Skip to main content

Stasiun Pagotan, Riwayatmu Kini

Bermimpi naik kereta api di tengah kota barangkali bukan hanya milik saya. Seumur hidup saya belum pernah merasakannya. Kalau naik kereta api selalu ke jurusan luar kota, bukan ke dalam kota. Ya bagaimana mau ada jalur kereta api ke dalam kota, wong jalanan di dalam kota saja sudah ruwet, sumpek dan usel-uselan begitu.

Eh, tapi ternyata ada lho jalur dalam kota! Kereta api jurusan Madiun-Ponorogo yang melintasi tengah kota! Tidak percaya? Ini buktinya:

Melintasi kota Madiun. Foto dipinjam dari Putra Jatim.

Lho, kok foto jadul?

Iya, maaf ya. Memang jadul. Itu adalah foto dari tahun 1980-an.

#

Sepulang menjemput anak sekolah saya mengambil gambar salah satu bekas stasiun yang terletak di Timur Pabrik Gula (PG) Pagottan.

Stasiun Pagotan. +94

Merana.

Jalur kereta dulu. Dilihat dari Selatan. Masih pinjam dari Putra Jatim

Kini terkubur aspal. Dilihat dari Utara.

Dulu jalur kereta api dari Stasiun Pagotan mengarah ke Selatan lalu menyerong ke Barat hingga bertemu Jalan Raya Ponorogo. Sepanjang jalan raya itulah kereta api berjalan menuju Stasiun Ponorogo.

Sekarang, jalur Madiun-Ponorogo sudah dikubur. Konon akan dihidupkan lagi, tapi entah kapan akan terwujud mengingat dinamika yang terjadi.

Comments

  1. waah stasiun jadul, pernah lewat pagotan tapi nggak tau klo ada stasiun ini,, hehe saya klo mudik tiap tahun selalu ke maospati, magetan lhoh mbak :D salam kenal :)

    ReplyDelete
  2. Hickz sedih kali lihatnya.... ;(

    ReplyDelete
  3. Mb Wulan: ada di belakangnya PG mbak. kl lewat bs dr peremptn pasar ke timur. stlh rel lori ada belokan ke utara/kiri. nah di situlah dia. dulu blum ketutup ruko mbak. jd kl mau dihidupkn lg mbayangin brp biaya pembebasan lahannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lha emang tanahnya sudah dibeli to?
      Bukannya masih aset PJKA?

      Delete
  4. Mak HM: sy terpesona aja lihat foto2 jadulnya. sayaaang sekali skrg tergerus zaman. entah digerus atau tergerus ya. yg jelas skrg kendrn umum kalah dg sepeda motor. madiun-ponorogo dg motor sdh terjgkau. apalg ada motor matic ya, tinggal ngegasss... bis jur ponorogo sj sepi peminat skrg. ya, tinggal kenangan mak.

    ReplyDelete

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung. Sila berkomentar dengan baik dan sopan. Mohon maaf, segala komentar spam, yang berisi link hidup atau yang menyebabkan broken link serta komentar yang mencantumkan identitas tidak jelas akan dihapus.

Popular posts from this blog

Kegiatan Ibu Rumah Tangga Saat Anak Sudah Beranjak Dewasa

Disclosure: Tulisan ini merupakan artikel bersponsor


“Kamu enak, Dek, masih punya anak kecil. Anakku udah remaja, apa-apa maunya dia lakukan sendiri,” curhat seorang saudara saya.

“Mau apa nanti aku, ya, jadi ibu rumah tangga saat anak sudah beranjak dewasa?”

Saya cuma bisa nyengir saja. Sama deh, saya juga ibu rumah tangga. Beberapa tahun lagi mungkin saya bakalan mengalami hal ini juga. Banyak tuh ibu-ibu yang bercerita, dulunya si anak mau diajak ke mana-mana. Sekarang? Boro-boro diajak, anaknya aja jarang ada di rumah.

Dulu, pas repot-repotnya mengurus anak balita, kita inginnya anak kita cepat besar, biar lebih enteng. Eh, setelah anak benar-benar besar dan mandiri, kita juga kebingungan mau ngapain di rumah seharian. Istighfar.

“Ngurus Posyandu aja, Mbak,” jawab saya iseng.

Saudara saya itu tinggal di perumahan model cluster di wilayah Solo Baru, Jawa Tengah. Kota satelitnya Solo ini termasuk yang cepat berkembang. Maklumlah, Solo memang salah satu kota besar di Jawa Tengah. Pen…

Mengurus Lapor Jual Kendaraan

Siang ini saya mengurus lapor jual kendaraan ke Samsat Polres Kabupaten Madiun. Untuk apa mengurus lapor jual kendaraan? Lapor jual dilakukan saat seseorang menjual kendaraan bermotornya. Mengapa harus dilaporkan? Hal ini berkenaan dengan pajak kendaraan bermotor. Kendaraan yang telah dijual namun belum dilaporkan akan tetap dikenai pajak atas nama pemilik lama. Jika pemilik lama memiliki kendaraan lebih dari satu, sesuai Peraturan Pemerintah dikenai pajak progresif.
Kendaraan yang dikenai pajak progresif adalah mobil dan sepeda motor dengan kapasitas mesin di atas 250 cc. Jika seseorang memiliki kendaraan dua buah, makai dikenai pajak progresif 2% dari Nilai Jual Kendaraan Bermotor. Jika tiga buah, pajak progresifnya 2,5%; dan seterusnya.

Cara Menonaktifkan Fitur Talkback Pada HP Samsung Galaxy Core Duo

Ini adalah cerita cara menonaktifkan fitur Talkback pada HP Samsung Galaxy Core Duo. Minggu lalu, tiba-tiba anak saya yang kecil lapor ke saya, "Bu, talkback itu gunanya untuk mengunci HP." Naluri saya bekerja, apa maksudnya mengunci? Ternyata betul, si Mas sedang berjuang mengembalikan settingan HP ayahnya yang dia utak-atik. Sejurus kemudian, dengan muka memelas, si Mas meminta bantuan saya.Kejadian ini bukan pertama kalinya. Sudah kesekian kali si Mas bikin kecelakaan pada HP. Kecelakaannya pun bermacam-macam. Anehnya, HP ayahnya pula yang kena, padahal HP itu lebih penting daripada HP saya. Iya sih, HP saya kalah canggih jadi baru dilirik kala HP si Ayah tak ada.