KEB

KEB

BPN

BPN

About Me

About Me
Diah is here! Mom of three boys.

Bahan Alami Untuk Meredakan Keluhan Akibat Menopause

1 komentar

Setiap wanita paruh baya perlu tahu bahan alami untuk meredakan keluhan akibat menopause. Berhentinya siklus menstruasi secara alami atau yang disebut dengan menopause pada umumnya terjadi saat wanita memasuki usia 45 hingga 55 tahun. Ada banyak keluhan yang mungkin akan muncul. 

Beberapa jenis keluhan yang biasanya dialami seperti mood swing serta hot flashes. Perubahan mood yang sangat labil membuat banyak aktivitas terganggu, apalagi bagi Anda yang masih bekerja. Hot flashes sendiri adalah perasaan gerah ditambah dengan jantung berdebar disertai dengan keringat. 

Ramuan tradisional atasi menopause yang memanfaatkan bahan alami bisa dicoba. Setidaknya beberapa keluhan tersebut dapat teratasi dengan baik. Simak berikut ini apa saja bahan alami yang harus dipersiapkan sekaligus bagaimana cara mengkonsumsinya. 

Bahan Alami untuk Meredakan Keluhan Akibat Menopause

Setiap wanita memiliki tingkat keluhan berbeda-beda. Bisa saja hot flashes dan mood swing tidak terjadi bersamaan. Namun yang pasti adalah menstruasi itu berhenti secara bertahap, bukan tiba-tiba. 

Apabila Anda memeriksakan diri ke dokter biasanya akan langsung disarankan untuk membeli obat untuk mengurangi atau mengatasi keluhan gejala menopause tersebut. Tentu saja saran dari ahli yang berkompeten harus diperhatikan. Namun apabila Anda khawatir obat yang disarankan bisa saja memiliki risiko kurang baik untuk ginjal, maka ramuan atau obat tradisional bisa dijadikan pilihan.

Selain itu perempuan juga harus menghindari beberapa jenis makanan yang justru membuat keluhan menopause semakin parah. Misalnya saja terlalu banyak minum minuman panas, minuman beralkohol, atau yang mengandung kafein tinggi.

Perbanyak juga relaksasi diri dengan mendekatkan diti kepada Sang Pencipta untuk mengatasi mood swing dan mengelola stres akibat cemas berlebihan.

Gaya hidup harus berubah total menjadi lebih sehat. Berikut ini beberapa bahan alami untuk meredakan keluhan akibat menopause yang bisa dikonsumsi.

Kacang Kedelai

Kedelai adalah salah satu jenis kacang-kacangan yang memiliki kandungan isoflavon sangat tinggi. Fungsi dari kandungan tersebut mirip dengan hormon estrogen, jadi cocok dikonsumsi saat wanita mengalami gejala menopause. 

Pada saat seorang wanita mengalami gejala menopause, kadar hormon estrogen berkurang dan inilah yang menjadi penyebab hot flashes muncul. Dengan menambahkan bahan alami yang memiliki kandungan untuk meningkatkan hormon estrogen, maka diharapkan mampu mengurangi hot flashes dan menjaga kesehatan tulang. 

Cara mengkonsumsinya sangat beragam karena ada banyak olahan kacang kedelai seperti tahu, tempe hingga susu kedelai. 

Semanggi Merah

Meredakan-keluhan-menopause

Sama seperti kacang kedelai, semanggi merah jika memiliki kandungan isoflavon yang sangat tinggi. Jadi sudah pasti bahwa tanaman ini bisa digunakan untuk mengatasi keluhan saat menopause mulai dari hot flashes, osteoporosis hingga keringat di malam hari. 

Bahkan pada beberapa penelitian, red clover ini memiliki kelebihan yang lebih dibandingkan dengan plasebo. Tak hanya itu, wanita yang sedang mengalami PMS juga bisa mengkonsumsi semanggi merah untuk meringankan nyeri payudara. 

Biasanya semanggi merah sudah dikeringkan sehingga cara mengkonsumsinya adalah dengan menyeduhnya seperti teh. Tak perlu menambahkan gula ketika meminumnya. Apabila rutin mengkonsumsi ramuan semanggi merah, biasanya ada beberapa efek samping yang dirasakan seperti mual dan sakit kepala. 

Valerian

Bahan alami untuk meredakan keluhan akibat menopause yang selanjutnya adalah valerian. Tanaman bunga ini dulunya digunakan untuk menciptakan relaksasi pada tubuh. Memiliki nama valium alami, tanaman ini efektif mengatasi keluhan akibat menopause dan insomnia. 

Biasanya valerian dikemas dalam bentuk suplemen dan bisa dikonsumsi secara rutin. Namun ada hal yang perlu diperhatikan yaitu efek sampingnya seperti pusing, mengantuk hingga sakit kepala dan masalah pada pencernaan. 

Bagi Anda yang saat ini sedang menjalani pengobatan akibat insomnia dengan dokter hingga mengalami gangguan kecemasan, tidak disarankan mengkonsumsi valerian. Efek sampingnya bisa memperparah karena tidak cocok dengan obat lain yang sedang dikonsumsi. 

Dong Quai

Dibaca 'Dong Kwe'. Mendengar namanya saja sudah jelas bahwa bahan alami ini berasal dari Cina. Merupakan obat tradisional turun temurun bagi masyarakat Tionghoa untuk mengatasi PMS dan menopause. 

Obat tradisional mencegah menopause dini ini banyak ditemukan di sinseh dalam bentuk kapsul atau akar yang bisa diseduh. Bagi wanita yang mengalami hot flashes bisa mengkonsumsinya karena juga bisa meredakan keringat malam. 

Bahan alami ini aman dikonsumsi oleh orang dewasa, efek samping yang umum terjadi adalah kulit menjadi peka ketika terkena sinar matahari. 

Tanaman yang bernama latin Angelica sinensis ini juga bisa mengencerkan darah, sehingga tak cocok bagi Anda yang mengikuti pengobatan obat pengencer darah. 

Teh Lavender

Keluhan soal perubahan mood dan rasa berdebar dapat diatasi dengan relaksasi. Anda bisa mengkonsumsi teh lavender secara rutin yang memberikan efek rileks dan juga menunjang gaya hidup lebih sehat. 

Tak hanya wanita yang mengalami gejala menopause, tetapi orang dewasa yang sering merasakan sakit kepala, kejang pada otot hingga gangguan kecemasan juga bisa meminumnya. 

Biji Rami

Disebut juga dengan Linum usitatissimum adalah bahan alami yang memiliki kandungan lignan alami paling baik. Senyawa kimia ini memiliki fungsi yang sama seperti hormon estrogen. 

Jadi tidak heran jika orang zaman dahulu biasanya mengkonsumsinya ketika gejala menopause dirasakan. Selain itu biji rami memiliki banyak kandungan nutrisi yang baik untuk rutin dikonsumsi. Ada banyak kandungan serat serta lemak sehat. 

Ginseng

Ginseng adalah tanaman berkhasiat yang diambil akarnya dan sangat terkenal di dunia, khususnya Asia. Bahan alami ini terkenal karena khasiatnya yang baik untuk meningkatkan imun tubuh. Namun ternyata bagus juga untuk wanita yang memasuki masa menopause. 

Ginseng mampu mengatasi perubahan suasana hati dan meningkatkan gairah seks. Namun pada beberapa orang ada efek samping yang bisa saja muncul, seperti sulit tidur, sakit kepala, diare atau ruam pada kulit. 

Maca 

Tanaman ini adalah sayuran yang termasuk dalam keluarga brokoli serta kubis. Selama berabad-abad maca telah digunakan untuk mengobati masalah hormon yang tidak seimbang hingga gejala menopause. 

Air Putih

Tak disangka bahwa air putih juga sangat bagus mengatasi keluhan gejala menopause. Air akan menjaga kelembaban tubuh sehingga tubuh tetap terhidrasi dan mengurangi masalah hot flashes

Sehari dibutuhkan 10 sampai 12 gelas air putih yang dikonsumsi secara rutin. Dengan begitu tubuh akan bisa menghadapi sebuah perubahan yang besar dan tidak mudah sakit. 

Meredakan-keluhan-menopause


Selain mengkonsumsi bahan alami tersebut, tetap jagalah asupan makanan. Ada banyak buah-buahan untuk wanita menopause, seperti jeruk, tomat, pisang atau pepaya. Semua bahan alami untuk meredakan keluhan akibat menopause sangat berpengaruh, tetapi tetap jangan lupa untuk mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat. 



Related Posts

1 komentar

  1. Menopause memang usia yang rawan, menyentuh usia ini kadang menjadi momok bagi saya sendiri. Hadapi hormon yang naik turun saja emosi ikut enggak stabil dan sulit dikendalikan. Alhamdulillah kalau sudah ada bahan alaminya, terima kasih informasinya!

    BalasHapus

Posting Komentar