KEB

KEB

BPN

BPN

About Me

About Me
Diah is here! Mom of three boys.

Cara Menambahkan Segmen Pada Episode Lama Di Anchor Podcast

Cara menambahkan segmen pada episode lama di Anchor podcast. Siapa yang main podcast di Anchor? Platform yang ini memudahkan siapapun yang ingin memulai bikin podcast karena sederhana dan bisa dimonetisasi. Ih, ada kata 'uang' di sana? Iya. Menarik, kan?

Cara-menambah-segmen-anchor-podcast

Anchor podcast menawarkan cara monetisasi yang cukup mudah. Tidak ada syarat minimum pendengar. Tinggal pasang iklan spot di episode podcast kita, uang bisa datang dengan penghitungan RPM. Apa itu RPM?

Dalam penjelasannya, Anchor mendefinisikan RPM sebagai 'pendapatan per seribu' alias revenue per mille. Artinya, kita akan dapat uang setelah episode kita didengarkan sejumlah 1.000 kali. Menarik bagi pekerja freelance, kan?

Rpm-anchor-podcast


Bila kita menempatkan iklan spot, secara otomatis muncul di awal alias sebelum podcast dimulai. Lamanya 30 detik atau lebih. Secara psikologis ini kurang menguntungkan. Lebih baik jika iklan muncul di tengah episode. 

Namun bagi sebagian podcaster,termasuk saya, episodenya tidak terbagi-bagi alias cuma satu utuh. Kalau model begini, mau iklan spotnya digeser-geser berkali-kali, ya nggak bisa masuk ke tengah. Solusinya? Pecah episode menjadi beberapa segmen.

Untuk calon episode, segmen bisa dibuat dengan menambah rekaman. Untuk episode yang sudah telanjur dipublikasikan, audionya harus diedit. Caranya?

Cara Edit Audio Untuk Membuat Segmen Di Episode Lama Anchor Podcast

  • Pertama, buka aplikasi Anchor. Pilih 'Podcast Kamu' lalu tab 'Episode'
  • Pilih episode lama yang mau diedit
  • Klik tanda + di bagian 'Segmen'
  • Muncul tombol rekam. Klik 'X' saja karena kita tidak mau merekam
  • Klik titik tiga di kanan kolom episode
  • Pilih 'Edit Audio'
  • Terbuka jendela edit audio. Perbesar dengan dua jari. Geser-geser untuk menemukan tempat yang mau dipisah. 
  • Klik 'Pisahkan'
  • Klik 'Simpan'. Selesai.

Edit-audio-anchor-podcast

Setelah ini episode sudah terbagi menjadi beberapa segmen. Tinggal geser iklan spot di antara dua segmen. Kita juga bisa menambah iklan spot jika dibutuhkan. 

Bisa juga caranya disaksikan di video ini:

Itulah tadi cara menambah segmen pada episode lama di Anchor podcast. Semoga bermanfaat. 

Related Posts