KEB

KEB

BPN

BPN

About Me

About Me
Diah is here! Mom of three boys.

Kisah Lansia (Bagian 3)

Setelah kurang lebih sebelas hari di Jogja menemani Bapak, saya dan anak-anak kembali ke Madiun.
Baca juga: Kisah Lansia (Bagian 1)
Dan Bagian 2-nya.
Sesampainya di Madiun, teman-teman bertanya tentang kabar bapak.
"Sakit apa, to?"
Ya, itu sulit dijawab karena bapak bukannya sakit tapi sudah sepuh. Itu saja. Gejala parkinson ada, menurut seorang dokter syaraf, tapi selama di Jogja saya tidak melihat tanda-tanda itu di diri Bapak. Wallohu a'lam kalau memang ada dan saya yang tak bisa melihat gejalanya.

Bapak itu mengalami bengkak di kakinya, jadi harus rutin minum obat dan vitamin B. Kalau kaki bapak dipencet terjadi lekukan yang tidak segera kembali. Jadi ingat pelajaran tanda beri-beri di SD, ya?
Keluhan bapak yang lain adalah kesulitan membaca sebab fokus mata kanan dan kiri tidak lagi sama. Kadang saat ngobrol pun kontak mata dengan bapak agak terganggu.
Akibat masalah dengan mata itu bapak jadi jarang baca Quran. Sesekali baca tapi sebentar saja sudah berhenti karena lelah. Nah, peringatan juga bagi yang masih awas matanya agar berusaha menghafal Al-Qur'an. Buat jaga-jaga kalau-kalau nanti mata kita bermasalah. Semoga nggak, ya.
Bapak memang jadi lebih sering di kamar saja. Keluar kamar cuma untuk urusan penting seperti wudhu, mandi, buang air, makan. Kadang juga baca koran.
Sebetulnya kalau untuk diajak bicara bapak itu masih bisa karena pendengaran dan daya pikirnya masih bagus. Cuma, bapak juga mulai kesulitan berbicara. Suaranya gemetar, lirih dan sering kurang jelas artikulasinya. Suara gemetar itu sendiri sebetulnya sudah dialami bapak beberapa tahun sebelum jadi sulit bergerak. Dulu, bapak sempat diberi jatah jadi khotib atau imam di masjid setempat kalau Ramadhan tiba, bergiliran dengan bapak-bapak yang lain. Biasanya dua kali tarawih dan dua kali subuh. Nah, ketika suara bapak mulai gemetar, bapak lalu menolak tiap ditawari jadi imam, apalagi khotib. Kan imam sholat itu harus yang lebih unggul dari jamaahnya.
Sebagai anak yang jauh dari orang tua, bisanya ya cuma mendoakan. Semoga bapak tetap sehat dan sabar, serta jika nanti dipanggil Alloh dalam keadaan khusnul khotimah. Aaamiiin.

Related Posts

14 komentar

  1. Klo nonton berita tv masih seneng kan mb? Mksdnya biar ga bosen aja... Tp bpknya mb di hobi baca kok ya....dulu pernah kerumah...liat beliau lg baca buku tebelll bgt....

    BalasHapus
    Balasan
    1. TV sudah ga menarik lagi buat bapak sih lis. Tambahan lagi yang suka nonton tv sekarang anak remaja, jadi nontonnya ya yang digemarinya. Bukan berita, gitu.

      Hapus
    2. Sebelumnya kita kita turut mengucapkan semoga bapaknya si mbak cepat sembuh dan diberikan kesehatan..
      amin...!!

      Hapus
  2. semoga bapak ttp sehat. sabtu minggu kemarin jg abis silaturahim ke rumah orangtua. liat keadaan mereka makin disadarkan usia terus bertambah dan hanya bisa mendoakan mereka dari jau, gimana lagi sekarang saya tinggal beda kota sama orangtua.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aaamiiin. Ortu jauh ya mbak? Jadi menyesal kenapa bakti kita kurang ya mbak. Apalagi saya. Ah...

      Hapus
  3. Yang sabar ya mak, semua ada masanya. Sekarang masa kita merawat orangtua. Saya juga jauh dr ortu, semoga kita bisa datang secepat kilat manakala dibutuhkan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mak. Semoga kita bisa jadi anak yang berbakti. Aaamiiin.

      Hapus
  4. waktu memang melayu ya mbak, meski terkadang segar kembali. yang penting sabar menghadapinya mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul sekali. Tiba-tiba sudah banyak perubahan.

      Hapus
  5. Duh, aku tau banget ini gimana rasanya jauh dr ortu yg udh sepuh. Semoga sabar ya dikau dan bapak juga, aku ikut meng aamiin kan doamu :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mak Nurul juga jauh ya? Aaamiiin. Makasih mak.

      Hapus
  6. aamiin..

    makasih atas pengingatnya, mbak diah. jadi ingat hafalan quran yg udah lama nggak pindah-pindah dari juz amma.. :'(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama mak. Mumpung ramadan dah dkat, kita ada kesempatan untuk nyuntik semangat hafalan.

      Hapus

Posting Komentar