spam, yang berisi link hidup atau yang menyebabkan broken link serta komentar yang mencantumkan identitas tidak jelas akan dihapus.

Popular Posts