Cara Mudah Masak Nasi Mawut

by - December 23, 2019

Hai, assalamu alaikum.

Musim liburan sudah benar-benar tiba! Anak-anak yang menikmati libur semester akan berada di rumah terus sepanjang hari.

Bagi yang ada jadwal pulang kampung atau berwisata mungkin akan menemukan hal baru.

Bagi yang liburan di rumah saja, perlu variasi kegiatan biar tidak bosan. Memasak bersama anak-anak bisa jadi aktivitas yang menyenangkan.

Masak apa? Yang sederhana tapi istimewa, seperti nasi mawut!

Apa Itu Nasi Mawut?


Pertama kali kenal nama nasi mawut itu pas saya pindah ke Madiun sini. Di warung-warung nasi goreng biasanya memampangkan menu: nasi goreng, nasi mawut, mie goreng, mie rebus, cap cay.

Di dekat rumah saya, kuliner di seputar Pagotan Madiun banyak yang mengandalkan nasi goreng.

Misalnya Warung Mie Goreng Jumbo Cak Yon di Jalan Raya Ponorogo (depan Masjid Terowongan), Nasi Goreng 78 di dekat perempatan Pasar Pagotan dan Warung 89 Chinese Food di dekat eks Stasiun Pagotan.

Warung-warung itu juga menyajikan nasi mawut. Terus, nasi mawut itu apa?

Mawut sendiri kalau dalam Bahasa Jawa artinya kurang lebih berantakan. Kalau gitu nasinya berantakan gitu?

Enggaaak.

"Nasi mawut itu kalau di Jogja namanya Magelangan," urai suami saya.

Ooo...Magelangan, to. Beda nama aja. Isinya sama, yaitu nasi goreng yang ditambahi mie.

nasi-mawut
Nasi mawut. Gambar dari sahabatufc.com

Cara Memasak Nasi Mawut


Nasi mawut meskipun merupakan campuran nasi dan mie, tapi porsi nasinya lebih mendominasi.

Kalau banyak mie-nya namanya mie mawut bukan nasi mawut, hehehe...

Komposisinya kira-kira 1 piring nasi didampingi 50 gram mie.

Cara memasak nasi mawut mudah banget. Anak SD saja bisa, kok asal didampingi.

Ada beberapa versi bumbu nasi mawut, kalau saya pakai bumbu untuk buat nasi goreng yang cuma bawang merah, bawang putih dan cabai itu.

Biar nasi mawutnya enak, nasi putih yang dipakai harus nasi yang dingin. Maksudnya bukan nasi yang dimasukkan kulkas, tapi nasi yang sudah matang beberapa jam yang lalu.

Nasinya juga jangan yang terlalu lembek. Jadi saat masak nasi, jangan kebanyakan air. Agak kering malah lebih pas, tapi, ya jangan terlalu kering nanti seret dimakan.

Kok susah ngepasin nasinya? Enggak juga, sih. Asal sudah sering masak nasi insya Alloh pasti paham.

Kali ini berhubung anak-anak lagi ga ada kerjaan lain, saya dorong mereka untuk memasak nasi mawut.

Saya cuma memberi arahan dan mengupaskan bawang merah dan bawang putih, soalnya di bagian itu mereka paling malas mengerjakan.

Urusan mengulek bumbu, menumis, bikin telur orak-arik dan seterusnya, anak-anak yang kerjakan.

Biarpun anak laki-laki, harus bisa mandiri juga, dong. Ya, kan?

Nah, berikut ini bahan dan cara membuat nasi mawut.

Bahan:
1 piring nasi putih dingin
50 gram mie telur kering
1 butir telur ayam
Sawi sendok/hijau/putih/kol
Garam secukupnya
Kecap manis secukupnya
Minyak untuk menumis

Nasi-mawut
Bahan yang bikin nasi mawut istimewa. Nasi putihnya ga usah pakai foto, ya. 

Bumbu halus:
5 siung Bawang merah
5 siung Bawang putih
Cabai (jika suka)

Nasi-mawut
Nasi mawut kalau pakai cabai ini rada pedas.

Pelengkap:
Kerupuk
Acar timun

Cara membuat:
  1. Rebus mie hingga matang (tapi jangan sampai lembek). Tiriskan. Sisihkan.
  2. Haluskan bawang merah, bawang putih dan cabai.
  3. Kocok telur ayam.
  4. Panaskan minyak di penggorengan.
  5. Masukkan telur ke penggorengan, buat jadi orak-arik hingga kekuningan.
  6. Masukkan bumbu yang sudah dihaluskan. Aduk rata.
  7. Masukkan sawi yang sudah diiris. Aduk rata.
  8. Masukkan nasi. Aduk rata.
  9. Tambahkan mie, kecap manis dan garam. Aduk rata.
  10. Cicipi. Sesuaikan rasa.
  11. Angkat dan sajikan dengan kerupuk dan acar timun.

nasi-mawut
Nasi mawutnya sudah jadi! Tanpa acar timun tapi. Gpp, ya.

Nyam, nyam!

Oya, boleh juga kalau telurnya didadar terus disajikan bersama nasi. Kalau diorak-arik, telurnya jadi ga kelihatan, ya. 😁😁😁

Cuma saya suka kalau telurnya diorak-arik. Soalnya sekali jadi, hehehe...

Mudah banget, kan. Coba bikin nasi mawut juga, yuk!


You May Also Like

8 comments

  1. Penasaran sama nasi mawut...Iyo mba, Yen di sini magelangan . Dobel kenyang dijamin...kaya akan karbo pokoknya..pas klo pas lagi laper.

    ReplyDelete
  2. Wah enak banget nih Mbak kelihatannya nasi mawut ini. Jadi, lapar nih hihi

    ReplyDelete
  3. Wah resepnya bisa nih dicoba hehe. Ternyata cara membuatnya juga lumayan mudah ya

    ReplyDelete
  4. Misalkan ditambahkan dengan acar timun pasti tambah lezat nih Kak hehe

    ReplyDelete
  5. Saya jadi penasaran nih Kak sama rasa dari nasi mawut ini. Sepertinya enak banget

    ReplyDelete
  6. Wah lezat banget nih Kak nasi mawutnya. Terima kasih juga atas resepnya

    ReplyDelete
  7. Aku pernah makan nasi mawut, jd double nasi dan mie. Mo juga nyoba bkn sendiri ahhh, makasih resep nya mbak.

    ReplyDelete
  8. Ternyata gampang bangetttt ya mba bumbunya :D. Kalo begini aja, kecil kemungkinan aku yg ga bisa masak bakal gagal hihihi. Pgn cobaaa. Simpel bisa utk bekal ke kantor kalo buru2

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung. Silakan berkomentar dengan baik dan sopan.

Mohon maaf, segala komentar spam, yang berisi link hidup atau yang menyebabkan broken link serta komentar yang mencantumkan identitas tidak jelas akan dihapus.

Komentar yang masuk tidak selalu saya balas.

Terima kasih.