Main Kapal Otok-Otok

Kapal-otok-otok

Halo, assalamu alaikum.

Liburan sekolah hampir selesai. Anak-anak juga sudah harus disiapkan mentalnya untuk kembali ke sekolah.

Tapi masih ada beberapa hari sebelum benar-benar harus masuk kelas lagi. Bermain masih jadi agenda utama di hari-hari terakhir ini.

Permainan jadul kapal otok-otok jadi pilihan untuk memuaskan hasrat bermain.

Kapal otok-otok ini dibuat dari kaleng. Bisa bergerak di permukaan air dengan tenaga uap dari air dan minyak goreng.

Kapal-otok-otok
Kapal Otok-Otok

Anak-anak beli kapal otok-otok ini di Pasar Pagotan. Harganya 15.000 per buah. Masih murah di toko daring, ya? Bahkan ada yang 5.000 per buah.

Awalnya cuma Mas Besar yang beli. Selanjutnya Mas Kecil dan teman-temannya ikutan beli. Jadi total ada 4 kapal otok-otok.

Seru juga mainnya. Kapal otok-otok ini dijual satu set dengan corong pengisi airnya dan tempat kapas.

Lho katanya pakai minyak goreng? Kok pakai air juga?

Betul. Ada air di dalam kapal, lalu kapas dicelup minyak gorengnya dibakar dan dimasukkan ke dalam badan kapal.

Jadi, api memanaskan air hingga jadi uap dan itulah yang menggerakkan kapal.

Otok-otoknya berasal dari bunyi 'knalpot' yang berada di bagian depan kapal sejumlah 2 buah.

Anak-anak bisa betah banget main ini. Dari pagi sampai sore. Dan besoknya main lagi.

Bahkan karena ada 4 kapal, mereka bikin balapan. Balapannya bukan cepat-cepatan sampai garis finish, tapi lama-lamaan mati. 😊


Cara Main Kapal Otok-Otok

Permainan ini sebenarnya mudah tapi butuh kesabaran.

Langkah pertama adalah memasukkan air ke badan kapal. Gunakan corong yang disediakan. Masuknya air lewat belakang kapal, ada salurannya di sana.

Airnya secukupnya saja. Kalau terlalu sedikit nanti cepat berhenti, kalau terlalu banyak minyaknya kena air.

Harus sabar memasukkan air ini.

Kedua, celup kapas yang dipilin ke dalam minyak goreng. Lalu masukan ujung pilinan ke lubang yang ada di wadah kapas.

Ketiga, nyalakan kapas, masukkan wadah kapas ke dalam badan kapal. Hati-hati, ya. Kalau terlalu gegabah apinya bisa padam.

Keempat, tunggu hingga kapal bergerak dan berbunyi otok-otok. Nikmati. Seru, deh!

Perahu-otok-otok
Serunya main kapal otok-otok bareng 

Pertanyaan Seputar Main Kapal Otok-Otok


T: Bisa pakai minyak lain ga selain minyak goreng?

J: Sepertinya sih bisa. Tapi jatuhnya harga lebih mahal atau ga.



T: Pakai bensin bisa?

J: Wow...jangan! Berbahaya.



T: Airnya dimasukkan langsung ke badan kapal tanpa corong bisa?

J: Bisa saja asal air dimasukkan tetap dari saluran belakang.



T: Pakai selain kapas bisa ga?

J: Kapas paling mudah dipelintir dibandingkan kain, misalnya. Tetap paling gampang pakai kapas.
Permainan jadul ini memang keistimewaannya pada melatih kesabaran.

Juga kalau dimainkan bersama-sama bisa menumbuhkan jiwa sosial anak. Bermain bersama, mengatasi masalah bersama.

Memang asyik main kapal otok-otok, asal tak lupa waktu.




Comments

  1. wahhh jadi teringat masa kecil dulu nihh

    ReplyDelete
  2. Seru ye buk hehe, walapun sya generasi 90an tapi blum pernah bermain kapal otok2, masa kecil sya kyaknya nggak ada :)

    ReplyDelete

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung. Silakan berkomentar dengan baik dan sopan. Mohon maaf, segala komentar spam, yang berisi link hidup atau yang menyebabkan broken link serta komentar yang mencantumkan identitas tidak jelas akan dihapus.

Popular Posts