Resep Masakan RinaResep.com Bantu Meal Plan Harian Jadi Mudah

by - June 19, 2020

resep-masakan-rinaresep.com

Hai, assalamu alaikum.

Kegiatan ibu tiap pagi itu banyak dan butuh konsentrasi tinggi semua. Kalau mau pekerjaan selesai dengan baik, harus direncanakan langkah demi langkahnya.

Pagi-pagi saat tukang sayur datang, tidak jarang di hadapan tukang sayur ibu-ibu malah bengong. Ga tau mau masak apa. Padahal bahan masakan komplit di depan mata. Ini mah lebih drama dari drama korea deh.

Nah, untuk urusan merancang mau masak apa, kita bisa pakai meal plan harian, seperti yang  bisa ditemukan di resep masakan rinaresep.com.

Untuk membuat rencana masakan setiap hari, sih bisa secara manual, ya. Ditulis di kertas atau notes di ponsel. Kita rancang masakan apa yang mau dibuat per harinya.

Tapi, bikin meal plan di rinaresep.com kita bisa dapat keuntungan lebih. Selain adanya informasi nutrisi (kalori) di tiap resep, juga  karena koleksi resep masakan rinaresep.com buanyak. 

Ada resep masakan Indonesia, resep masakan dari negara lain, resep minuman, resep kue dan resep sup/berkuah. 

Juga ada pengelompokan sesuai kategori bahan utama, yaitu: ayam, daging, ikan, seafood, mie, cepat saji, sayur, sup, kue dan minuman.

Apa Itu Meal Plan Dan Cara Membuatnya Di rinaresep.com

Meal plan itu apa, sih?

Pada dasarnya meal plan adalah rancangan makanan apa saja yang bisa kita konsumsi selama kurun waktu tertentu.

Meal plan ini berguna banget saat kita harus membuat daftar makanan dan minuman selama beberapa hari. 

Misalnya kita punya bisnis catering rumahan, perlu banget punya meal plan agar memudahkan belanja. 

Punya meal plan yang bagus juga bisa menjual, lho. Bayangin, dengan meal plan yang bagus kita bisa menawarkan ke calon konsumen, menu beberapa hari ke depan.

Di musim wabah Covid-19 seperti sekarang ini, banyak yang terjun ke bisnis catering rumahan. Tetangga saya aja ada banyak yang menekuni bisnis ini. 

Lucunya, eh kok lucunya, ya, bisnis ini malah berkibar gara-gara wabah virus corona. Kenapa bisa gitu? Menurut saya, sih karena sebagian orang bekerja/belajar dari rumah. Ga mungkinlah kalau mau terus-terusan masak ini dan itu untuk menanggulangi rasa lapar. 

Coba lihat, deh berapa ibu yang mengeluh harus bolak-balik ke dapur gara-gara work/school from home ini. Hihihi...

Bukan cuma untuk yang berbisnis catering, ya, meal plan ini berguna juga untuk rumah tangga dab juga perorangan.

Misalnya, nih seseorang pingin menambah berat badan. Bisa banget bikin meal plan di rinaresep.com. Rancang menu dengan tambahan 500-1.000 kalori per hari untuk penambahan berat badan 1 kg per minggu (sumber: hellosehat.com).

Gampang banget bikin meal plan di rinaresep.com. Misalnya kita tertarik sama resep makanan Puding Coklat Oreo, lalu ingin memasukkannya ke meal plan

resep-masakan-rinaresep.com
Klik 'Add Meal Plan' di kanan bawah


Klik saja tombol Add Meal Plan yang warna hijau di kanan bawah itu. Nanti akan muncul daftar meal plan harian. Ada menu untuk breakfast (sarapan), lunch (makan siang) dan dinner (makan malam).

Di bagian kiri atas, 'Plan Name', masukkan namanya. Misalnya 'Diet Gemuk'. 

Di bagian 'Days' itu adalah jumlah hari yang kita rencanakan. Misalnya mau diet gemuk selama 9 hari, maka isi kolom tersebut dengan angka 9. Dengan begitu nanti akan muncul 9 lembaran untuk diisi dengan menu.

resep-masakan-rinaresep.com
Contoh meal plan


Karena ini sifatnya online, meal plan pribadi boleh kita atur tampil untuk umum atau pribadi. Di bagian 'Visibility' pilih 'Public' atau 'Private'.

Resep yang akan kita masukkan ke meal plan ada di bagian bawah. Klik dan seret saja hingga masuk ke kolom waktu makan yang kita inginkan. Setelah itu klik Save

Resep masakan rinaresep.com ini sudah dilengkapi dengan informasi nutrisi, jadi kita bisa lihat dalam sehari berapa kalori (karbohidrat, protein dan lemak) yang akan kita konsumsi.

Kalau mau menambahkan resep lain, lakukan lagi langkah-langkah tadi. 

Gampang, kan membuat meal plan ini. Untuk hari kedua dan seterusnya tinggal klik ke kanan lalu pilih hari berikutnya. Jangan lupa klik 'Save'.

Meal plan ini bisa juga kita bagikan ke media sosial. Klik saja tombol 'Share', nanti akan ada pilihan dibagikan ke twitter, facebook, email atau pinterest.

Kalau mau kita cetak juga bisa. Klik tombol 'Printable Version' yang warnanya biru, kanan atas. Nanti muncul tampilan yang bisa dicetak. Klik 'Print' di bagian atas, nanti diarahkan ke printer.

Gimana, tertarik nyobain bikin meal plan resep masakan rinaresep.com juga? Yuk, bikin.




You May Also Like

2 comments

  1. mean plan itu kayaknya menarik banget. cocok diterapkan di clup athletic saya. biar bisa mengatur kebutuhan nutrisi selama program latihan. kan ada hari-hari dimana latihan berat, sedang, ringan, recovery, dll. masing2 punya kebutuhan nutrisi yang berbeda-beda

    ReplyDelete
  2. Klo pke meal plan gini, masak jadi lebih terencana pastinya ya mba... Nggak ada drama bengong di depan tukang sayur gara2 bingung milih mau beli apa

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung. Silakan berkomentar dengan baik dan sopan.

Mohon maaf, segala komentar spam, yang berisi link hidup atau yang menyebabkan broken link serta komentar yang mencantumkan identitas tidak jelas akan dihapus.

Komentar yang masuk tidak selalu saya balas.

Terima kasih.