KEB

KEB

BPN

BPN

About Me

About Me
Diah is here! Mom of three boys.

1001 Cara Alami Mengatasi Radang Tenggorokan

2 komentar

Radang tenggorokan adalah salah satu kondisi yang dapat menimbulkan perasaan tidak nyaman terhadap penderitanya. Biasanya, mereka yang mengalami radang tenggorokan akan merasakan nyeri ketika menelan makanan, hal tersebut tentu akan menurunkan nafsu makan para penderita.

Faringitis atau radang tenggorokan dapat terjadi ketika tenggorokan (faring) mengalami kondisi peradangan. Kondisi ini sendiri dapat disebabkan karena adanya virus maupun bakteri. Faringitis adalah suatu infeksi yang dapat menular dan dapat tersebar melalui kontak langsung dengan penderita.

Jika Anda atau keluarga yang Anda miliki sedang merasakan sakit atau merasa kurang fit, Anda dapat segera melakukan konsultasi kesehatan agar mendapatkan diagnosa dari dokter serta mendapatkan resep obat sesuai dengan keluhan yang Anda miliki.

Untuk mengetahui lebih jauh mengenai obat radang tenggorokan mulai dari penyebab, gejala, hingga cara mengatasinya, simak penjelasan artikel berikut sampai tuntas ya!

Penyebab Radang Tenggorokan


Kondisi faringitis atau radang tenggorokan biasanya disebabkan oleh infeksi virus seperti flu dan batuk serta ataupun infeksi bakteri seperti streptococcus. Kondisi ini juga dapat disebabkan oleh infeksi virus yang bernama mononukleosis atau mono.

Selain bakteri dan virus, radang tenggorokan juga dapat disebabkan oleh beberapa faktor di bawah ini, di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Infeksi Jamur
Radang tenggorokan yang disebabkan oleh infeksi jamur biasanya ditemukan pada penderita yang memiliki kondisi imunokompromais atau penggunaan steroid atau antibiotik pada jangka yang panjang.

2. Alergi
Alergi terhadap udara yang kering ternyata juga dapat menjadi salah satu penyebab terjadinya radang tenggorokan. Udara dalam ruangan yang kering dan pola pernapasan melalui mulut dapat menyebabkan kondisi radang tenggorokan yang berulang.

3. Iritasi di Dalam Tenggorokan Akibat GERD
Faringitis atau radang tenggorokan juga dapat disebabkan karena kondisi GERD yang dialami oleh penderita, hal ini dapat terjadi ketika naiknya asam lambung ke esofagus atau kerongkongan.

4. Infeksi HIV
Kondisi radang tenggorokan ternyata juga bisa menjadi salah satu pertanda bahwa penderita terinfeksi virus HIV. Hal ini dapat terjadi ketika sistem imun tubuh penderita HIV rendah sehingga mudah untuk terinfeksi virus lain yang dapat menyebabkan radang tenggorokan.

Gejala Radang Tenggorokan


Kondisi radang tenggorokan dapat diketahui melalui beberapa gejala, di antaranya adalah sebagai berikut.
● Demam
● Sakit pada tenggorokan
● Tenggorokan terasa kering
● Nyeri saat menelan makanan
● Suara serak atau teredam
● Merasa tidak nyaman saat berbicara
● Bercak kemerahan di langit-langit mulut
● Pembesaran amandel atau adanya bercak putih atau nanah
● Pembesaran terhadap kelenjar getah bening di leher, biasanya dikeluhkan sebagai tonjolan di sekitar leher

Cara-mengobati-radang-tenggorokan


Jika Anda merasakan gejala radang tenggorokan yang sudah disebutkan di atas selama 10 hari atau lebih dan tidak kunjung membaik, maka sangat disarankan bagi Anda untuk memeriksakan kesehatan diri ke dokter. Terutama jika kondisi Anda disertai dengan keluhan seperti kesulitan dalam bernapas, nyeri pada telinga, tidak mampu untuk menelan makanan, darah pada liur atau dahak, pembengkakan pada wajah atau leher, demam tinggi, serta kesulitan ketika membuka mulut.

Cara Alami Mengatasi Radang Tenggorokan


Kondisi radang tenggorokan bisa diatasi di rumah maupun di rumah sakit oleh dokter spesialis telinga, hidung, dan tenggorokan. Biasanya, penderita radang tenggorokan akan diberikan obat pereda nyeri seperti paracetamol, ibuprofen, dan asam mefenamat. Dan jika radang tenggorokan disebabkan oleh bakteri, maka penderita akan diberikan antibiotik oleh dokter yang bersangkutan.

Selain mengkonsumsi obat-obatan, ternyata kondisi radang tenggorokan juga bisa diatasi dengan cara alami, di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Berkumur Dengan Air Garam
Cara alami pertama dalam mengatasi radang tenggorokan adalah dengan berkumur menggunakan air garam. Air garam sendiri dapat membantu untuk melapisi dan melembabkan selaput tenggorokan. Hal ini dinilai dapat mengurangi perasaan nyeri yang dialami oleh penderita saat menelan.

Cara alami satu ini juga dikenal dengan manfaatnya yang dapat membantu untuk membunuh bakteri yang ada di sekitar tenggorokan. Anda bisa mencoba cara ini dengan berkumur menggunakan air garam 2-3 kali sehari hingga gejala radang tenggorokan berkurang.

Cara-mengatasi-radang-tenggorokan


2. Mengkonsumsi Madu
Cara selanjutnya adalah dengan mengkonsumsi madu yang dikenal memiliki efek antibakteri dan antivirus. Adapun cara yang dapat Anda lakukan untuk mengkonsumsi madu, di antaranya adalah dengan meminumnya secara langsung atau dicampuran dalam minuman seperti air putih atau teh. Hal ini dinilai efektif untuk mengurangi produksi lendir dan mengurangi gejala batuk pada kondisi radang tenggorokan.

3. Perbanyak Minum Air Putih dan Istirahat
Obat alami terbaik dalam mengatasi kondisi radang tenggorokan adalah dengan memperbanyak minum air putih yang disertai dengan istirahat yang cukup. Anda juga dapat menambahkan perasan lemon kepada air hangat yang Anda konsumsi, karena lemon dinilai dapat meningkatkan kekebalan tubuh yang dapat mempercepat penyembuhan penyakit.

4. Mandi Dengan Menggunakan Air Hangat
Cara terakhir yang dapat Anda lakukan adalah dengan mandi menggunakan air hangat. Uap yang diciptakan melalui air hangat dinilai dapat membantu untuk melembabkan pita suara.

Selain itu, Anda juga dapat menggunakan humidifier yaitu sebuah alat yang berguna untuk melembabkan udara pada ruangan. Alat ini sendiri dinilai sangat berguna ketika Anda tidur di malam hari, karena tenggorokan akan cenderung lebih kering pada malam hari yang disebabkan oleh berkurangnya produksi air liur yang dapat membuat peradangan bertambah parah.

Itulah informasi mengenai radang tenggorokan yang perlu Anda ketahui. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat untuk Anda!



Related Posts

2 komentar

  1. Dulu sering banget radang tenggorokan karena cuaca yang ekstrim dan kekebalan tubuh menurun, apalagi saat itu musim-musimnya sakit. Jadi, harus ekstra waspada soal tenggorokan, apalagi enggak nyaman banget kalau udah sakit. Terima kasih informasinya!

    BalasHapus
  2. Aku pernah nyoba yang kumur pake garam + air anget itu, lumayan membantu memang... waktu itu tapi akhire ke dokter. Ndilalah pas jaman covid baru banyak-banyaknya. Akhire dibekalin vitamin C sama dexamthasone atau apa lupa obate...sama nggak boleh kemana2 dulu seminggu :-D

    BalasHapus

Posting Komentar