Cara Tepat Membangun Brand dengan Desain Logo dan Kemasan

by - December 26, 2019

Salah satu aspek penting yang tidak boleh terlewatkan dalam membangun sebuah bisnis adalah identitas brand.

Identitas brand menunjukkan kepada para konsumen tentang siapa Anda, produk apa yang Anda tawarkan, serta cara untuk mengidentifikasi produk Anda di antara produk lainnya.

Membangun identitas brand ini dapat dilakukan dengan berbagai cara, termasuk diantaranya adalah membuat logo dan kemasan produk.

Membuat Desain Logo yang Tepat

Logo adalah identitas brand Anda dan gambar profil bisnis yang akan dilihat pertama kali oleh para konsumen. 

Jika Anda ingin menarik perhatian orang serta menggelitik rasa ingin tahu mereka akan produk Anda, maka sudah pasti logo bisnis Anda juga harus tampil maksimal.

Untuk itu, Anda harus memastikan bahwa desain logo Anda dikerjakan oleh para profesional.  Jasa pembuatan logo murah semata tidaklah cukup. Anda perlu jeli dalam mencari dan memilih penyedia jasa pembuatan logo murah yang benar-benar ahli dibidangnya.

Para desainer profesional ini akan membuat logo berdasarkan berbagai pertimbangan, untuk memastikan bahwa logo yang dibuat mampu mencerminkan nilai dan semangat bisnis Anda.

Pembuatan-logo-murah
Strategi dan upaya membangun identitas brand

Dalam pembuatan logo, ada berbagai aspek yang perlu menjadi bahan pertimbangan. Anda perlu memastikan bahwa para penyedia jasa pembuatan logo murah yang Anda pilih memahami betul semua aspek tersebut yaitu:

• Mencerminkan identitas brand.

Sebuah logo hendaknya mampu mengkomunikasikan kepada dunia luar mengenai kepribadian dan identitas brand. Penyedia jasa pembuatan logo murah harus memahami hal ini untuk memudahkan dalam proses desain nantinya.

• Menggunakan desain logo yang tepat

Prinsip utama dalam hal ini adalah memilih desain logo yang mampu mencerminkan semangat brand Anda. Ada begitu banyak tipe desain yang dapat dipilih mulai dari desain klasik, retro, modern, minimalis, lucu, handcraft, dan kombinasi dari berbagai tipe.

• Tipe logo

Selain desain, jasa penyedia pembuatan logo murah juga harus mempertimbangkan tipe logo. Beberapa tipe yang dapat dipilih berupa monogram, wordmark, logo simbol, abstrak, maskot, serta kombinasi.

• Warna

Desain-kemasan-profesional
Permainan warna dalam pembuatan logo

Kombinasi warna yang tepat akan memperkuat komunikasi Anda dengan para konsumen. Pilihan warna yang ada tidak terbatas dan setiap warna memiliki pesan yang berbeda pula, jadi pastikan bahwa desain logo tersebut menggunakan warna yang sesuai dengan kepribadian brand.

Pembuatan Desain Kemasan

Desain-kemasan-profesional
Aneka ragam desain kemasan produk

Selain logo, upaya membangun identitas brand juga dapat dilakukan melalui desain kemasan.  Selain logo, para konsumen juga akan melihat desain dan bentuk kemasan produk Anda.

Seperti halnya logo, desain kemasan juga “bercerita” mengenai produk Anda. Dengan desain yang tepat, para konsumen akan dapat dengan mudah mengenali produk Anda dimanapun mereka berada.

Untuk mencapai hasil tersebut, Anda membutuhkan desain kemasan profesional. Mengapa? Karena Anda membutuhkan desain yang benar-benar tepat dan lebih dari sekedar pembungkus semata.

Desain kemasan profesional akan meninggalkan kesan yang mendalam pada mereka yang melihatnya, dan hal ini merupakan nilai plus bagi brand Anda.

Desain kemasan profesional dibuat dengan memperhatikan segala detail untuk alasan fungsional serta alasan estetika untuk memenangkan hati konsumen.

Pembuatan desain itu sendiri melewati berbagai tahap. Tahap awal dalam membuat desain kemasan profesional adalah dengan mempertimbangkan 3 hal berikut:

• Jenis produk

Produk dalam bentuk cair tentu saja memiliki kemasan yang berbeda dengan kemasan untuk produk padat.

Namun jangan berhenti disini, karena beberapa jenis produk membutuhkan pertimbangan ekstra, sebagai contoh, produk yang mudah pecah membutuhkan kemasan yang ekstra kuat.

• Target pasar

Siapa yang menjadi target pasar produk tersebut? Apakah produk tersebut ditujukan untuk anak-anak atau lanjut usia? Apakah produk tersebut ditujukan untuk mereka yang berpenghasilan di atas rata-rata atau tidak?

Desain kemasan profesional didesain sedemikian rupa untuk menarik perhatian target pasar.

Produk untuk anak-anak akan memiliki kemasan yang lucu dan unik sementara kemasan untuk lanjut usia akan memiliki teks yang lebih besar agar mudah dibaca.

Kemasan produk untuk mereka dengan penghasilan di atas rata-rata akan terlihat eksklusif baik dari segi tulisan, warna, hingga material yang dipergunakan untuk membuat kemasan.

• Tempat penjualan

Tahukah Anda kalau tempat penjualan juga perlu menjadi pertimbangan dalam membuat desain kemasan profesional?

Desain untuk produk yang dipasarkan hanya secara online dan produk yang dijual di butik memiliki perbedaan untuk mampu bersaing di tengah produk lainnya.

Dalam pencarian penyedia jasa pembuatan logo murah dan desain kemasan profesional, Anda dapat menggunakan jasa agensi yang saat ini dapat dengan mudah ditemukan di mana saja.

Pilihan lainnya adalah dengan menggunakan jasa freelancer terpercaya seperti yang dapat Anda temukan di Sribulancer. 

Dengan logo dan desain kemasan yang tepat dari desainer profesional, Anda dapat mulai membangun identitas brand sebagai upaya mengembangkan bisnis dan usaha menuju kesuksesan.

You May Also Like

22 comments

  1. Yap, logo dan packaging itu pegang peranan yang super duper penting dalam kaitan branding sekaligus sales produk.
    Karena daku seriiing banget beli entah skincare atau snack hanya karena IHHH, PACKAGING-nya lucuuuu :)))
    Karena itu, pengusaha kudu concern bgt dgn ini

    ReplyDelete
  2. Logo produk tuh penting banget. Makanya kalau desain kudu yang oke, gak boleh sembarangan. Untungnya sekarang ada jasa buat logo

    ReplyDelete
  3. aku suka kuning sama ijo, oh gtu ya makna warnanya, aku kurang ngerti soal logo sih sbnrnya, tapi suka kalau liat logo yang mengandung nilai filosofis dan semangat pemilik/latar belakang logo tersebut

    ReplyDelete
  4. Memang logo tuh identitas brand banget yah, dan harus disesuaikan dengan visi dan misi brand dan produknya juga

    ReplyDelete
  5. iya sih, kalau mau usaha harus dipikirin brandingnya. Apalagi saat ini branding dengan nama ke-Indonesiaan semakin ngetop

    ReplyDelete
  6. Logo itu mewakili citra perusahaan secara keseluruhan ya mba.
    Yang punya usah harus tepat memilih Logo yg digunakan, jgn ragu utk gunakan jasa profesional.

    ReplyDelete
  7. biasanya kalo logo sama kemasannya menarik, konsumen jd tertarik utk beli ya kak.. selain itu juga reputasi dimata konsumen jd lebih bagus

    ReplyDelete
  8. Di aman sekarang packaging penting bangeet.. aku kadang tergiur beli karena itu

    ReplyDelete
  9. Sebenarnya bisa bikin logo sendiri. Banyak aplikasi untuk itu. Tapi kalau minta dibikinkan ahlinya tu, pasti lain hasilnya. Mereka paham filosofi logo, juga paham trend font & warna.

    ReplyDelete
  10. Saya tuh termasuk customer yang mudha tergoda untuk beli sesuatu kalau kemasannya menarik. Meskipun setelah itu belum tentu beli lagi kalau produknya mengecewakan. Tetapi, untuk kesan pertama memang packaging dan logo itu penting

    ReplyDelete
  11. Tidak hanya bentuk, pemilihan warna ternyata juga sangat penting dlm disain logo ya mba.. TFS mba, jadi nambah wawasan nih..

    ReplyDelete
  12. Logo itu sangat berpengaruh sama laku atau tidaknya sebuah produk. Apalagi sekarang logo yg ngetrend yang minimalis

    ReplyDelete
  13. Sebuah brand itu memang harus didukung dengan desain logo yang merepresentasikan brand tersebut, maka dalam hal pembuatan logo harus benar benar sesuai dengan visi dan misi brand, sehingga konsumen juga dapat menangkap pesan brand dari sebuah logo ya mbak

    ReplyDelete
  14. Logo itu penting banget untuk mendefenisikan sebuah produk supaya lebih mudah diingat. Jadi pengin belajar desain logo buat dipakai di blog sendiri nih.

    ReplyDelete
  15. Setuju banget mbak, logo dan warna itu dapat mewakili brand yang akan dipasarkan. Maka dari awal saya sudah suka membuat logo sendiri untuk brand yang ingin diperkenalkan mbak.

    ReplyDelete
  16. Aku sendiri bikin logo blog catatansiemak itu lumayan lama lo sampai dapat hasil yang memuaskan. Seneng nih kalo ada yang bisa membantu membuat logo

    ReplyDelete
  17. Logo dan kemasan menurutku sangat dibutuhkan buat branding, agar mudah dikenali juga ya.
    Sekarang makin banyak ya yang menyediakan desain logo dan kemasan dengan harga bersaing namun tetap dengan kualitas yang bagus

    ReplyDelete
  18. Kebetulan sedang ingin membuat logo terutama untuk blog dan watermark foto. kemarin-kemarin masih bingung darimana dapat ide dan cara membuatnya.

    ReplyDelete
  19. membuat logo terkesan mudah dan simpele pdhal sulit mikir konsepnya, suka sedih klo temen yang kerjanya bikin logo dibayar murah bgt, pdhal mikir konsep logo yang punya arti dan menggamarkan suatu produk itu sulit

    ReplyDelete
  20. Panjang nih kalo ngomongin brand, salah satunya memang terwakili oleh logo dan kemasan. Ga bs berpikir instan nih mak

    ReplyDelete
  21. Setuju banget jika logo dan kemasan sangat berpengaruh , ada beberapa merk yang hits hanya karena kemasannya unik dan menarik

    ReplyDelete
  22. Benar banget. Saya kadang nyari inspirasi di internet dulu kalau mau bikin logo. Terus eksekusinya pakai canva pro. Jadi bisa dibuat dari hape sambil rebahan

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung. Silakan berkomentar dengan baik dan sopan.

Mohon maaf, segala komentar spam, yang berisi link hidup atau yang menyebabkan broken link serta komentar yang mencantumkan identitas tidak jelas akan dihapus.

Komentar yang masuk tidak selalu saya balas.

Terima kasih.