KEB

KEB

BPN

BPN

About Me

About Me
Diah is here! Mom of three boys.

Satu Tahun Bersama ATM English Club

Satu tahun bersama ATM English Club. Tidak terasa, grup di Whats App yang saya ikuti ini sudah berumur satu tahun di bulan Mei ini. Apa sih ATM English Club itu? Ini adalah sebuah grup di Whats App yang kegiatannya adalah belajar dan berbincang dalam Bahasa Inggris. 

Klub ini dibuat oleh Miss Meykke Santoso, seorang guru Bahasa Inggris yang juga bloger di meykkesantoso.com. Dalam artikelnya, Miss Meykke menceritakan keresahannya saat menyadari bahwa dirinya perlu sebuah wadah tempat ia menempa kemampuan berbahasa Inggrisnya. Seperti yang kita ketahui, keterampilan berbahasa itu juga bisa hilang kalau tidak digunakan dalam jangka waktu lama. Sayang, kan? Padahal tidak sedikit orang yang mendambakan bisa berbahasa Inggris dengan baik, bahkan hingga ikut kursus Bahasa Inggris.

Kemudian Miss Meykke dengan bantuan teman-temannya mendirikan sebuah grup yang diberi nama ATM English Club. Kok ATM? Memangnya bisa ngeluarin duit? Hehe...bukan.  ATM-nya merupakan singkatan dari Amati, Tiru, Modifikasi. Cerita selengkapnya bisa dibaca di artikel tentang ATM English Club ini.

Nah, bagaimana saya bisa gabung ke klub yang seru ini? Waktu itu saya juga sedang mencari komunitas yang bisa membuat saya menggunakan kembali Bahasa Inggris. Meskipun saya cuma belajar Bahasa Inggris secara formal saat sekolah dulu di SMP dan SMA, tapi saya senang belajar bahasa. Sayang kalau hilang, padahal sudah terlanjur cinta, hahaha...

Saya kalau Bahasa Inggris itu ga paham aturan bakunya. Ya yang dasar aja. Kalau yang njelimet saya ga paham. Makanya dulu mau kuliah di Sastra Inggris saya ga diterima. Kalau bisa masuk sana mungkin saya udah mumet duluan. Hahaha... Saya cuma suka aja belajar bahasa. Suka memakai Bahasa Inggris, bukan ahli berbahasa Inggris.

Dulu sempat ada klub bloger berbahasa Inggris, namanya BEC, yang kegiatannya bikin challenge menulis dalam Bahasa Inggris. Ada beberapa artikel di blog ini yang merupakan hasil dari grup BEC tadi. Bisa ditemukan di label english.

Pas Miss Meykke buat artikel tentang ATM English Club, saya langsung dong daftar. Saya kasih email saya di kolom komentarnya. Beberapa waktu kemudian saya diundang masuk grup WA-nya. Wuih...senang banget. Ketemu dengan teman yang seirama.

Di ATM English Club ada challenge yang harus diselesaikan. Seingat saya dulu ada 4 challenge setiap pekannya, Senin-Kamis. Kemudian belakangan jadi 2 challenge saja di Senin dan Rabu dengan pembahasan oleh mentor di hari Selasa dan Kamis.

Challengenya bermacam-macam. Ada tantangan untuk menulis opini singkat, grammar, vocabulary. Dalam bentuk tertulis, voice note ataupun video. Challenge video itu contohnya 'showing what's in your backpack' dan menceritakan tentang keunikan diri sendiri. Seru, karena harus full in English. Kebayang kan bikinnya sampai ambil gambar berkali-kali. Hahaha...

Ada juga kegiatan berupa games dan wawancara dengan setiap member yang dikasih nama Out of Sight, Out of Mind session a.k.a Getting to Know You. Kegiatan ini diadakan setiap Sabtu. Tiap member dapat giliran masing-masing untuk jadi bintang tamunya. Sejauh ini sudah ada 9 guest star. Cuma di bulan Mei ini off dulu karena mau lebaran. Iyaaa...kita kan sibuk kalau sudah akhir Ramadan gini walaupun ga pulang kampung. 

Nah, untuk kegiatan di bulan Mei, sebagai seru-seruan aja, ATM English Club menjaring aspirasi dari member dengan meluncurkan template 1st anniversary-nya. Tiap anggota diminta mengisi pandangan dan sarannya untuk grup agar lebih baik di masa mendatang. 

Ada juga peluncuran twibbon 1st anniversary. Member diminta memajang foto mereka dan menyebarkannya di medsos. Seru deh!



ATM-english-club

Oh iya, saat ini ada 35 orang di dalam grup, termasuk administrator, management team dan coaches. Semuanya wajib ikut weekly challenge dan wajib mengumpulkan setidaknya 2 poin untuk bisa mempertahankan posisinya di grup. Yang tidak memenuhi syarat minimal itu, dengan terpaksa dikeluarkan dari grup. 

Mudah banget lho, cuma perlu mengerjakan 2 aja dari 12-13 challenge dan games yang ada tiap bulannya. Rekor terbaik ada di bulan April kemarin. Hanya ada 1 orang yang dikeluarkan dari grup karena sama sekali tidak ikut kegiatan satu pun. Berarti anggota lainnya aktif banget.

Di akhir bulan ada pemberian awards bagi members yang paling aktif di grup, dinilai dari jumlah poin yang dikumpulkan. Ga bernilai uang atau barang, tapi itu sudah sebuah kebanggaan tersendiri, kesenangan yang tidak tergantikan. 

Yang paling saya sukai di grup ini adalah English-only environment-nya. Ngobrol, bercanda pun harus pakai Bahasa Inggris. Pertamanya sih kagok tapi lama-lama terbiasa, hahaha...

Oh iya, di grup juga ada 1 orang bule, Mr. Dave dari Amerika, yang tugasnya memeriksa jawaban dari member di weekly challenge. Beliau ga selalu hadir sih karena perbedaan waktu yang besar. Ya kita di sini siang, di sana pas jam tidur malam. Tapi di grup juga ada coach yang lain, yaitu Ms. Riana yang bekerja sebagai translator. Tugasnya sama dengan Mr. Dave, memeriksa jawaban member

Asyik banget ikut ATM English Club. Bisa praktik Bahasa Inggris, ketemu teman baru dari seluruh Indonesia, ikut kegiatan yang menyenangkan dengan waktu pengerjaan yang longgar. 

Jadi penasaran sama ATM English Club? Bisa intip IG-nya di instagram.com/atm_englishclub. Pembukaan pendaftaran tiap tanggal 1 setiap bulannya. Gratis, tis, tis! Yuk, ikutan!



Related Posts

1 komentar

  1. Bagus ya WAG nya mba. Bermanfaat lah. Aku English e jaman sekolah mepet...sekarang wis tambah embuh.. karena nggak pernah kepake.

    BalasHapus

Posting Komentar

Follow by Email