KEB

KEB

BPN

BPN

About Me

About Me
Diah is here! Mom of three boys.

Cara Mendapatkan Ulasan Positif Di Play Store Lewat Mediakomen

Cara mendapatkan ulasan positif di Play Store. Persaingan bisnis makin kental. Kian terasa di saat pandemi ketika banyak orang terpaksa dirumahkan oleh perusahaan tempat mereka bekerja. Menjual produk, baik jasa maupun barang, bisa dengan memanfaatkan internet. 

Di dunia digital, rating adalah penentu sukses-ambruknya sebuah aplikasi. Masih ingat dengan kasus aplikasi Tempo yang ratingnya terjun bebas dalam waktu singkat gara-gara perkara politik?

Atau kasus aplikasi Facebook yang Mei 2021 lalu baru saja dihujani rating satu bintang oleh penggunanya karena membatasi dan bahkan menghapus postingan tentang konflik di Palestina? Hadiahnya adalah ratingnya langsung nyungsep posisinya dalam semalam. Meskipun tidak sampai ditendang dari Google Play Store, tapi saya yakin pihak Facebook deg-degan juga.

Google selaku pemilik Play Store sejatinya memiliki sistem sendiri dalam menilai ulasan dan rating yang masuk. Tidak selalu rating yang terjun bebas dalam tempo singkat berujung pada didepaknya suatu aplikasi. Misalnya pada kasus TikTok yang dicekoki komentar negatif dan rating rendah gara-gara ada unggahan konten yang  dinilai berbahaya. Alih-alih menghapus TikTok dari Play Store, Google hanya menghapus komentar negatif yang muncul.

Kalau kasus seperti ini sudah bukan soal sederhana pastinya, sampai Google turun tangan seperti itu.  Yang jelas, rating dan ulasan sangat mempengaruhi kehidupan aplikasi di Play Store.

Ulasan Positif Di Play Store

Sebenarnya rating dan ulasan itu ada untuk memberikan informasi yang dapat dipercaya. Ulasan yang jujur benar-benar dapat membantu orang memilih aplikasi yang sesuai baginya.

Seseorang yang mau menginstal aplikasi setidaknya dipengaruhi dua hal. Pertama, disebabkan oleh paksaan. Eh, memangnya ada yang memaksakan suatu aplikasi? Ada. Contohnya aplikasi kelas daring untuk pembelajaran jarak jauh.

Kedua, seseorang menginstal suatu aplikasi setelah melihat rating dan membaca ulasan dari pengguna lainnya.

Rating tinggi memberikan gambaran singkat bahwa aplikasi itu bagus, disukai dan terpercaya. Buktinya banyak yang sukarela memberi 5 bintang.

Sedangkan ulasan positif benar-benar menjadi pendorong seseorang untuk menginstal aplikasi. Terkadang kita ingin melihat-lihat dulu aplikasi yang dimaksud sebelum memutuskan untuk menginstalnya. Komentar positif dari sebagian besar penggunanya jelas membuat kita yakin akan keamanan, kemudahan aplikasi tersebut.

Google sendiri menerapkan rating berdasarkan masukan terbaru, bukan dari sejak aplikasi tersebut diluncurkan. Mereka juga menerapkan filter pada ulasan. Ulasan yang bersifat spam, bernada kebencian, melenceng dari topik, digolongkan sebagai ulasan yang buruk.

Aplikasi dengan performa baik akan mendapat peringkat atas di dalam pencarian. Tentu saja hal ini merupakan idaman semua pengembang, agar dapat banyak pengguna.

Rating-Google-play-store

Komentar yang negatif pun sebenarnya bisa bermanfaat ketika kita bisa memberikan jalan penyelesaian bagi respon minus tersebut. Misalnya keluhan pemgguna yang ditanggapi dengan cerdas akan bisa membalikkan situasi. Produk Anda menjadi terlihat responsif terhadap pelanggan, sekaligus solutif.

Tapi sayangnya tidak semua komentar positif itu dihitung baik oleh Google, yaitu komentar yang sifatnya spam seperti, "Mantap", "Bagus sekali", dan yang sejenisnya. Komentar seperti ini tidak memberikan nilai tambah bagi bisnis. Untuk itu ada baiknya pengembang freelance aplikasi meminta ulasan yang bermanfaat dari pengguna. Caranya bagaimana? Bisa dengan memanfaatkan jasa ulasan positif seperti mediakomen.com

Menggunakan Mediakomen.com Untuk Mendapatkan Ulasan Positif Di Play Store

Apa itu mediakomen.com? Mediakomen.com adalah situs penyedia layanan komentar di YouTube, Instagram, dan jasa review Playstore dan Google Bisnisku di Google Maps. Layanan ini bisa meningkatkan Engagement Rate (ER) di media sosial Anda.

Cara kerja mediakomen.com adalah menyediakan akun riil terpilih untuk memberikan ulasan positif di Google Play Store. 

Untuk bisa memanfaatkan jasa ini, Anda harus mendaftar sebagai Advertiser terlebih dulu. Caranya mudah. Masuk ke situs mediakomen.com, lalu klik 'Daftar Sekarang'. 


Pilih Daftar Sekarang di bagian 'Sebagai Advertiser'.


Isi formulir dengan lengkap, meliputi nama, nomor HP, alamat email, dan password.


Setelah itu Anda harus mengecek email untuk melakukan verifikasi. Contohnya seperti ini:


Langkah berikutnya adalah memasukkan deposit dana sebesar minimal Rp100.000,00 ke rekening mediakomen.com. 


Selesai. Anda sekarang bisa melakukan pemesanan komentar atau ulasan. Isi formulir, klik 'Order'.


Anda bisa memilih media sosial yang hendak dikomentari, masukkan url dan judul konten. Pilih jumlah paket komentar (10-1.000 komentar), target komentator (pria atau wanita atau keduanya). Masukkan juga syarat komentar yang Anda minta kepada komentator, misalnya menyebut keunggulan atau nama bisnis, dll. Terserah Anda. 

Demikian artikel cara mendapatkan ulasan postif di Play Store. Semoga bermanfaat.


Related Posts